Bulutangkis.comForum / Atlet Bulutangkis
Masa Depan Talenta Junior
Oleh : petebakar Sabtu, 07 Oktober 2017 07:21:17
Pecinta bulutangkis Indonesia sempat dihebohkan oleh postingan Ratchanok Intanon di media social Instagram. Dalam postingan tersebut, Intanon menampilan sisi sebelah kanan podium Junior World Championship yang menampakkan dirinya, Carolina Marin dan Nozomi Okuhara tanpa ada Elyzabeth Purwaningtyas, finalis dari Indonesia. Dalam captionnya, kurang lebih Intanon mengatakan bahwa mereka adalah podium juara junior yang bertransformasi menjadi juara dunia senior.
(bersambung ke kolom comment)

Cerita tentang Elyzabeth jamak terjadi, bukan hanya di Indonesia. Di Malaysia ada nama Zulfadli Zulkilfi yang bahkan sempat menjadi juara dunia junior dengan mengalahkan juara bertahan saat itu yang juga juara senior saat ini, Viktor Axelsen.Sistem pembinaan sempat menjadi bulan-bulanan pecinta bulutangkis sebagai biang keladi dari ketidakmunculan Elyzabeth di level senior.

Bukan hanya di dunia bulutangkis, di cabang olahraga lainpun mengalami hal serupa dan mendapatkan pertanyaan yang sama. Dalam berbagai penelitian untuk olahraga tenis, belum didapatkan hubungan antara talenta di masa usia junior dengan superioritas di level senior. Kesimpulan umum yang dirangkum adalah bahwa talenta di usia junior hanyalah indikasi kesuksesan, bukan kesuksesan pertama yang akan belanjut secara berkesinambungan sampai level senior.

Bulutangkis.com : http://bulutangkis.com
Online version: http://bulutangkis.com /mod.php?mod=diskusi&op=viewdisk&did=15871