Forum / Populer

Memasyarakatkan Bulutangkis di Indonesia

Minggu, 26 Agustus 2012 23:37:06
1428 klik -- 13 respon
Oleh : platonic
Versi cetak

seperti kita ketahui bahwa sepakbola adalah olahraga yang paling populer didunia. sepakbola merupakan salah satu olahraga yang paling merata perkembangannya dimana hampir semua benua mempunyai wakil kuat untuk menjadi juara. bahkan asia pun juga mulai berkembang dengan tiga kekuatan besar yaitu korea selatan, korea utara dan jepang. karena kepopulerannya tersebut negara yang bukan berbasis pada sepakbola pun juga pastinya ikut meramaikan uforia sepakbola. sehingga sangat mudah dan lumrah jika mengelu-elukan olahraga tersebut

Berbeda dengan bulutangkis. olahraga yang didominasi oleh negara2 asia ini seakan mempunyai kasta yang berbeda dengan sepakbola. tetapi hal ini bertolak belakang dengan negara china dimana saat ini mejadi basis kekuatan dari bulutangkis. disaat david beckham selalu diincar oleh paparazi dinegaranya, atlit2 bulutangkis china nampaknya juga sedikit geram jika privasinya terganggu oleh sorotan kamera saat mereka jalan. coba liat gambar2 dibawah ini:

http://a5.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc7/582739_336071376486379_956934197_n.jpg

http://a3.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/408227_336645416428975_339821384_n.jpg

http://a6.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/221976_336070989819751_886019646_n.jpg

http://a8.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/422209_336781753082008_266508457_n.jpg

Respon

  • Re: Memasyarakatkan Bulutangkis di Indonesia
    Oleh : platonic
    Minggu, 26 Agustus 2012 23:37:56

    setelah melihat poto-poto tersebut pastinya anak2 muda china tidak mau kalah dan tidak sedikit masyarakat china mengidolakan Lin Dan dan Xie Xinfang bukan karena permainan bulutangkis, tetapi mungkin karena paras, busana, gaya hidup dll.

    dengan begitu saya berpikir bagaimana memasyarakatkan bulutangkis di Indonesia. agar negara yang mempunyai sejarah panjang Bulutangkis ini dapat mengulang kembali masa2 keemasan yang pernah dialami.(Amerika, Swedia, dan Inggris contohnya dimana dulunya sangat bagus di bulutangkis)

    menurut saya peran media pers sangat penting disini. coba liat politik. bagaimana menurut teman2 jika ditanya mengenai kondisi politik indonesia?? pasti di pikiran teman2 yaitu korupsi dan korupsi. tetapi apakah teman2 tahu bagaimana kondisi politik secara keseluruhan di Indonesia? dengan pemberitaan2 yang ada dimedia, tentunya akan terbentuk sebuah image. media sering menyiarkan kasus2 korupsi sehingga akan terbentuk pemikiran bahwa politik indonesia berkonotasi negatif. padahal masih banyak pejabat2 negara yang menjalankan tugas nya dengan baik.

    jika media pers indonesia berani mengemas bulutangkis dengan baik seperti China, pastinya spirit masyarakat akan bulutangkis terbentuk dengan baik.

    kalau menurut teman2 bagaimana....

  • Re: Memasyarakatkan Bulutangkis di Indonesia
    Oleh : ngakak
    Minggu, 26 Agustus 2012 23:53:31

    sama aja kyk gini :

    coba liat PBSI. bagaimana menurut teman2 jika ditanya mengenai kondisi PBSI?? pasti di pikiran teman2 yaitu kebobrokan PBSI. tetapi apakah teman2 tahu bagaimana kondisi di tubuh PBSI yg sebenarnya? dengan pemberitaan2 yang ada dimedia, tentunya akan terbentuk sebuah image. media sering menyiarkan berita2 yg buruk ttg PBSI sehingga akan terbentuk pemikiran bahwa PBSI berkonotasi negatif. padahal masih banyak anggota2 pengurus di PBSI yang menjalankan tugas nya dengan baik.

    back to topic :

    sbnrnya gak cuma itu aja, peran media jg penting dlm hal bgmn membentuk image ttg kondisi mantan2 atlit INA. kbnykan media sering nya menonjolkan sisi keprihatinan dr kehidupan seorg mantan atlit. dgn pemberitaan itu tentunya akan jg membentuk image. bahwa menjd atlit di INA tdk menjamin masa depan. pdhal mantan atlit yg hidupnya sejahtera jg bnyk. sehingga akan terbentuk pemikiran bahwa profesi atlit di INA berkonotasi negatif. yg mana ujung2annya masyarakat bnyk yg enggan menekuni profesi sbg atlit. sehingga menyebabkan gagalnya misi : memasyarakatkan olahraga INA pd umumnya & memasyarakatkan Bulutangkis INA pd khususnya. cheeerrrsss

  • Re: Memasyarakatkan Bulutangkis di Indonesia
    Oleh : ziaufrida
    Senin, 27 Agustus 2012 09:56:00

    Selain media, faktor lain yang saya amati adalah faktor biaya. Tidak banyak masyarakat INA yg bisa bermain bulutangkis dengan layak karena harus diakui biaya main Bultang itu mahal. Untuk memulai bermain bulutangkis, seorang anak harus mempunyai perlengkapan2 yg harganya tidak murah.

    Berbeda dengan sepak bola. Karena yang main rame (minimal 22 orang), jadi biaya2 spt sewa lapangan atau beli bola kulit bisa terasa lebih ringan kalau patungan. Belum lagi kalau dikampung2 banyak lapangan nganggur. Paling cuma modal sepatu aja minimal. Sepakbola juga terasa lebih asyik karena pemainnya rame dan jadi banyak teman. Bandingkan dengan Bulutangkis yang terkesan olahraga eksklusif.

    Makanya PBSI kl mau mencari lebih banyak bibit, Coba fasilitasi sekolah2 Dasar di daerah2 dengan Bulutangkis dan masukkan teori2 badminton dalam pelajaran Olahraga. Jangan hanya mengandalkan atlet binaan dari club2.

  • Re: Memasyarakatkan Bulutangkis di Indonesia
    Senin, 27 Agustus 2012 14:35:58

    untuk mmasyarakatkan bultang di indonesia ya mau nggak mau pemain kita hrus brprstasi lgi..,krena prcya ato tdak (mnrut sya) klau aja ina nggak ada sjarah bagus d olhrga ini, mngkin msyarkat kita nggak akan fmiliar sma bultnkis. soalnya bultang hrus diakui msih jauh kpopulerannya jka dbndngin dg bola, tenis, golf, dsb

  • Re: Memasyarakatkan Bulutangkis di Indonesia
    Oleh : scooterboy
    Senin, 27 Agustus 2012 14:48:01

    masalahnya media juga pasti punya itung-itungan sendiri soal rating. kalo dia bisa dapet lebih dari siaran liga bola luar negri ato liga champion/piala dunia ato bahkan SINETRON hehehe..ngapain juga mereka nyiarin bultang.
    ujung2nya emang soal duit sih..dan media juga ga bisa disalahkan, secara mereka kan perusahaan swasta yg berbasis mencari laba :(

    yg agak mengecewakan sebenernya adalah TVRI,gua gak bilang mereka gak boleh mencari laba juga..cuman agak aneh aja kalo mereka berani ngeluarin duit buat nyiarin liga ITALIA daripada turnamen bultang (super series ato grand prix) yg notabene olahraga kebanggaan bangsa

    gua setuju ama yg diatas, prestasi berbanding lurus sama rating media

  • Re: Memasyarakatkan Bulutangkis di Indonesia
    Oleh : arif_azri
    Senin, 27 Agustus 2012 14:55:10

    Memang benar, tidak sepantasnya media yang salah

    Selama ini banyak muncul pemikiran bahwa minimnya publikasi termasuk oleh media salah satu penyebab mundurnya bulutangkis kita

    Padahal yang terjadi justru sebaliknya. Karena bulutangkis kita mundur menyebabkan para pihak terkait minim memplukasikan hal2 tentang bulutangkis.

    Jadi, bulutangkis mundur bukan karena jarang liputan tetapi jarang liputan terjadi karena bulutangkis mundur

  • Re: Memasyarakatkan Bulutangkis di Indonesia
    Oleh : scooterboy
    Senin, 27 Agustus 2012 15:18:24

    mungkin kita butuh lebih banyak pebulutangkis glamor kali ya hahaha...

    http://www.enciknakal.com/2012/02/gambar-ferrari-dato-lee-chong-wei-dan-koleksi-kereta.html

    trus udah gitu macarin model ato artis..dijamin media pasti sering nge-berita-in wkwkwk

  • Re: Memasyarakatkan Bulutangkis di Indonesia
    Senin, 27 Agustus 2012 15:57:00

    tpi kalu popularitas doank nggak diimbangi prstasi IMO prcuma (lirik olhraga sbelah),,

    kesannya atlet2 b*l* ina tuh cuma gde glamornya aja (dan maaf, agak lbay pmbritaanny)dg prstasi yg hmpir nihil.., mnding tnjukin prstsi aj dlu dan psti pplritas mnysul
    kta dah ckup prnah punya taufik sbg 'jmbtan' bultang dan infotainmnt

  • Re: Memasyarakatkan Bulutangkis di Indonesia
    Oleh : platonic
    Senin, 27 Agustus 2012 20:52:19

    @ngakak...
    ihh plagiasi deh kata2 nya..
    klo menuruku ada perbedaan antara politik indonesia dan PBSI. klo politik arahnya cenderung benar, visi negara demokrasi semakin terlihat seiring berjalannya waktu (bedakan dengan amerika yang sudah beratus2 tahun menjadi negara demokrasi). salah satunya dibidang ekonomi, budaya, infrastruktur yang semakin baik. klo PBSI output nya kan prestasi, tetap selama kepengurusan beliau prestasi tersebut tidak terlihat bahkan cenderung turun. sehingga kondisi organisasi yang menurut anda sangat terhormat tersebut(no offense,hehe) kurang bisa dijadikan sebagai analogi anda untuk menerjemahkan politik indonesia.

  • Re: Memasyarakatkan Bulutangkis di Indonesia
    Oleh : platonic
    Senin, 27 Agustus 2012 21:05:50

    betul juga klo tidak ada prestasi pasti penggemar bulutangkis akan menurun. tetapi memasyarakatkan bulutangkis menurut saya tidak hanya lewat olahraganya, tetapi pengemasan media terhadap bulutangkis tersebut. klo di indonesia kan pada saat indonesia open PSS aja pada rame2 nya, tapi stelah itu kan gak ada lagi pemberitaan. jelas aja ratingnya gitu2 aja.

    media pastinya tahu lah gimana caranya. misalnya sebagai icon prestasi yaitu butet. trus icon gaya hidup taufik hidayat. trus firda, gloria, anneke dijadiin icon fashion. dengan begitu masyarakat kan semakin mengenal atlit2 indo, dan pastinya pada saat indonesia open digelar para penonton tidak lagi menjagokan indonesia, tetapi lebih fokus kepada satu atlit idolanya, entah itu menjagokan karena prestasi, gaya hidup, ataupun penampilannya. sehingga pangsa pasar dari bulutangkis kan semakin lebar dan rating pun juga akan mengikuti.

  • Re: Memasyarakatkan Bulutangkis di Indonesia
    Senin, 27 Agustus 2012 22:38:49

    kalo saya ingat Bulutangkis China inget Li Yongbo, yang bertangan besi dan sangat sukses menjadikan China menjadi penguasa bulutangkis dunia. Terlepas dari kontroversi tentang strategi yang dibuatnya yang sangat merugikan citra bulutangkis, kita harus setuju bahwa beliau adalah seorang leader yang handal.
    Kalau ingat bulutangkis Indonesia jadi ingat satu orang yang berjuang mati-matian sampai mampu melahirkan para juara Sirnas dan mampu membuat Firdasari bisa main rubber set melawan Wang Yihan. Terlepas dari latar belakangnya yang buta tentang bulutangkis, beliau adalah salah seorang dengan catatan keberhasilan paling menonjol di dunia bulutangkis Indonesia.

    Image PBSI tidak pernah dibangun oleh media, tetapi dibangun oleh perilaku positif para personel di dalamnya yang sangat efektif membuka mata kita tentang realita di dalam tubuh organisasi ini. Nicely done, and good job.

    Jangan sampai diganti ya, nanti malah atlit kita nggak ada lagi yang mampu juara sirnas loh.

  • Re: Memasyarakatkan Bulutangkis di Indonesia
    Oleh : muchimuchi
    Selasa, 28 Agustus 2012 12:02:25

    wkwkwkwk tipi tipi pada jambak jambakan bahkan cakar cakaran sesekali adu jotos kalau ingin dapat hak siar siaran bola khususnya liha luar negeri

  • Re: Memasyarakatkan Bulutangkis di Indonesia
    Oleh : update
    Selasa, 28 Agustus 2012 14:18:54

    @susysimilikity hehehehe Saya sangat setuju dengan anda...

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


PB Djarum

FZ FORZA

Candra Wijaya

We care!

Macau Open Grand Prix Gold 2014

Seeded Entries
Players
Draws
Matches
Visual LiveScore

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru