Forum > Pelatih Bulutangkis

Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia

Jumat, 04 Januari 2013 21:38:21
8864 klik -- 42 respon
Oleh : Oemboe
Versi cetak

Jakarta (ANTARA News) - Juara dunia bulu tangkis 2001 Hendrawan mengaku demi keluarganya ia terpaksa menolak kembali melatih di Tanah Air dan memilih melanjutkan karirnya di Malaysia.

Kemarin (Kamis, 3/1) saya bertemu Rexy (Mainaky, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB PBSI), banyak ngobrol, bukan soal kontrak tetapi minta saya balik saja, ujar Hendrawan kepada ANTARA News, Jumat.

Namun, lanjutnya, karena keluarganya --terutama anak-anaknya-- sudah kerasan tinggal di Kuala Lumpur, ia terpaksa menolak permintaan tersebut.

Anak-anak sudah senang sekolah di sini (Malaysia), ujar pelatih pemain pelapis kedua tim nasional Malaysia itu.

Hendrawan, mantan pelatih tunggal di Pelatnas Cipayung, pindah ke Malaysia pada Juli 1999 sementara istrinya Silvia Anggraeni dan dua anaknya, Josephine Sevilla dan Alexander Thomas, menyusul dua tahun kemudian pada Juli 2011.

Peraih medali perak Olimpiade Sydney 2000 itu mengatakan tidak ingin keluarganya harus kembali beradaptasi setelah mulai mapan di Malaysia.

Kabid Binpres PB PBSI Rexy Mainaky, yang juga pernah melatih di Malaysia, bertemu dengan Hendrawan di Kuala Lumpur kemarin untuk meminta mantan pelatih Pelatnas itu kembali melatih di Cipayung.

Rexy bilang kapan pun kalau dia masih di PBSI, kalau saya pulang (ke Indonesia) disuruh balik ke Cipayung. Saya bilang terima kasih kalau masih dipercaya, kata Hendrawan.

PB PBSI dalam waktu dekat akan mengumumkan atlet dan pelatih yang mendapat promosi untuk tinggal di Pelatnas mau pun yang terdegradasi dari Pelatnas.

Pada kesempatan terpisah, Rexy mengatakan kriteria untuk pemain akan dipertajam termasuk soal usia, begitu juga pelatih akan dipilih secara profesional dan transparan.

Pemain yang dipanggil tidak langsung menjadi keluarga Pelatnas tetapi harus menjalani tahap percobaan hingga 12 bulan.

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/351565/hendrawan-demi-keluarga-saya-pilih-tetap-di-malaysia

Respon

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : Oemboe
    Jumat, 04 Januari 2013 21:39:12

    Ternyata benar Hendrawan, pelatih MS junior Malaysia, pun rencananya mau ditarik ke Cipayung, namun sayang dia keberatan karena masalah keluarga...

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Jumat, 04 Januari 2013 21:51:13

    wah hendrawan nasionalisme nya kurang ya menurut saya,,, kalu dia ingin melatih malon sih sah2 saja ya,, tapi penolakanya kayaknya dia memng memilih malon dari pada negri tercinta INDONESIA dari alsan2nya takut anaknya nggak bisa adaptasilah, apalah etc. tapi kalau dia benar cinta indonesia harusnya apa saja dilakukan,,,,

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Jumat, 04 Januari 2013 21:52:23

    wah hendrawan nasionalisme nya kurang ya menurut saya,,, kalu dia ingin melatih malon sih sah2 saja ya,, tapi penolakanya kayaknya dia memng memilih malon dari pada negri tercinta INDONESIA dari alsan2nya takut anaknya nggak bisa adaptasilah, apalah etc. tapi kalau dia benar cinta indonesia harusnya apa saja dilakukan,,,,

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : Oemboe
    Jumat, 04 Januari 2013 21:57:45

    Berarti sampe tgl 3 kemarin Rexy masih blum ada kepastian daftar nama pelatih di pelatnas, buktinya dia masih menghubungi Hendrawan.

    Untuk promosi & degradasi pemain, rencananya akan ada 14 pemain yg terkena degradasi. Rexy baru akan umumkan setelah pulang dr Manila. Saat ini Rexy masih berada di Malaysia & tgl 6 nanti baru ke Manila.
    Jadi buat yg nunggu brita promosi & degradasi yg sabar aja menunggu.... :D

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Jumat, 04 Januari 2013 22:08:23

    mungkin HENDRAWAN melihat kalau malon nih lebih potensial SDM nya di banding indonesia,,, krena materi pemainya nggak bisa diharapin,,, daripada mengubah yang nggak mungkin diubah dan nantinya dihujat,,, mungkin si hendrawn milih di malon

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : onepiece
    Jumat, 04 Januari 2013 22:09:00

    menurut saya hendrawan bukannya tidak nasionalisme tapi sebagai manusia yg mempunyai ilmu yang tinggi wajar dong kalo ingin mencari penghasilan yg lebih dan membahagiakan keluarganya #marioteguh

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Jumat, 04 Januari 2013 22:27:47

    kayaknya kalau penghasilan banyakan di indonesia deh,,, kata pak gita dia berjanji menyejahterakan pelatih dan pemain soal biaya nggak usah dipikir katanya,,,,

    kalau pemain yang nggak punya prestasi pantes di sejahterakan nggak ya?

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : Kriz
    Jumat, 04 Januari 2013 22:32:11

    Hallo Friendz...
    Saya member baru di sini.
    salam kenal ea.
    n mohon krja sama & bimbingannya. :)

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : jafar
    Jumat, 04 Januari 2013 23:06:40

    SAH2 SAJA TAPI JANGAN MALAYSIA KENAPA TAU SENDIRI MALAYSIA ITU GIMANA SAMA NEGARA TERCINTA KITA INI ,SAKIT HATI RASANYA ....

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Jumat, 04 Januari 2013 23:10:21

    @fajar betul ama malon hatiku juga sakit

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : riezal
    Sabtu, 05 Januari 2013 00:17:46

    Untuk hendrawan, sekalian aja pindah kewarganegaraan, apa ga ngaca ya kalau dari kecil sampai dapet perak olimpiade di thn 2000 dia menginjakan kaki di bumi indonesia, sekarang dah jadi platih malah meninggalkan indonesia ckckck pafahal rexy minta bantuan untuk memajukan indonesia...yaaa mudah2an prestasi bulutangkis indonesia ditahun 2013 ke depan lebih bagus dari negara malaysia biar hendrawan liat generasi penerusnya di indonesia bisa maju tanpa hendrawan...amiiin

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : ngakak
    Sabtu, 05 Januari 2013 01:18:45

    hanya 14 pemain aja yg di degradasi ? pdhal total pemain pelatnas saat ini ada 74 orang. berarti 60 pemain msh bertahan ? ngarepnya sih ada 34 pemain yg di degradasi, jdnya yg msh bertahan 40 pemain. itu jg blm di tambah yg promosi...

    ntar hendrawan nasibnya kayak rexy lg. giliran gagal, pelatihnya yg di salahin. kyk wkt itu, koo kien keat/tan boon heong menurun, mereka berdua malah nyalahin rexy...

    jd pelatih di pelatnas gajinya 15-30 juta perbulan...

    gak ngerti deh maksud dr pernyataan ini 'Pemain yang dipanggil tidak langsung menjadi keluarga Pelatnas tetapi harus menjalani tahap percobaan hingga 12 bulan'. maksudnya, di liat dulu selama kurun waktu sampai 12 bulan ke depan, klo gak sesuai yg di harapkan, di rentang wkt 12 bulan itu (bisa di bulan ke 1, 2, 3, 4, dst sampai bulan ke 12) dia bisa kpn aja di degradasi, gak hrs nunggu setahun, krn msh masa percobaan ? asal dlm kurun wkt 12 bulan itu (sesuai dgn masa percobaan) ? trus klo misalnya udah lulus masa percobaan 12 bulan, itu berarti atlit yg bersangkutan udah aman dr degradasi & udah jd bagian dr keluarga pelatnas ? jd hitungannya, setelah melalui tahap percobaan 12 bulan itu, penentuan di degradasinya dia atau msh bertahannya dia, di liat progresnya klo dia udah selama 1 tahun di pelatnas ? bukan kyk pas masa percobaan, dimana dia di monitornya perbln sampai total wkt 12 bulan ? bgitu bukan sih ?

    trus yg di maksud 'pemain yang di panggil yg hrs menjalani tahap percobaan hingga 12 bulan' itu adalah pemain yg promosi--->>'pemain yg di panggil' ? pemain yg di pertahankan/lolos dr degradasi gak menjalani tahap percobaan ?

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : moemoe
    Sabtu, 05 Januari 2013 01:38:58

    Disamping punya hak menentukan pilihan hidupnya, Nasionalisme Hendrawan tidak dapat diukur dari belum bersedianya Beliau menjadi pelatih di Indonesia. Pertimbangannya pasti banyak termasuk hal-hal yang kita baca bersama di awal trid ini. Sebagai profesional, ukurannya adalah kualitas hasil didikannya. Dan jika Beliau berhasil dan mendapatkan apresiasi plus publikasi besar, nama Indonesia pastinya juga akan turut disebut.

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Sabtu, 05 Januari 2013 05:48:10

    Hendarawan sdh berbakti pada negara tercinta ini, perak OG 2000, dan juara dunia 2001, serta Piala Thomas 98, 2000, 2002...jika skrng dia fokus bekerja (jd pelatih di Malaysia)..wajar kok...pasti beliau lbh skrng fokus utk keluarga...

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : perkutut
    Sabtu, 05 Januari 2013 06:05:18

    pantesan bam langsung naikin gaji nya mungkin emang takut di tarik lg pelatih INA.
    ya sud lah rexy manfaat kan dulu yg ada sejahterakan dulu yg ada ntar dah narik2 pelatih yg dah enak di luar ujung2 nya bermasalah lg.

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : enggang
    Sabtu, 05 Januari 2013 06:05:42

    @dyrajakarta ...sy setuju dgn koment anda....seharusnya kita menghargai keputusan atlit untuk mencari kesejahteraan dan mungkin suasana baru...dan kita harus apresiasi atas prestasi hendrawan....dia dah menjadi pahlawan negara....sedang kita apa yang telah kita perbuat....

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : cyclops
    Sabtu, 05 Januari 2013 08:22:00

    Kalau Hendrawan belum mau nglatih INA sih tidak serta merta beliau tidak nasionalis, kalau alasan sekarang mungkin karena prioritas keluarga. Coba ditanya kenapa dulu pilih nglatih di malaysia?hayo jawabnya apa..

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : Kogito
    Sabtu, 05 Januari 2013 09:01:56

    @dyrajakarta: setuju banget dg anda.. jangan latah dengan jargon nasionalisme.
    bagi yang ngomong nasionalisme apakah sudah paham apa itu nasionalisme?
    trus tanya diri anda apa yang telah anda berikan buat indonesia?

    yang dituntu sekarang adalah pemain/atletnya bisa berprestasi apa ga?

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : Oemboe
    Sabtu, 05 Januari 2013 10:14:02

    sy ga tau persis dulu kenapa Hendrawan sampe dilepas ma PBSI & diganti dg Marleve Mainaky, pdhal sebagai pelatih WS pelatnas Hendrawan cukup berhasil a.l. dg mengantarkan MKY meraih perunggu Olimpiade.
    Bisa jadi Hendrawan masih ada rasa sakit hati dg PBSI krn merasa dulu pernah 'dibuang' ....


  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Sabtu, 05 Januari 2013 10:29:55

    tapi, kalau menurut aq pribadi ya..

    mau pelatih kita melatih dinegara manapun, pasti ada rasa kesal apabila ada atlet indonesia yang kalah diturnament...

    contohnya rexy,kemarin aq baca kompas, rexy balik ke indonesia karena dia GEMES, krn atlet indonesia udh bnyk yg menurun kualitasnya..padahal rexy lg dikontrak sama negara filipina, tapi dia tetap gemas apabila ada atlet indonesia yang setiap ikut turnament, engga pernah juara..nah, dr sini kita udh tau, bahwa pelatih yang melatih
    diluar negeri yang mempunyai rasa jiwa NASIONALISME yang tinggi, dia akan seperti rexy, sama2 GEMES apabila atlet indonesia kalah mulu diturnament..

    dan saya yakin koq,dimana pun pelatih kita, dan dinegara manapun dia melatih sekarang, dan berapa pun dia di BAYAR, dia akan tetap GEMES, apabila ada atlet indonesia yang kalah diturnament..

    karena mereka masih mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi...

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : kirei
    Sabtu, 05 Januari 2013 11:45:27


    memang tidak mudah memutuskan kontrak begitu saja,,bagi Hendrawan mungkin banyak hal yang dipertimbangkan, bukan hanya soal keluarga saja tapi masa kontrak yang belum habis juga dapat mempengaruhi..

    kalo saya sih bisa menerima keputusan beliau,,
    klo ngmong2 nasionalisme,yakin setiap warga negara INA pasti punya. Hanya kadarnya saja yang berbeda.

    hanya saja nanti kedepannya,pelajaran buat PBSI agar tetap terus mempertahankan pelatih yang telah memberikan banyak kontribusi,

    dan semoga saja Hendrawan dapat kembali lagi nantiiii..entah kapan.

    (kadang-kadang saya suka berkhayal, gimana ya kalo tiba2 suatu saat LYB melatih timnas bultangINA...?apa yg terjadi?ah,tapi cuma mimpi)



  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Sabtu, 05 Januari 2013 12:51:44

    Kalau pbsi bingung2 mencari pelatih kenapa tidak ada program begini saja ya.

    sejumlah pemain WS, dan MS seperti bella, riyanti, tutik , YOMI OKUHARA, sesar kita kirim ke CHINA kita ngadain kerjasma ama pelatnasnya china sono,,, biar mereka di beri pelajaran oleh china setelah 2- 3tahun kita tarik lagi terus baru di ikutin turnamen2 deh, pasti tuh tembus 5 besar semua kalau yang latih orang china,

    kalau yang latih china klo nggak bisa berprestasi dan berlatih keras nggak ada yang namanya jalan2, shoping, mejeng, pacaran di pelatnas, nggak ada yang manja, nggak ada yang kalah malah seneng, etc

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : jigijuga
    Sabtu, 05 Januari 2013 13:08:28

    Hendrawan tidak nasionalis pada Indonesia?, tolong diingat lagi baik-baik atau setidaknya baca sejarah. sampe Hendrawan pulang dari OG yg dapet perak untuk Indonesia pun, beliau dan keluarga belum punya KTP kok, permohonannya untuk jadi WNI tidak ada kejelasan, meski kemana-mana bawa nama Indonesia dan berprestasi untuk Indonesia, beliau gak diakui sebagai orang Indonesia sama pemerintahnya(gak punya KTP. parahnya lagi rumah beliau di malang pernah kerampokan

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Sabtu, 05 Januari 2013 13:51:44

    Nasionalisme tidak bisa diukur dengan urusan tinggal di Indonesia dan melatih Indonesia. Sempit sekali kalau urusan domisili dan pilihan karier jadi ukuran nasionalisme. kalo gitu bule-bule yang pada kerja di perusahaan Indonesia dan belajar budaya Indonesia itu pada punya nasionalisme< dalam batas tertentu iya, tapi begitu ada chaos, mereka juga akan balik ke negara masing-masing. Nasionalisme yang sempit yang bikin kita nggak maju-maju. Justru nama-nama pelatih seperti Atik Jauhari yang ikut memoles Saina Nehwal bisa mengharumkan nama Indonesia.

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : fmmi
    Sabtu, 05 Januari 2013 15:16:32

    Rasa nasionalisme itu ada didlm diri/hati g' bs diukur/dinilai cm krn suatu kputusan tertentu yg pasti punya alasan mendasar, Hendrawan sdh bnyk memberikan kebanggan buat Indonesia, dia pernah merasakan tangis haru,berjuang dengan keringat utk Indonesia, sdh lbih dr cukup utk menilai betapa dia INdonesia.
    keinget artikel ini :
    http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=6682

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : ngakak
    Sabtu, 05 Januari 2013 15:18:30

    kyknya kasusnya agak2 melenceng deh klo di sejajarkan dgn org asing yg kerja disini. soalnya kan ini hendrawan seolah-olah 'di panggil negara' (secara rexy mewakili negara jg) utk kepentingan bangsa & negara. klo org asing itu yg kerja disini, mereka ada kesempatan di 'panggil negara' gak ? utk membangun negaranya di sana. klo negara gak butuh mereka, utk apa mereka tetep stay di sana ? kan bgitu. bukan berarti mereka gak NASIONALIS...

    susah mencari bukti antara NASIONALISME dgn MATERI/UANG. org itu bener2 NASIONALIS atau yg di cari MATERI/UANG ? batasan2nya tipis banget antara NASIONALISME dgn MATERI/UANG. sama halnya kyk TKI/TKW, mereka terpaksa nyari duit kerja di luar negeri, mereka pastinya klo di tanya, knp gak kerja di sini aja ? ya pastinya mereka maulah kerja disini (deket sama keluarga) jg, ngapain kerja jauh2 hrs ke luar negeri, klo di dlm negeri msh ada kerjaan. tp kenyataannya, bagi mereka nyari pekerjaan di dlm negeri sulit di tengah pendidikan mereka yg rendah. jdnya mereka terpaksa hrs nyari duit ke luar negeri. negara gak bs memaksa mereka utk tetap stay disini. nyatanya negara jg gak mampu menyediakan lapangan kerja utk mereka. pastiya NASIONALISME tetep ada di hati mereka paling dlm. tp krn KEADAAN ya mereka terpaksa menanggalkan NASIONALISME nya itu...

    klo di korea, setiap warga negaranya terutama yg cowok hrs ikut WAJIB MILITER kan ya ? soalnya itu kan mereka 'di panggil sama negara' utk kepentingan bangsa & negaranya jg. hrs mau sewaktu-waktu klo negara dlm keadaan darurat, mereka yg sblmnya ikut WAJIB MILITER bs angkat senjata...

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : yusakbum
    Sabtu, 05 Januari 2013 15:19:31

    mungkin Hendrawan mau meneliti semua MS di Malaysia dulu dan mastiin nggak ada LCW baru yang lahir, trus balik ke Indo dengan membawa segudang kelemahan Malaysia wkwkwkkw

    terserah sih, mau pelatih sebagus apa kalo atletnya mental tempe ya nggak bisa maju =.=
    masih banyak pelatih Indonesia di sektor MS yang bisa diandelin kok.
    kalo Atletnya udah punya daya juang, motivasi, dan kerja keras, barulah pelatih itu punya andil.
    tapi kalo atletnya begitu begitu aja, mau dilatih Li Yong Boo, malah LYB yang bisa gila.

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Sabtu, 05 Januari 2013 16:52:18

    Hahahaha
    Tempe lg laris ni

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : supet
    Sabtu, 05 Januari 2013 16:59:41

    wwwwkwkwkwkkw apa mksudnya tempe ka??

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Sabtu, 05 Januari 2013 17:31:04

    @supet
    Mulai nakal ya?
    Hahahahaha

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Sabtu, 05 Januari 2013 17:56:16

    Wah saya heran yah dg komen2 yg membawa2 nasionalisme,krn sy sbg pengamat bulutangkis sy tau benar betapa bsr rasa nasionalisme hendrawan saat sbg pemain Ina,ngaca apanya lg kalau skrg posisi anda spr dia,sdh berkeluarga jg pasti akan menomorsatukan keluarganya,toh dg bnyk pertimbangan lain tentunya, kalaupun hendrawan berhasil sbg pelatih junior di BAM,pasti tetap namanya akan dikenang sbg pelatih berkebangsaan indonesia, maju trs Hendrawan!

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : embun_pagi
    Sabtu, 05 Januari 2013 19:29:16

    Sebenarnya agak kecewa dengan hendrawan.. Tapi apa boleh buat...
    Pastinya berdoa tetap yg terbaik tuk hendrawan..
    Semoga bisa kembali ke indonesia lagi

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Sabtu, 05 Januari 2013 19:31:08

    Halah, ga peduli sm hendrawan ga penting toh cm platih junior, kl jd platih senior baru agak risih ckckck, smga aja anaknya betah ya disana

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : ina_junior
    Sabtu, 05 Januari 2013 19:55:55

    suka2 dialah, masalah buat lo... main paksa g baik kali

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : Oemboe
    Minggu, 06 Januari 2013 07:13:12

    Hendrawan cukup berhasil melatih MS junior Malaysia, antara lain mengantarkan Zulfadli Zulkifli menjadi juara dunia junior th 2011.

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : Oemboe
    Minggu, 06 Januari 2013 07:16:26

    Dapet artikel menjelang keberangkatan Hendrawan ke Malaysia dulu (th 2009):

    Hendrawan merasakan pertentangan batin yang begitu berat sebelum memutuskan hijrah ke Malaysia. Hatinya luluh juga setelah bertahun-tahun dirayu. Seperti apa ?

    “PAK, tugas saya sudah selesai. Sony (Dwi Kuncoro) menang,” kata Hendrawan kepada Wakil Ketua Umum PB PBSI I Gusti Made Oka sesaat setelah Indonesia ditundukkan Korea Selatan (Korsel) 1-3 pada semifinal Piala Sudirman, Sabtu (16/5).

    Sekilas, tidak ada yang berlebihan dari pernyataan Hendrawan tersebut. Itu layaknya pelatih yang melapor kepada atasan setelah satu even berakhir. Tapi, pernyataan tersebut bukan sekadar laporan biasa. Tugas selesai yang dimaksud Hendrawan saat itu sekaligus menjadi kalimat perpisahan pelatih asal Malang, Jawa Timur, tersebut. Dia tak akan lagi menangani tunggal pria pelatnas Cipayung mulai 1 Juni nanti. Dia telah membuat perjanjian dengan BAM (Federasi Bulu Tangkis Malaysia) untuk menjadi pelatih hingga dua tahun ke depan.

    Hendrawan sebenarnya sudah menyerahkan surat pengunduruan diri Maret lalu. Dia bisa mulai melatih Malaysia pada 1 April. Tapi, PB PBSI meminta untuk menunda perpisahan setelah Piala Sudirman 2009 rampung. “Saya rasa, ini saat yang tepat untuk mundur. Saya merasa sudah selesai di PBSI. Saya akan melatih di Malaysia,” tegasnya.

    Menurut Hendrawan, keputusan hijrah ke Malaysia itu bukan sesuatu yang dilandasi emosi. Selain ingin menjawab tantangan sebagai pelatih junior di Malaysia, dia tak memungkiri bahwa keputusan tersebut didasari kebutuhan akan jaminan masa depan dan keluarga. Di Malaysia, gaji seorang pelatih bulu tangkis memang jauh lebih tinggi daripada Indonesia. Rexy Mainaky, pelatih asal Indonesia yang lebih dulu di sana, memiliki gaji lima kali lebih besar daripada pelatih pelatnas Cipayung.

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : Oemboe
    Minggu, 06 Januari 2013 07:16:52

    “Selama ini, sebagai pemain dan pelatih, saya sudah memberikan yang terbaik untuk negara. Kali ini pun, meski melatih Malaysia, itu karena saya harus memulai karir sebagai pelatih profesional. Memang pilihan berat. Jika memang jalannya harus seperti ini, bagaimana?” tutur Hendrawan. Dia tidak mau kepergian ke Malaysia lantas membuatnya dicap sebagai sosok yang tidak nasionalis.

    Hendrawan mengungkapkan pertentangan batin dalam mengambil keputusan itu. Bapak dua anak tersebut ditawari BAM (Persatuan Bulu Tangkis Malaysia) sejak empat tahun lalu. Tepatnya bersamaan babak kualifikasi Piala Uber 2005. Kala itu, dia masih menjadi pelatih tunggal wanita. “Waktu itu saya tegaskan kepada mereka bahwa saya tak mungkin pindah sampai saya menyelesaikan tugas di Olimpiade 2008,” terang pria kelahiran Malang, 7 Juni 1972, tersebut.

    Malaysia tak menyerah begitu saja. Setiap bertemu dengan salah seorang pengurus BAM, Hendrawan terus ditagih. Dia benar-benar menanggapi serius ajakan itu setelah mengantarkan Maria Kristin Yulianti meraih medali perunggu di Olimpiade.

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : Oemboe
    Minggu, 06 Januari 2013 07:17:07

    Hendrawan pun merasa mantap untuk pergi. Dia merasa telah memberikan sesuatu yang berarti bagi bulu tangkis Indonesia. Medali tersebut membuat sektor tunggal wanita Indonesia kian terangkat. Padahal, sebelumnya, tunggal wanita dipandang sebelah mata. Dia juga melihat bahwa prestasi Sony dan Simon Santoso, dua anak asuhnya di tunggal pria, mulai stabil di persaingan internasional.

    Rencananya, pekan depan, dia berpamitan dengan pengurus dan atlet pelatnas PB PBSI. Sebab, 1 Juni nanti, dia sudah harus bergabung di pelatnas Malaysia. “Saya akan ke sana sendirian. Keluarga tetap di sini. Toh saya bisa pulang sekali sebulan atau jika anak-anak sedang libur sekolah, mereka akan ke Malaysia,” papar ayah dari Josephine Sevilla dan Alexander Thomas itu.

    Silvia, istri Hendrawan, tak mempersoalkan kepindahan Hendrawan tersebut. Dia siap untuk menjalani rumah tangga berjauhan. “Anak-anak tidak mau ikut pindah ke sana. Kata dia, mereka sudah memiliki best friend di sini,” kata kakak kandung Hendra Setiawan itu.

    Lagipula, selama ini, Silvia dan anak-anak terbiasa ditinggal Hendrawan dalam waktu yang tidak sebentar. Misalnya, urusan pertandingan atau bisnis yang digeluti. Pertimbangan lain yang dipilih Silvia menyangkut adaptasi dengan lingkungan dan budaya baru yang tentu tidak mudah. “Biarlah Mas Wawan (sapaan karib Hendrawan) dulu yang ke sana. Kalau misalnya cocok, barulah saya dan anak-anak menyusul,” ujarnya. (ang)

    Sumber: http://badmintonpage.blogspot.com/2009/05/people-hendrawan-bersiap-siap-berangkat.html

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Minggu, 06 Januari 2013 08:49:54

    Selama blm ada bibit ms yg bgus gpplah make pelatih yg lain dulu smbl nyri2 platih yg bgs dibarengin nyari bibit. Ms bnr2 stuck simon dan om sdk kayanya ga bs move on, sdk faktor usia mngkn ya sm faktor kelamaan cidera jd ga biasa tanding hhhee, kl ws udh ad bibit tgl pelatih, wd udh ad xd kyanya gw blng rr bs lah, md? Kayanya ga ada yg hebat deh

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Minggu, 06 Januari 2013 08:52:02

    Gw menganggap sih kl atlet itu udh ad potensi tp ga ada coach yg bgus ga bs berkembang, kl coach bgs atlet ga ada potensi susah bgt berkembang tp msh bs berkembang, beda kaya pelajar tnp guru pun bs bljr sndri

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Minggu, 06 Januari 2013 13:49:45

    Do the best aja buat Hendrawan
    Terima kasih atas persembahan prestasix
    Slama ini kpd indonesia
    Jalan masih panjang
    Selalu ada alasan untuk pulang

  • Re: Hendrawan Tolak Melatih di Indonesia
    Oleh : ferary007
    Minggu, 06 Januari 2013 23:55:25

    Hendrawan tetap seorang yg berjasa buat Indonesia.Nasionalisme yg tinggi.maju terus Hendrawan.

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


PB Djarum 50 Tahun





VICTOR Malaysia International Series 2019

Seeded Entries
Players
Draws
Matches
Website
Live Score

@portalbulutangkis

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru