Forum > Peraturan & Ketentuan Bulutangkis

Sistem baru di dunia bulutangkis

Selasa, 07 Mei 2013 17:55:46
16129 klik -- 16 respon
Oleh : 624nz
Versi cetak

INTRODUCTION & BACKGROUND

Sistem Baru yang diterapkan akan secara resmi berfungsi pada perhelatan Indonesia Open, sistem baru ini mempunyai 2 tujuan dasar.

1. Para pemain punya hak untuk mempengaruhi keputusan para wasit dilapangan dimana para pemain merasa mendapatkan keputususan yang merugikan diri pemain, sehingga para wasit bisa menganulir keputusan yang dirasa rugi oleh para pemain.

2. Untuk membangkitkan minat dan kegembiraan sebagai sistem baru dimana akan meningkatkan rasa (drama) sportivitas yang akan nampak di tv dan begitu juga di lapangan .

Bagaimana wujud sistem baru tersebut?

Sistem ini memakai kamera yang mempunyai fungsi sehingga dapat melihat gerakan selambat mungkin yang terjadi di lapangan, berfokus di garis bawah lapangan, para operator bekerja untuk memantau kejadian demi kejadian agar sewaktu waktu apabila para pemain ingin melihat atau para juri ingin melihat, para operator langsung dapat mengirimkan gambar tsb ke umpire/line judge dan kedepannya para umpire/line judge akan memutuskan daripada gambar yang dihasilkan dari kamera tersebut.

Respon

  • Re: Sistem Baru di dunia Bulutangkis
    Oleh : 624nz
    Selasa, 07 Mei 2013 17:55:57

    Cara Mengajukan.
    1.Permintaan untuk melihat harus sesegera digunakan ketika kok jatuh ke lapangan dan dinyatakan para wasit sebagai kok masuk/kok keluar.

    2. Pemain harus mengatakan CHALLENGE kepada umpire dan memberikan sinyal yang sangat jelas kepada umpire dengan cara mengangkat tangan/lengan secara bersamaan.

    3. Ketika pemain mengajukan permintaan, umpire memberikan sinyal kepada referee untuk melihatnya dan apabila keputusan umpire atau line judge dinyatakan salah, secara mutlak keputusan akan diganti.

    Kehilangan Hak untuk Meminta

    1. Hanya boleh 2 kali mengajukan setiap matchnya. karena apabila diberikan lebih dari 2(dua) akan memakan banyak waktu sehingga waktu pertandingan akan bertambah lama.

    2. Apabila pemain sudah melakukan permintaan, dan dinyatakan bahwa keputusan umpire atau line judge benar, maka para pemain kehilangan satu hak mereka.

    3. Jika hal di nomor dua terjadi dua kali, maka sudah tidak ada lagi hak mereka selama berlangsungnya sisa pertandingan, dengan kata lain hingga pertandingan usai, mereka tidak punya hak lagi.

    4. Jika para pemain menggunakan haknya dan hasilnya berhasil, para pemain masih berhak menggunakan hak mereka dan tidak kehilangan hak mereka.


    Sistem ini akan mulai diterapkan pertama kali di Indonesia Open dan pada TV Court dan diterapkan pada hari pertama kompetisi. dan percobaan kedua pada perhelatan Sudirman Cup 2013.

  • Re: Sistem Baru di dunia Bulutangkis
    Oleh : Oemboe
    Selasa, 07 Mei 2013 18:19:38

    hmmm... menarik u ditunggu penerapannya.
    Bisa dipake sbg strategi buat jeda pertandingan sejenak buat ambil napas & mengembalikan kosentrasi juga klo pas lagi tertekan... :)

    buat TS ada baiknya klo ditampilkan sumbernya

  • Re: Sistem Baru di dunia Bulutangkis
    Oleh : ari
    Selasa, 07 Mei 2013 18:22:49

    @624nz : jadwal kalender bukannya SC (bulan mei) dulu, baru indonesia open (bulan juni). jadi percobaannya itu di SC atau di indonesia open ?

  • Re: Sistem Baru di dunia Bulutangkis
    Oleh : semoxxxx
    Selasa, 07 Mei 2013 18:26:48

    percobaan kedua di sudirman cup 2013??? perasaan INA SSP ama SC masih duluan SC deh??? harusnya SC yg pertama....

    asyik nih... di Trans 7 bakal ada teknologi mata elang... gak sabar liat gimana tampilannya...
    apa bisa keren kayak tenis yah??...

  • Re: Sistem Baru di dunia Bulutangkis
    Oleh : 624nz
    Selasa, 07 Mei 2013 18:34:10

    untuk itu ga ngerti juga. yang pasti klo di sudirman hanya kamera nya aja yang dipasang tp permintaan untuk mereview tidak ada, ga ngerti sama bwf untuk apa kalau cuma dipasang.

    kenapa kok yang kedua malah di Sudirman tapi Sudirman duluan daripada Indonesia Open? mungkin tiba2 bwf mau nyoba juga di Sudirman, karena yang pertama kan fix di Indonesia yang kedua di Sudirman, jd mungkin ketika turunnya peraturan ini, terus direvisi makanya muncul lah percobaan kedua.

    sumber : http://www.bwfbadminton.org/file.aspx?id=444689&dl=1

  • Re: Sistem Baru di dunia Bulutangkis
    Oleh : king92
    Selasa, 07 Mei 2013 18:57:01

    hal ini bisa dimanfaatkan bagi pemain yg udh merasa kecape'an dan butuh waktu sedikit untuk rehat .. hahhaa

  • Re: Sistem Baru di dunia Bulutangkis
    Oleh : batpod
    Rabu, 08 Mei 2013 00:12:47

    Bagaimana dengan penggunaan mata elang?

  • Re: Sistem Baru di dunia Bulutangkis
    Oleh : ttoorrcc
    Rabu, 08 Mei 2013 01:31:00

    @batpod thread ini emank lagi bahas mata elang yg di copy dari duaribuann dengn sedikit editing by TS
    Tapi tanggung nih klw cuma 2 kesempatan....3 sekalian aja donk!

  • Re: Sistem Baru di dunia Bulutangkis
    Oleh : masganteng
    Rabu, 08 Mei 2013 02:31:48

    Sama persis dengan yg Tenis punya cuma bedanya di tenis, benar apa salah challenge-nya, jatah pemain tetap berkurang.

  • Re: Sistem Baru di dunia Bulutangkis
    Oleh : batpod
    Rabu, 08 Mei 2013 03:25:42

    @ttoorrcc
    Owh gitu penggunaan kamera = mata elang or hawk eye (in english)?!
    Tapi kok di tenis kayak lain gitu! Kalo di tenis menggunakan software gitu, cek: http://www.youtube.com/watch?v=Cgeb61VIKvo

  • Re: Sistem Baru di dunia Bulutangkis
    Oleh : W0W
    Rabu, 08 Mei 2013 18:31:11

    wah.. belum terlalu canggih ternyata ya.
    klo difikiranku sih teknologinya seharusnya begini. Ada suatu chip yg terpasang di karpet, jd klo bola out lgsg ada sinyal keluar deh, jadi ga perlu pake hakim garis lagi. hahaha..

  • Re: Sistem baru di dunia bulutangkis
    Oleh : bejoTOH
    Kamis, 09 Mei 2013 12:14:04

    kbetulan semalam liat siaran ulang AE , saina & WSX
    pada dasarnya kmren pas pertandingan ini gw seh lebih milih Saina yg menang dan ditambah teriakan2 WSX yang sangat mengganggu heheheh

    tp karna beberapa kali ngliat WSX yang jadi 'korban' pengamatan hakim garis yg kurang tepat dan mukanya begitu memelas, gw jadi kasian...

    klo terjadi ama pemain kita gimana ya? tau ndiri mental pemain kita itu lom stabil klo ada sesuatu yg kurang berkenan kadang2 permainannya jadi terganggu


    kayaknya emang perlu 'mata elang' ini digunakan

  • Uji Coba Sistem 'Mata Elang' di INA Open SS Premier
    Oleh : admin
    Kamis, 09 Mei 2013 15:48:00

    Uji Coba Sistem 'Mata Elang' di INA Open SS Premier

    Oleh anothershot
    Kamis, 09-Mei-2013, 15:20:57

    Siang sobat bulutangkis,
    Berikut ini kutipan yang saya ambil dari situs resmi BWF (www.bwf.com) terkait penerapan teknologi 'mata elang':

    Players will have two challenges per match when the new instant review system comes into effect on the OSIM BWF World Superseries tour at the Indonesia Open.

    Hal ini berarti tiap pemain (single/double) akan punya DUA kali kesempatan per pertandingan untuk meminta dilakukan review atas keputusan wasit based on teknologi 'eye-hawk' itu terkait apakah bola benar-benar masuk/keluar.
    Ditambahkan lagi, jika setelah dilakukan review (challenge) ternyata keputusan wasit di awal yang benar, maka pemain akan kehilangan satu kesempatan untuk melakukan challenge, jika dua kali keputusan wasit ternyata benar setelah pemain meminta challenge, maka kesempatan untuk melakukan challenge bagi pemain tsb habis.
    Sebaliknya, pemain tidak akan kehilangan kesempatan untuk terus meminta dilakukan challenge/review jika memang keputusan wasit di awal salah dan si pemain yang benar.

    Oh ya, beda dengan challenge di tenis yang sudah ada grafik untuk menyatakan bola apakah benar-benar in/out, di bulutangkis yang ada adalah ultra slow motion yang bisa dilihat oleh wasit untuk penentuan apakah bola memang benar-benar in/out.
    Pemain yang bisa melakukan challenge ini adalah pemain yang berlaga di apangan yang ditangkap oleh kamera (camera-based view).

  • Re: Sistem baru di dunia bulutangkis
    Oleh : admin
    Kamis, 09 Mei 2013 16:11:01

    Referensi link diskusi hal yang sama Teknologi Mata Elang akan diuji coba di Piala Sudirman 2013
    - http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=diskusi&op=viewdisk&did=11193

  • Re: Sistem baru di dunia bulutangkis
    Oleh : admin
    Jumat, 10 Mei 2013 12:08:21

    Penggunaan mata elang diresmikan di Indonesia Terbuka
    Oleh fendigo
    Kamis, 09-Mei-2013, 21:40:48

    Jakarta (ANTARA News) - Penggunaan teknologi mata elang (hawk eye) akan diresmikan pada turnamen Indonesia Terbuka 2013, setelah nanti terlebih dahulu diuji coba saat Piala Sudirman tanggal 19-26 Mei di Kuala Lumpur, Malaysia, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengumumkan.

    Terkait hal itu, Kepala Bidang Pengembangan, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Basri Yusuf mengemukakan, PBSI belum diinformasikan secara resmi oleh BWF.

    Saya sudah dengar wacana ini dari tahun lalu, tetapi soal diterapkan di Indonesia terbuka (Juni) tahun ini, kami dari pihak PBSI belum ada pemberitahuan secara resmi dari BWF, ucap Basri, yang dihubungi dari Jakarta, Kamis.

    Teknologi mata elang merupakan teknologi dengan rekaman kamera yang memperlihatkan gerak bola dengan gerakan lambat sampai bola menyentuh bidang lapangan. Teknologi yang sudah diterapkan pada tenis dan kriket itu menggunakan banyak kamera yang terintegrasi dengan sistem komputer untuk menangkap sensor bola.
    http://www.antaranews.com/berita/373849/penggunaan-mata-elang-diresmikan-di-indonesia-terbuka

  • Re: Sistem baru di dunia bulutangkis
    Oleh : admin
    Jumat, 10 Mei 2013 12:09:44

    Re: Penggunaan mata elang diresmikan di Indonesia Terbuka
    Oleh fendigo
    Kamis, 09-Mei-2013, 21:41:12

    Dengan penggunaan teknologi mata elang ini, akan meminimalisasi kekeliruan hakim garis dalam memutuskan apakah bola masuk atau tidak saat terlihat menyentuh garis. Sehingga memungkinkan pemain untuk mengajukan instant-review, guna memastikan jatuhnya bola dan pemain pun tidak dirugikan keputusan yang keliru.

    Sejak dulu memang sudah sangat perlu untuk memastikan bola-bola yang bisa memicu kontriversial. Karena ada anggapan bahwa tuan rumah suka diunggulkan hakim garis, ujar Basri.

    Ia menambahkan, Teknologi ini perlu untuk mengurangi kontroversial yang ditimbulkan hakim garis. Serta membuat pertandingan lebih menarik dan transparan.

    Sebelumnya, seperti dikutip dari rilis resmi BWF, Presiden BWF Paisan Rangsikitpho mengatakan teknologi ini memberikan dampak yang menguntungkan bagi pemain lewat sistem instant-review.

    Sistem ini membuat pemain percaya diri karena mereka bisa mendesak perubahan keputusan jika mereka merasa diberi keputusan yang keliru dari ofisial di lapangan, kata Paisan Rangsikitpho.

    sumber:
    http://www.antaranews.com/berita/373849/penggunaan-mata-elang-diresmikan-di-indonesia-terbuka

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Audisi Umum PB Djarum





Badminton Asia Championships 2019

Seeded Entries
Players
Draws
Matches
Live Score
Website

@portalbulutangkis

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru