Forum > Psikologi

Tradisi Emas, Tradisi Berkat Asahan Mentalitas

Senin, 02 September 2013 18:24:31
3833 klik -- 11 respon
Versi cetak

Hi Cmon

King datang lagi,King terlanjur terpancing ulah Rajawali. Daripada King cebel cebel cebel lebih baik King berbagi trid berkualitas,like King yang berkualitas

Artikel dari Andrie wongso,setahun yang lalu

http://www.andriewongso.com/articles/details/5511/Tradisi-Emas-2C-Tradisi-Berkat-Asahan-Mentalitas-

Respon

  • Re: Tradisi Emas,Tradisi Berkat Asahan Mentalitas
    Senin, 02 September 2013 18:25:01

    Dari pengalaman dipercaya menjadi motivator untuk atlet-atlet yang berjuang di berbagai kejuaraan internasional, saya melihat ada tiga faktor utama yang menjadi pembeda tersebut. Pertama, champion spirit; kedua champion wisdom; dan ketiga champion mindset.



    Champion spirit atau semangat pejuang harus dimiliki oleh semua atlet. Di arena pertandingan, mereka sebenarnya sedang berperang. Dan, hanya yang punya semangat juang yang unggullah yang akan jadi pemenang sesungguhnya. Ini bisa dilatih dan diasah dengan mengikuti banyak kejuaraan atau pertandingan. Makin banyak seorang atlet berlatih dan bertanding di arena kompetisi-di mana ia akan berhadapan langsung dengan lawan dengan berbagai karakter berbeda-ia akan memiliki champion spirit yang lebih terasah. Ibarat seorang prajurit yang berjuang di medan laga, ia akan makin tangguh sebagai prajurit pilihan setelah melalui banyak pertempuran. Atau, seperti banyak disebut dalam berbagai kalimat bijak, seorang pelaut yang tangguh adalah mereka yang telah berhasil mengarungi badai dan derasnya gelombang. Sehingga, dengan bekal banyak latihan dan bertanding, teknik dan fisik seseorang akan makin memperkuat dan mempertajam champion spirit-nya.



  • Re: Tradisi Emas,Tradisi Berkat Asahan Mentalitas
    Senin, 02 September 2013 18:25:22

    Selanjutnya, soal champion wisdom. Ini merupakan bekal kebijakan seorang atlet dalam menyikapi hasil apa pun yang didapat selama bertanding. Dengan champion wisdom, seorang atlet dalam bertanding selalu berpikir positif, baik kemenangan atau kekalahan yang didapat. Saat menang, ia tak menjadi jumawa. Saat kalah, ia pun tak lantas putus asa. Mereka selalu sadar, bahwa kemenangan hari ini, bukan berarti kemenangan esok hari. Kegagalan hari ini, bukan pula lantas akan gagal esok hari. Karena itu, atlet yang memiliki bekal champion wisdom yang tinggi, sanggup bertarung menghadapi apa pun kondisi yang terjadi.



    Kemudian bekal ketiga adalah champion mindset atau berpikir sebagai pemenang. Ini bukan sekadar berpikir untuk selalu menjadi juara. Namun, ini merupakan pola pikir yang meresap ke dalam setiap gerakan, tindakan, hingga perbuatan, bahwa menjadi pemenang bukan harus berupa medali dan penghargaan semata, tapi ditunjukkan pada sikap secara keseluruhan. Karena itu, atlet yang memiliki bekal champion mindset selalu menempatkan diri sebagai juara dalam kesehariannya. Baik menghargai lawan, tak pernah menganggap enteng siapa pun yang dihadapi, mendengar ucapan pelatih dan masukan positif lainnya, selalu serius dalam setiap kali latihan, dan berbagai sikap positif lainnya. Dengan memiliki pola pikir semacam ini di keseharian, saat bertanding, seorang atlet akan memiliki kesiapan 100% bahkan lebih.



  • Re: Tradisi Emas,Tradisi Berkat Asahan Mentalitas
    Senin, 02 September 2013 18:32:35

    Saya teringat, di Olimpiade Sidney tahun 2000, meski menduduki peringkat pertama dunia yang otomatis menjadi unggulan teratas, pasangan Tony Gunawan dan Candra Wijaya merasakan ketegangan yang luar biasa. Hingga partai puncak, beban harus meraih medali emas membuat Tony Gunawan mengalami tekanan yang hebat. Kala itu, ia menelepon saya. Karena yakin bekal yang dimiliki sebagai atlet bermental juara sudah dimiliki, saya hanya mengatakan, bahwa tegang itu biasa. Tapi, sebagai seorang bermental juara, saya katakan, bila perlu mati di lapangan, berjuang habis-habisan. Saya anjurkan, agar ia berteriak kencang, untuk mengafirmasi dirinya, Saya juara, saya juara!!! Ini merupakan bukti, bahwa modal dasar seorang atlet-di luar fisik dan teknis-perlu tiga modal dasar, yang jika dirangkum, adalah kekayaan mentalitas seorang atlet. Hasilnya, dengan mentalitas prima, fisik dan teknis yang mumpuni, mereka berhasil mempertahankan tradisi emas untuk Indonesia di Olimpiade Sidney.

  • Re: Tradisi Emas,Tradisi Berkat Asahan Mentalitas
    Oleh : pinah
    Senin, 02 September 2013 18:53:00

    iihhh,,dpt kursi depan sampig pak kusir...
    ayo bang tarikkkk... :D

    lha itu masalahnya lum banyak atlet kita yg punya kelengkapan fisik bagus,stamina mak nyozz teknik mumpui, strategi yahuud dan jg mental oke punya...
    step by step dah moga bisa terwujud...

  • Re: Tradisi Emas,Tradisi Berkat Asahan Mentalitas
    Oleh : ajobulu
    Senin, 02 September 2013 21:56:13

    Cebel cebel gw baca triad lo kingin bikin kepalaku tambah pusinga haha, btw nice tread, gak seru ah king gak ada kompetitor mu.. Rasanya hambar tanpa kecap huba huba..

  • Re: Tradisi Emas, Tradisi Berkat Asahan Mentalitas
    Selasa, 03 September 2013 06:23:38

    Wkwkwk
    Kingen muncul lg
    Krn ulah gw,alasan
    Jgn suka cari alasan ke orang lain
    Mank lo aja mw caper
    Gagal ngorbitin id id baru,trpaksa munculin id abege jadi2an lo lg
    Cmon cmon

    Btw,artikel yg lo copas LUAR BIASA
    Tp bukan lo,lo kan cuma copas
    Tp tetap thanks atas sharingnya

  • Re: Tradisi Emas, Tradisi Berkat Asahan Mentalitas
    Oleh : jouando
    Selasa, 03 September 2013 07:48:06

    cakep nich Thread nya,

    Jadi Nambah pengetahuan tentang Champion Spirit, Champion Wisdom, Champion Mindset..

    Terima kasih untuk anda yang mau berbagi..

  • Re: Tradisi Emas, Tradisi Berkat Asahan Mentalitas
    Selasa, 03 September 2013 09:17:55

    Firda ma febe pernah ga nelpon p andrie wongso, konsultasi knapa mentok melulu

  • Re: Tradisi Emas, Tradisi Berkat Asahan Mentalitas
    Selasa, 03 September 2013 12:44:56

    @rajawalifort.......firda ma ebeh pernah nelp andri wongso...cuma saat teriak aku juaraaa!.....aku juaraaa...!!!!...eh tersandung dan terjatuh....terbangun deh dr mimpi indahnya.....rupanya nelpnya dalam mimpi bro.....xixixixixi

  • Re: Tradisi Emas, Tradisi Berkat Asahan Mentalitas
    Oleh : supet
    Selasa, 03 September 2013 18:05:14

    hadeh paan sih nih thread

  • Re: Tradisi Emas, Tradisi Berkat Asahan Mentalitas
    Oleh : siganteng
    Rabu, 04 September 2013 00:07:10

    Thread ngawur

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


PB Djarum



@portalbulutangkis

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru