Forum / Asesoris Bulutangkis

Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin

Senin, 05 Januari 2009 16:59:02
6919 klik -- 33 respon
Oleh : fido
Versi cetak

Hi All,
Mau tanya sedikit,
Serbuk yang sering digunakan untuk sepatu agar pada saat bermain tidak licin, apa namanya ya..??
Terutama untuk lantai semen.

Thanks atas infonya

de Fido

Respon

  • Serbuk jampe-jampe
    Oleh : seagate
    Senin, 05 Januari 2009 21:37:05

    Itu pakai siongka batu yang ditumbuk jadi bubuk (jadi seperti pasir halus). Belinya di toko kimia.
    Selamat mencoba.

  • Re: Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : siss
    Senin, 05 Januari 2009 22:11:13

    kalo di jawa namanya gondorukem, untuk rem sepeda

  • Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : sifuyono
    Selasa, 06 Januari 2009 07:36:33

    @ fido
    namanya afur

  • Balas : Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : BliPutu
    Selasa, 06 Januari 2009 08:18:56

    Sebenarnya kita tidak perlu lagi menggunakan serbuk agar sepatu tidak licin.

    Yang perlu di ketahui adalah sebuah sepatu di produksi akan memiliki masa pemakaian.
    Untuk bagian bawah (Outsol) indikatornya bisa kita lihat pada ''guratan'' yang berbentuk tanda ''plus'' di bagian bawah sepatu (melintang dari pinggir kanan kekiri dan dari depan ke begian tengah) yang berhadapan dengan lantai.
    Jika cekungan (rem) tersebut masih dalam berarti sepatu tersebut masih layak di gunakan untuk bermain bulutangkis pada lantai yang di sarankan. Tetapi jika cekungan (rem) tersebut sudah rata dengan bagian rubber sepatu bahkan melewatinya, kita gunakan apapun sepatu tetap akan licin.
    Survei ini sudah saya buktikan.


    Salamtidakpakaiserbukapapuntetapitidaklicin.

  • Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : fido
    Selasa, 06 Januari 2009 08:25:20

    @Sifuyono
    Biasanya belinya dimana ya...?
    thanks.

    @Bli
    kebanyakan teori ah...
    coba kemarin ikut main di cipanas ama mbi one, untung dan satan...pasti merasakannya.....
    ini permintaan mbi one....kalau sepatu gw kagak licin...
    kasihan one...harus pakai teh botol sosro..
    lama-2 lapangan bisa banjir...

    salam
    de fido

  • Balas : Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : sifuyono
    Selasa, 06 Januari 2009 08:31:04

    @ putu
    lapangan juga berpengaruh put, apalagi kalo lantainya dari plesteran semen, ato dikasih tambahan overcoat pada permukaannya....

    ini udah aku buktikan juga, pake sepatu yy sol baru, licin banget.....

    @ fido
    beli di toko bahan bangunan

  • Balas : Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : BliPutu
    Selasa, 06 Januari 2009 08:37:40

    @fido,
    Nanti saya coba dech.
    Saya berangkat Kamis pagi bersama tim Bang One.
    Pengen tahu lapangan yang di maksud.

    Sedikit info, buat bulutangkis mania bahwa MBI (Masyarakat Bulutangkis Indonesia) menjadi EO dalam touringnya para mantan pemain dari Rusia di Indonesia.
    Jika ada yang memiliki waktu, untuk hari : Jumat dan Sabtu ini (9 dan 10 Januari 2009) silahkan menyaksikannya.

    Info bisa minta ke Dek Fido.

    Salam

  • serbuk sepatu
    Oleh : h4n5ip
    Selasa, 06 Januari 2009 08:42:54

    hi teman2.
    nah ini dia, bener gak sih, sehabis dikasih semacam powder, trus sisa2 powder di lapangan malah buat licin pemakai sesudah nya.
    Hal ini terjadi di tempat ane maen. ane liat pd pake powder di sepatu, trus setelah itu kt maen, gila, tuh lapangan udah kayak ice skating.

  • Balas : Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : fido
    Selasa, 06 Januari 2009 08:43:42

    @Bli
    Nah...gitu dong....turun gunung...jangan bertapa aja di pamulang...ntar jenggotan lho...hehehe..
    jangan lupa bawain cadangan sepatu untuk si satan ya...karena kemarin dia pakai sepatu yang sudah mangap kayak ikan lohan udah gitu kalah lagi....wah...nasibnya kasihan banget.

  • Balas : Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : BliPutu
    Selasa, 06 Januari 2009 08:46:59

    @sifuyono,
    Selama ini saya gak pernah ada keluhan (licin) dengan sepatu bulutangkis saya.
    Merk sepatu saya adalah ASTEC type Cruiser. Secara rutin saya gunakan untuk latihan dengan dasar/lantai yang berbeda.

    Hari Selasa saya gunakan di lapangan berlantaikan (Karet/Karpet) / Indoor.
    Hari Rabu saya gunakan di lapangan berlantaikan (kayu/parkeet) Indoor.
    Hari Jumat saya gunakan pada lapangan berlantaikan semen (Outdoor)
    Hari Sabtu saya gunakan di lapangan berlantaikan semen (Indoor).

    Sepatu ini rutin saya gunakan dalam jadwal tersebut. Selama ini gak ada masalah, selama breaker di bagian bawah masih ''OK''.

    Ingat.... sepatu itu ada remnya juga kok. Mungkin tidak ada yang memperhatikan.

    Salam

  • Balas : Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : sotx-sg
    Selasa, 06 Januari 2009 10:18:54

    saya setuju dgn BliPutu, selama ini sepatu yang saya pake juga tidak masalah tuch di berbagai jenis lapangan, mulai dari yang pake wood-flooring, lantai keramik hingga standard international ... mungkin karena sepatu murah kali yach, merek YY seri SHB tapi yang paling murah, lupa serinya tapi kepala 5

    memang pernah lihat orang di sini yang menaburkan Pocari ke lantai trus diinjak, baru masuk lapangan, katanya biar lebih lengket ...

    baru saat sol-nya mulai kalah, saya ganti sepatunya .... kalo sol kalah ditandai dgn sedikit licin.

  • Balas : Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : sifuyono
    Selasa, 06 Januari 2009 10:55:03

    @ putu
    merek sepatu sy yy shb99ltd, karena masalahnya bukan di sepatu tapi di permukaan lantai... so for me tetep licin

  • sepatu licin
    Oleh : h4n5ip
    Selasa, 06 Januari 2009 11:19:30

    @Bli & Sotx
    Anda berdua blm aja ketemu lapangan yg bener2 licin.
    Sepatu saya shb100ltd baru, tp kmrn maen di lapangan tempat biasa maen, tp licin.
    Mgk dikarenakan group sebelumnya yg memakai semacam powder, jd sisa2 nya malah bikin licin.

  • Balas : Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Selasa, 06 Januari 2009 11:23:44

    di pel dulu oom hansip...
    biar lapangan nya jadi enak dipake

  • Re : Serbuk untuk sepatu agar tidak licin
    Oleh : stan
    Selasa, 06 Januari 2009 11:48:14

    Bung sotx-sg kalau di Singapore lapangan jarang licin, kalau di Indo banyak, saya juga pernah mengalami seperti itu, walaupun pake sepatu YY seri atas, juga berpengaruh kalau lapangan itu licin, apalagi itu terbuat dari kayu.

    Serbuk yang ditaburkan itu pertama memang kagak licin karena ada serbuk kasar, setelah hancur ke permukaan lapangan, jadi licin.

  • Balas : Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : sotx-sg
    Selasa, 06 Januari 2009 12:37:57

    @Stan dan @h4n5ip, mungkin kali yach saya belum pernah ketemu lapangan yang benar2 licin ....

  • Re : Serbuk untuk sepatu agar tidak licin
    Oleh : dudy
    Selasa, 06 Januari 2009 12:55:28

    @Bung Fido

    Betul apa kata bung Seagate & bung Sifu pakai aja siongka belinya di toko material, hanya klo di lapangan pakainya jgn terlalu banyak (soalnya jd licin).

  • Balas : Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : jae
    Selasa, 06 Januari 2009 13:03:53

    setuju dengan papanya aliya, om hansip lapangan di pel dulu sampai bersih. Dipasangin ac dan ranjang. Tidur dulu semalam, enak gak.

    Ada2 saja segala pakai serbuk sepatu. Malah bikin temen bisa ngejeblak oommmm. mendingan belikan duren monthoong dehh .. yaa gak om admiiin .. !!!

    om ben, minum es pala deh .. lapangan jadi gak liciiin ...

  • Balas : Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : BliPutu
    Selasa, 06 Januari 2009 13:29:33

    Ha..ha..ha... Om JAE bisa ajah...........
    Ati2 tuh sama duren monthong, tar abis sebaris dapet loyonya seminggu dah.....!!!!!!!

    Tensi darah naek, perut mules2.

  • serbuk kerpus
    Oleh : dani
    Selasa, 06 Januari 2009 13:43:25

    nimbrung ah....kalo di sini disebutnya serbuk kerpus, biasa ada ditoko kimia atau toko bangunan. Biasanya yang bikin licin itu karena alas sepatu terbuat dari karet mentah . Beberapa kali saya beli merek apapun ternyata memang kalo alasnya dari karet mentah, bberapa bulan dipakai dah licin. ada yg kasih tips, katanya kalo cuci sepatu alas nya jgn sampai kena detergen.. saya belum pernah nyoba,,jadi belum tau tuh bener-ga'nya....hehe..

  • Sedikit Tips biar ga licin
    Oleh : chacunk
    Selasa, 06 Januari 2009 14:00:40

    Pertama.. sepatu sebisa mungkin jangan di cuci,karena klo sepatu di cuci alasnya jadi sedikit mengkerut dan si si lapisan sepatu jadi kering (karetnya) dan itu yg menyebabkan sepatu jadi licin,biar ga bau sepatunya krna ga di cuci simpan aja di tempat yg bener2 ga ke sorot langsung ma sinar matahari

    kedua..klo pake siiongka msh licin alas sepatu di injekin ke air gula,klo pengen simple pake teh botol aja..

    selamat mencoba

  • Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Selasa, 06 Januari 2009 14:03:01

    qe... qe...
    ada 2 aja tuh serbuk...
    jadi bikin tambah hot nih diskusinya...
    tapi inti nya beli sepatu yg bagus sol nya... merek gak masalah..
    kalo bisa punya cadangan .. biar pas rusak ada gantinya...
    yah misalnya yg satu shb 100 ltd yg satu shb 98 ... dijamin enak..polll

  • Balas : Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : BliPutu
    Selasa, 06 Januari 2009 14:23:46

    Ada lagi yang biasanya bikin sepatu menjadi licin yaitu debu2 halus yang mengotori lapangan. Ini sudah pernah saya buktikan.

    Serbuk lagi...Serbuk lagi... Cape decccchhhhhhhhhhhhh.....!!!!!!!

  • re: Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : jae
    Selasa, 06 Januari 2009 14:30:25

    terus terang banget .. aye gak habiz mikir deh. Kok bisa2nya gum rosin/siongka yg merupakan salah satu bahan baku untuk perekat dipakai di sepatu yah atau di tebar di lapangan.

    Bukankah itu membahayakan pemakai dan pemain lainnya? Justru jika semakin digosok semakin licin. Apalagi kudu pakai teh botol, gula, coca cola sampai pocari kalee untuk membuat sepatu seret. Lengket kalo dingin, jika sudah panas dan keringatan kan licin juga.

    Kita2 paling top main 3 jam, dan dalam mainpun hanya bersosialisasi saja. Lebih baik sih memilih sepatu dengan rem cakram ketimbang memakai bubuk kimia yg bisa membawa dampak negatip bagi kulit dan kesehatan serta membahayakan.

  • Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Selasa, 06 Januari 2009 14:30:34

    bli...

    biar mainnya enak jgn mikirin serbuk atawa debu..
    udah mendingan beli spatu baru aja yah bli... astec cruizer...
    qe.. qe..

  • Balas : Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : BliPutu
    Selasa, 06 Januari 2009 15:09:58

    @papanya_aliya

    Iya juga sih, ini lagi mau nyiapin pesanan raket HiQua untuk orang pajak.

    Sambil nunggu kiriman paket sepatu HiQua Action dan Titanium 4 lusin dari gudang untuk di kirim ke toko.

    Dan beberapa lusin sepatu ASTEC dari gudang untuk display sekaligus untuk pesanan.

    Ayo...... dari pada pake ''siongka'' yang katanya berbahaya (menurut OM JAE) mending pada baris untuk order sepatu HiQua atau ASTEC. Bentar lagi barang masuk ke tempat saya.

    He..he.h.e.. sekalian promosi ah.....!!!!!!!

  • Balas : Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Selasa, 06 Januari 2009 15:17:13

    besok ikutan ke cipanas bli??
    nanti cobain hi qua nya boleh??

  • Balas : Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : BliPutu
    Selasa, 06 Januari 2009 15:43:06

    @papanya_aliya

    Mudah2an hari Kamis pagi saya bisa berangkat ke Cipanas bersama rombongannya Bang One dan The Satan.

    Sepatu HiQua type Titanium punya anak saya. Kalau saya masih pake ASTEC type Cruiser (seperti apa yang saya ceritakan tadi).

    Demikian sekilas info dari saya tentang HiQua dan ASTEC.

  • sepatu yang keset
    Oleh : acil
    Rabu, 07 Januari 2009 01:34:27

    hai teman2...lebih baik kalian cobain sepatu FLYPOWER aja n nanti kalian bisa lebih merasakan sepatu badminton yang sesungguh nya,selamat mencoba nya ya...,trus untuk lapangan yang sudah pada licin,lapangan nya di pasangin karpet lapangan badminton merk FLYPOWER juga aja,gampang toh...tinggal hubungi JJ sport di senayan or tlpn ke 021 5740024

  • Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : hianjun
    Rabu, 07 Januari 2009 18:43:10

    Wah saya jadi tertarik ama sepatu merk ASTEC Type CRUISER , bisa minta info coraknya ( warna ) nd brapa harganya?ada stock ga di Buana Sport?

    Regards

  • Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : eryong
    Kamis, 08 Januari 2009 14:28:10

    klo dulu gw pernah dikasih ama bokap gw,klo ga salah namanya karpus.itu dari karet yang dkeringin gt,cara pakenya cuma diinjek doangpake sepatu badminton.buat tangan biar ga licin juga bisa.tapi baunya ga enak,hampir kayak belerang bauna.tapi tokcer!!!

  • serbuk kerpus
    Oleh : eryong
    Kamis, 08 Januari 2009 14:35:17

    yups,kerpus
    gw tadi bilang karpus...(sory salah)
    iy bener,klo nyuci jangan sampai kena terlalu banyak kena air solnya.
    terus jemurnya jangan pas lagi panas terik,cos solnya ibaratnya bisa kering,jadi langsung matikaretnya.lebih baik kering lama dari pada sepatu jd ga enak.
    sepatu gw skarang RS(tipe lupa),bwahnya ga gw cuci,cuma gw lap aj,yang gw cuci atas+dlmnya doang.udah hampir setaun,tapi tetep enak ampe skarang.

  • Re: Serbuk untuk Sepatu agar tidak Licin
    Oleh : flygiant
    Jumat, 19 Agustus 2011 10:42:20

    Sori ikutan komentar....
    ditempatku main malah pake cairan kaya amoniak gitu untuk membasahi sepatu.

    tapi kok ga ada gunanya ya.....tetap licin
    sampai akhirnya aku memutuskan beli sepatu baru.......

    eh ternyata sepatu baru tetap licin, ujung2nya baru sadar, tempat mainku itu lantainya ga pernah di pel.....
    soalnya pas aku main di tempat lain pake spatu yg lama msh sgt enak sih....

    hehehe konyol ya....

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


PB Djarum


FZ FORZA


Asian Games Incheon 2014



Badminton News
Badminton Schedules
Badminton Result

BrondongTua Community


Candra Wijaya

We care!

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru