Forum > Buku Bulutangkis

Badminton Freak

Jumat, 10 Januari 2014 13:57:11
3868 klik -- 9 respon
Oleh : HMPratama
Versi cetak

Setau saya, hanya sedikit novel yang bercerit tentang bulutangkis. Salah satu dari yang sedikit itu adalah 'Badminton Freak' karya Stephanie Zen. Review ini saya copas dari http://diamondnaera.wordpress.com/2011/10/26/sinopsis-novel-badminton-freak/

Respon

  • Re: Badminton Freak
    Oleh : HMPratama
    Jumat, 10 Januari 2014 13:58:03

    Novel ini mengisahkan tentang seorang cewek kelas 3 SMA bernama Fraya, yang cinta mati sama bulutangkis. Kecintaan Fraya melebihi rasa cintanya pada pacarnya sendiri, Albert. Baginya, pacar nomor satunya adalah bulutangkis, dan pacar keduanya baru Albert. Saat Fraya masih umur 6 tahun, ia jatuh cinta pada pandangan pertama pada bulutangkis begitu melihat kedua tantenya histeris menonton Ricky Subagja dan Rexy Mainaky. Saat itu, tujuan Fraya hanya satu: demi melihat bendera Indonesia berkibar di negeri orang. Tapi sayangnya, Mama melarang Fraya masuk klub. Tanpa alasan yang jelas. Fraya langsung down , dan tidak membantah Mama. Ia pun hanya masuk ekskul bulutangkis di SMA-nya, yang membuat Albert tambah bete. Albert terus-terusan membujuk Fraya masuk cheers dan mendukungnya saat Albert bertanding basket, tapi Fraya menolak mentah-mentah karena ada ekskul bulutangkis yang ia idam-idamkan. Meski begitu, Albert tetap kukuh membujuk Fraya dan makin nggak suka sama bulutangkis. Pada waktu Thomas-Uber Cup diadakan di Indonesia (Jakarta), Fraya langsung nonton live di sana bersama temen seklubnya: Sharleen, Charles, dan Wilson. Di sana, ia tak sengaja berkenalan dengan wartawan majalah Shuttlers , Shendy. Mereka pun menjadi teman dan mengobrol seru tentang bulutangkis karena sama-sama suka bulutangkis. Nah, saat Fraya dan kawan-kawan sedang euforianya karena Tim Uber yang tadinya dipandang sebelah mata, justru masuk semifinal, masalah justru datang.

  • Re: Badminton Freak
    Oleh : HMPratama
    Jumat, 10 Januari 2014 13:58:18

    Hari itu, Albert ada pertandingan final basket antar SMA dan ia meminta Fraya datang mendukungnya. Masalahnya adalah waktu yang hanya berjarak 1 jam sebelum Semifinal Uber Cup digelar! Nah lho! Mana tempatnya berjauhan. Kelapa Gading – Senayan. Tapi Fraya nggak habis akal. Ia pura-pura sakit di hadapan Albert hingga Albert nggak memaksanya menonton pertandingannya. Tapi nyatanya, Fraya justru datang ke Istora bersama Sharleen. Bahagianya, Tim Uber masuk final, dan bakal bertanding melawan China. Esoknya Fraya mengobrol seru tentang pertandingan hebat kemarin bersama Sharleen. Sialnya Albert mendengar pembicaraannya! Albert marah besar, lalu melarang Fraya datang ke Istora untuk nonton Final Uber. Albert bahkan datang ke rumah Fraya demi menjaga Fraya supaya tidak datang ke Istora. Tingkah Albert itu jelas bikin Fraya jengkel, apalagi dengan kekalahan Indonesia di final Uber melawan China, dan tumbangnya tim Thomas di semifinal melawan Korea. Fraya nggak tahan, dan keceplosan bilang bahwa dia lebih suka diputusin Albert daripada nggak nonton pertandingan. Perkataannya didengar (lagi!) oleh Albert, dan saat itu juga mereka langsung putus. Fraya sih fine-fine aja. Nggak ada air mata atau penyesalan, karena dia memang benar-benar merasa tidak cocok dengan Albert.

  • Re: Badminton Freak
    Oleh : HMPratama
    Jumat, 10 Januari 2014 13:58:34

    Beberapa hari setelah itu, Fraya mulai mikir-mikir lagi. Seandainya ia membujuk Mama lebih keras dulu, pasti ia sudah masuk klub dan bahkan mungkin sudah masuk Pelatnas. Mungkin ia bisa bermain di pertandingan internasional macam TUC. Mungkin ia yang ditonton, bukan ia yang menonton. Semua pikiran itu mengganggu Fraya, membuatnya muram dan seperti tak ada semangat hidup. Kenyataan bahwa ia tak bisa masuk klub lagi—karena maksimal 14 tahun—membuatnya makin drop . Fraya tak tahan lagi kalau setiap hari harus menangis meratapi nasibnya yang tak bisa mengejar cita-citanya, maka ia memberanikan diri bertanya pada Mama mengapa Mama tak memperbolehkannya masuk klub. Dan… ternyata alasan Mama sangat amat sepele. Saat itu, Fraya meminta masuk klub saat akan menghadapi Ujian Nasional. Mama menolaknya karena nggak mau Fraya terbebani dan melupakan UN. Fraya langsung lemas begitu mendengarnya. Sesepele itukah? Hal sepele itu membuatnya harus melepas cita-cita dan cintanya pada bulutangkis Indonesia.

  • Re: Badminton Freak
    Oleh : HMPratama
    Jumat, 10 Januari 2014 13:58:47

    Dan waktu pun berlalu, dan kini saatnya Indonesia Super Series 2008! Fraya langsung nonton live di Istora mulai dari babak kualifikasi pertama karena nggak ada cowok lagi yang melarangnya. Claudia, adiknya, pun ikut karena ia tergila-gila pada Simon Santoso. Tapi ternyata ada yang lebih menarik perhatian Claudia yaitu Edgar Satria. Edgar yang masih muda diturunkan di ISS, dan menang melaju ke babak selanjutnya. Ketampanan Edgar membuat Claudia tergila-gila dan membuat Claudia ’memaksa’ Shendy—teman Fraya yang wartawan—untuk bisa berfoto bersama Edgar. Saat keinginan Claudia terkabulkan juga—akhirnya ia dan Fraya berfoto dengan Edgar di pintu khusus orang-orang ber-ID card —Fraya justru merasa deg-degan berdekatan dengan Edgar. Ternyata orangnya nggak cuma tampan, tapi ia juga low profile alias nggak sombong dan ramah. Semua orang yang lewat disapanya. Fraya mengabaikan rasa itu di hatinya, karena berpikir bahwa Edgar itu jauh dari jangkauannya

  • Re: Badminton Freak
    Oleh : HMPratama
    Jumat, 10 Januari 2014 13:59:00

    Dan, siapa sangka pertemuan itu berlanjut ke pertemuan-pertemuan lainnya? Edgar mengajak Fraya (dan Sharleen) menonton bersama ISS di bagian player area , saat dirinya sendiri sudah gugur di pertandingan perempat final melawan Malaysia. Di situ, Edgar mengobrol seru dengan Fraya. Fraya menceritakan semua tentang dirinya—mulai dari bagaimana ia jatuh cinta pada bulutangkis, mantannya yang benci bulu tangkis, sampai harapan-harapannya yang luntur dan ternyata hanya karena masalah sepele. Saat itu, Fraya bener-bener nyaman dengan Edgar. Apakah ini berarti tumbuh benih-benih cinta bagi Fraya? Setelah itu, Edgar dan Fraya sering jalan bareng. Tapi Fraya nggak mau kegeeran. Ia selalu menegaskan, mereka hanya teman. Tapi mau nggak mau ia berharap.

    Saat Lio, adik bungsu Fraya yang sukanya hanya sama Albert, mulai berlatih bulutangkis dengan akrabnya bersama Edgar. Edgar juga perlahan menyenangkan hati keluarganya, saat ia menang Hongkong Super Series dan membawa oleh-oleh dari Hongkong untuk keluarga Fraya. Puncaknya adalah saat Fraya diajak makan di The Edge. Di situ, Edgar mengungkapkan seluruh perasaannya bahwa baginya Fraya berbeda. Edgar bahkan memberi hadiah sebuah pigura berisikan fotonya dan foto Fraya, disertai dengan kalimat manis darinya. Dan setelah acara itu mereka menjalin hubungan yang special, bukan lagi seorang teman melainkan menjadi pacar.

  • Re: Badminton Freak
    Oleh : HMPratama
    Jumat, 10 Januari 2014 14:01:47

    novel ini memang TeenLit, dengan kata lain kisah cinta memang pasti. Tapi yang membuat saya ingin mempostingnya di BulDoC karena ada tulisan....

    Sebagai kompensasi karena nggak mungkin lagi mengejar cita-citaku untuk menjadi atlet, aku menenggelamkan diri dengan segala hal dan informasi tentang bulutangkis. Aku bergabung dengan semua milis bulutangkis yang kutemui di Internet, juga dengan forum-forum pecinta bulutangkis. Bukannya aku dulu nggak melakukan itu, tapi dulu aku sekadar join, lalu jadi member pasif. Sekarang aku berusaha sebisaku jadi member yang aktif, termasuk ikut acara-acara latihan bareng yang sering diadakan komunitas salah satu milis yang kuikuti.

    ' ... Dan kalo ada cara main bareng orang-orang member-nya bapak-bapak sih,
    hehe ...'

  • Re: Badminton Freak
    Oleh : mide
    Jumat, 10 Januari 2014 20:12:40

    waaahhh...ada juga yang ngangkat novel ini :)
    novelnya udah agak lama sih... saya punya di rumah, udah ditamatin 3 kali, hehehe.
    Ceritanya ringan, remaja banget. tapi mampu membangkitkan rasa nasionalisme dan kecintaan kepada tanah air, dan bulutangkis tentu saja.

    ada satu lagi novel bulutangkis, tapi udah lama banget. judulnya New Age (dulu kalo nggak salah pernah diangkat di forum ini juga). Tentang 2 remaja putri yang mengejar asa menjadi atlet bulutangkis kelas dunia.

    Tokoh utamanya Caroline Irmayanti, digambarkan seperti Susy Susanti, dengan permainan khas lob2 serang, netting, dan footwork yang all out. Olin-panggilan Caroline punya sahabat juga namanya Joseline Adelia. Punya kemampuan khusus yg dikasih nama 'Gaya Gunting Yeni'-pemilik asli jurus ini. Jurus Jose-panggilan Joseline ini membuatnya mampu bermain bulutangkis dengan berganti2 tangan kiri-kanan dengan sangat baik.
    Menurut saya novel yg ini lebih kompleks ceritanya, karena menceritakan kehidupan di pelatnas. Tokoh2nya juga terinspirasi dari pemain2 putri Indonesia, seperti karakter Lidya-mengingatkan kita pada Lidya Djaelawijaya. Selain itu musuh Olin-Jose persis seperti musuh bebuyutan Susy dulu : Li Ling dari Cina (Ye Zhaoying) dan Bae Song Ra dari korea (Bang Soo Hyun).
    Sayang saya udah nggak ketemu lagi sama novel ini. Semoga penulis novel ada yg tertarik mengangkat dunia bulutangkis.

  • Re: Badminton Freak
    Jumat, 10 Januari 2014 22:24:10

    Indoneaia jg ada novel Bulutangkis.
    salah satu novel yg bercerita tentang Bulutangkis adalah novel karya Donny Dirgantara yg sebelumnya sudah booming dg 5CM nya. judulnya 2

    Ini Bulutangkis dan ini Indonesia. ceritanya bagus..

  • Re: Badminton Freak
    Oleh : HMPratama
    Kamis, 06 Februari 2014 15:58:22

    dah keduluan

    http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=diskusi&op=viewdisk&did=4295

    http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=diskusi&op=viewdisk&did=5309


    Re: 'New Age' (novel bulutangkis)
    Oleh conan- Rabu, 03-Nopember-2010, 21:40:04
    Ada lg n0vel tentang bulutangkis judulnya badmintonfreak

    http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=diskusi&op=viewdisk&did=6774

    ternyata ada web badmintonfreak.com juga

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


PB Djarum 50 Tahun





BLIBLI Indonesia Open 2019

Seeded Entries
Players
Draws
Matches
Live Score

@portalbulutangkis

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru