Forum > Psikologi

Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?

Jumat, 29 Agustus 2014 13:40:25
7610 klik -- 36 respon
Oleh : bd709jng16
Versi cetak

Diawali oleh keluhan Saina mengenai kuota pemain Tiongkok dalam berbagai turnamen. Dapat dibaca di: http://olahraga.kompas.com/read/2014/08/28/13415411/Saina.Nehwal.Keluhkan.Jumlah.Pemain.Tiongkok

Petikannya:
KOPENHAGEN, KOMPAS.com - Tunggal putri India, Saina Nehwal, mengungkapkan keberatannya atas banyaknya pemain Tiongkok yang turun pada turnamen-turnamen bulu tangkis. Baginya, dominasi Tiongkok tersebut membuat pebulu tangkis lain sulit bersaing di level tertinggi.

'Berkompetisi di level tertinggi tidak pernah mudah. Jumlah pemain Tiongkok terlalu banyak. Bulu tangkis selalu soal Tiongkok', aku Nehwal di Kopenhagen, Denmark, Rabu (27/8/2014).

Untuk turnamen besar seperti Olimpiade dan Kejuaraan Dunia memang pemain dibatasi tiap negara. Namun, untuk turnamen level superseries dan sebagainya, Tiongkok selalu menurunkan banyak pemain. Biasanya, ada 5-6 wakil tunggal putri untuk tiap turnamen superseries.

'Sulit bagi seorang pemain untuk menghadapi mereka semua secara konsisten. Sebelumnya ada beberapa tunggal putri Eropa yang bagus, tetapi setelah pemain Denmark, Tine Rasmussen, gantung raket, tak ada banyak yang bagus', lanjut Nehwal.

'Lihat saja Ratchanok (Intanon, Thailand). Dia tidak memenangi gelar apa pun setelah Kejuaraan Dunia tahun lalu. Ini jadi semakin sulit. Kita perlu lebih terbuka lagi. Tiongkok harus memberikan kesempatan kepada yang lain untuk maju. Kalau tidak, akan sulit bagi yang lain untuk meningkatkan karier mereka', kata Nehwal yang juga berharap Badminton World Federation (BWF) mengambil tindakan dengan membatasi jumlah pemain Tiongkok di tiap turnamen.

Lanjutan di bawah...

Respon

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : bd709jng16
    Jumat, 29 Agustus 2014 13:41:24

    Lanjutan...

    India hanya punya dua tunggal putri yang kini berkiprah di level dunia, yaitu Nehwal dan Pusarla Venkata Sindhu. Hingga saat ini, keduanya berhasil maju ke babak ketiga Kejuaraan Dunia 2014 di Kopenhagen (25-31 Agustus). Nehwal akan menghadapi pemain Jepang, Sayaka Takahashi, sementara Sindhu akan menghadapi unggulan keenam asal Korea, Bae Yeon-ju.

    Lalu Li Xuerui menjawab keluhan Saina Nehwal:

    Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2014/08/29/06000031/Li.Xuerui.Tantang.Saina.Nehwal.di.Dalam.dan.Luar.Lapangan

    KOPENHAGEN, KOMPAS.com - Tunggal putri Tiongkok, Li Xuerui, tidak senang dengan pernyataan pemain India, Saina Nehwal, yang meminta ada pembatasan jumlah pemain Tiongkok di tiap turnamen bulu tangkis. Menurut Nehwal, pemain Tiongkok terlalu mendominasi sehingga kesempatan pemain dari negara lain untuk menang menjadi terbatas.

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : bd709jng16
    Jumat, 29 Agustus 2014 13:42:24

    Biar dia (Nehwal) kalahkan saya dulu, baru kami bicara', kata Li usai memenangi laga melawan rekan senegara, Han Li, dengan 21-9, 21-17, pada babak ketiga Kejuaraan Dunia 2014 di Kopenhagen, Kamis (28/8/2014).

    'Walaupun jumlah pemain dikurangi, dia tetap harus mengalahkan pemain Tiongkok untuk merebut gelar. Kami tetap akan menjadi lawannya,' lanjut Li Xuerui yang akan berhadapan dengan Nehwal pada babak perempat final, Jumat (29/8/2014).

    Masalah Saina bukan hanya kami para pemain Tiongkok. Apa dia selalu menang dengan konsisten melawan pemain negara lain? Mungkin dia harus mengalahkan mereka lebih dulu,' tambah pemain peringkat satu dunia ini.

    Sementara itu, pelatih Jepang, Park Joo-bong setuju dengan pernyataan Nehwal.

    Ini pemikiran yang baru, tetapi bagus juga. Beberapa olahraga lain memiliki batasan pemain yang akan berpartisipasi dari tiap negara. BWF selalu memikirkan perubahan. Mungkin ini sesuatu yang harus mereka pertimbangkan,' kata mantan pemain Korea yang kini menangani tim nasional Jepang tersebut.

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : bd709jng16
    Jumat, 29 Agustus 2014 13:44:41

    Bagaimana pendapat BL?

    Silakan berkomentar... *stay cool and stay positive ya*

    Sambil nungguin pertandingan Anggia/Della vs Tian/Zhao

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : a1skhaq
    Jumat, 29 Agustus 2014 13:45:56

    Hahaha dibuat TS jg.
    Ane lg males buat TS dri kmrin.
    Dukung LXR menang biar ngga sombong tuh Saina.

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : a1skhaq
    Jumat, 29 Agustus 2014 13:52:05

    Si Enok ngga konsisten mah gegara Cidera.
    Tine, Camila, Mia, Susi bisa knp yg lain ngga??
    Klo Saina punya kemampuan buktikan jgn cuma koar2 dimedia, makin lama mkin ngga sreg sama doi.

    Klo omongan Cristina yg bilang utk tindak tegas yg *pura2* cidera itu baru WAJIB DITIDAK TEGAS BWF.

    Klo ngga mau liat bendera CHN tuh di kriket ngga ada kan ya CHN?? Hehe

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : bd709jng16
    Jumat, 29 Agustus 2014 13:55:27

    Di Olimpiade mendatang yaitu Rio 2016, memang sudah ada pembatasan pemain, yaitu maksimal 2 pemain untuk setiap negara. Hanya saja untuk Kejuaraan Dunia maksimal hanya 4 pemain.

    Tapi pernyataan Saina menurut saya sebagai bentuk kekhawatiran. Karena sulit untuk mematahkan dominasi China aka Tiongkok. Kalau mau fair dan sportif, Pelatnas India mencetak pemain unggul saja untuk melawan China. Kalau gak salah dulu Saina juga komentar kurang sedap kepada Taufik Hidayat, tapi lupa saat momen apa.

    Kali ini saya dukung Li Xuerui menang dan Wang Shixian juga menang.

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : Gleedenny
    Jumat, 29 Agustus 2014 14:08:51

    Saina ada benar nya,.. Li juga ada benar nya ,.. jdi ..???

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : yusakbum
    Jumat, 29 Agustus 2014 14:15:33

    Hahaha, kenapa Saina khawatir ? Ya karena dia susah menang lawan WS China ._.
    Coba dia menang terus, pasti gak akan keluar kata2 kayak gitu :|
    H2H lawan pemain Chinanya juga gak bagus.
    Sudahlah Saina, mintalah India menambah squad WSnya daripada ngomong gaje gini :/
    Kayak Thailand tuh, diem2 mulai banyak WS yg bagus, walo nggak ada yg stabil -.-
    Wong pemain2 WD juga nggak pada protes sama China. Padahal China lebih dominan di WD daripada di WSnya . Itung aja berapa gelar SS WD yg didapet pemain non China -.- ? Kapan terakhir pemain non China juara Dunia/OG ?

    Toh mau dibatasipun kalo yg dikirim memang bagus ya mereka yg juara lagi.
    Jadi, ambil positifnya ajalah, perbaiki diri dulu, ntar juga China kelabakan sendiri ;)
    *nggak sabar liat siapa yg dibantai nanti wkwkkwkwkwmw

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : ff_ff
    Jumat, 29 Agustus 2014 14:17:45

    Sebenarnya pemain lain mungkin merasakan hal yg sama dg Saina, cuma gak berani ngomong hahaha. Dari dulu Saina termasuk pemain yg paling berani dlm berstatement. Menurut gw ada bagusnya jg. Jwala Gutta jg sering komen yg berbau kontroversi. Ga ada yg slh dgn komen saina dan li. Li jg menjawab dengan cerdas. Begini lah seharusnya, kalo ada yg mengganjal sampaikan. Sebaliknya kalo punya jawaban atas pertanyaan, utarakan. Sejak perang Taufik vs Lin Dan dulu, bulutangkis jd sunyi senyap. Pemain2nya pada sopan2 (atau mungkin takut2) dan kalem bgt. Ga ada berita lain selain berita pertandingan. Senang melihat pemain2 eropa dan india yg berani menyuarakan pendapat.

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : ina-bisa
    Jumat, 29 Agustus 2014 14:19:47

    ini si saina memang super sombong ya.

    merasa sok sudah selangit aja.

    diawali merasa hebat dapet perunggu olympic 2012, padahal jelas2 dapet berkah karena cederanya wang xin, padahal satu point lagi wang xin dapet prunggu, terpeleset gara2 lantai licin, wasit ga ngizinin di pel, kesian wang xin sudah bronze medal point.

    terus dia sama sekali ga menghargai taufik hidayat di liga india, bahkan rekannya jwala gutta mengkritik saina yang merendahkan taufik. jwala bilang taufik tetap legenda, dan tidak bisa diukur dari prestasi dan usia yg sudah menurun.

    terus sekarang, sok mengkritik.

    haduh, saina .. saina. gelar prestisius apa sih yg sudah kamu raih. juara commn games ???

    yang memang benar harus disikapi itu yg menang atau kalah tidak fair itu ...

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : ff_ff
    Jumat, 29 Agustus 2014 14:32:49

    @ina_bisa,
    Maaf nih sebelumnya, gw bukan penggemar Saina, justru lbh senang melihat Li Xuerui. Tp gue ga melihat kalau komentar Saina itu bentuk kesombongan. Kalo dia mengatakan semua pemain Cina bisa gue babat, itu mungkin bisa disebut sombong. Dia hanya mengutarakan apa yg dirasakannya. Faktanya, Saina salah satu dari sedikit pemain yg bisa mendobrak dominasi pemain Cina. Namun mungkin dia lelah setiap abis ketemu cina ini, ketemu lg cina yg lain (yg sudah diatur LYB untuk menghadapinya) haha. Li Xuerui jg berbicara fakta, kalo Saina ingin juara bukan hanya pemain CIna yg harus dikalahkan, tp juga harus konsisten ketemu pemain negara lain.

    Ternyata bukan hanya Saina, Park Joo Bong jg merasakan hal yg sama. Kita tidak boleh lgsg menjudge si ini sombong, arogan, penakut, hanya karena dia berkomentar hal2 yg ga disukainya. Lagipula, kemungkinan besar keluhan Saina ini ga akan digubris BWF. So, nikmati aja perang dingin Saina dan Li Xuerui ini hehehehe

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Jumat, 29 Agustus 2014 14:57:15

    duh,,klo dgn prestasi seperti li xuerui,,memang layak sombong sih ya....makin cinta sm li xuerui....

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : ngakak
    Jumat, 29 Agustus 2014 15:01:47

    wakakakka

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : ngakak
    Jumat, 29 Agustus 2014 15:20:08

    perasaan dominasi bulutangkis China gak kuat2 amat, sektor MD China msh bisa di tembus negara2 lain. coba liat di tenis mejanya. di semua nomor China sangat amat kuat dominasinya (MS, WS, MD, WD, XD). heran dgn statement yg menggelitik dari seorg Saina Nehwal. member2 disini jgn2 udah lupa jg. dulu wkt kejuaraan dunia thn brp gitu (lupa), kan di India wkt itu lg rame2nya soal teroris. tim Inggris batal ikut kejuaraan dunia wkt itu. trus Saina nyeletuk begini : intinya dia bilang, meskipun gak ada pemain Inggris yg tampil, gak akan mempengaruhi kualitas turnamen. pemain Inggris jg gak ada yg bagus. dia ngomong begitu ckckckckck...

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : ngakak
    Jumat, 29 Agustus 2014 15:30:15

    gw baru inget skrng, Saina ngomong sinis ke tim Inggris pas WBC tahun 2009. kebetulan saat itu Hyderabad, India jd tuan rumah. memang wkt itu India lg di guncang teroris di kota Mumbay. ujung2annya semua pemain2 Inggris WDN. klo gak percaya, cek sendiri di TS...

    http://www.tournamentsoftware.com/sport/draws.aspx?id=396051B5-CD7B-4E98-A111-5A927631C0C1

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : ngakak
    Jumat, 29 Agustus 2014 15:48:53

    yg paling miris, baca komengnya Saina yg ini :

    'Lihat saja Ratchanok (Intanon, Thailand). Dia tidak memenangi gelar apa pun setelah Kejuaraan Dunia tahun lalu......

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : bd709jng16
    Jumat, 29 Agustus 2014 16:06:22

    Wow @ngakak cepat tanggap juga ya kalau ada thread berbau Tiongkok.

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : riezall
    Jumat, 29 Agustus 2014 16:10:12

    Sudah lama ga mampir ke forum ini ... ternyata makin seru...mmm untuk pernyataan saina saya dukung 100%, tujuannya untuk smakin memeriahkan pertandingan di seluruh dunia dan tentunya makin serru, karena negara lain pasti makin berlomba2 untuk meramaikan bulutangkis krn persingannya ga terlalu dominasi...lebih setuju ke peraturan olimpiade, setiap negara mengirim 3 pemain, tapi kalau untuk level ssp/ss lebih baik maksimal 4 pemain/pasangan dan untuk level gp/gpg maksimal 6 pemain/pasangan... dan sbaiknya utk stiap pertandingan 28/32 orang aja...kalau 64 drawingnya kbanyakan..jadi pusing...

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : ngakak
    Jumat, 29 Agustus 2014 16:15:04

    memeriahkan pertandingan di seluruh dunia kok salah satu negara justru diminta mengurangi kuota pemainnya. itu bukan memeriahkan namanya. memeriahkan berarti semakin bnyk pemain ya semakin meriah pertandingannya. ada2 aja lo...

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Jumat, 29 Agustus 2014 16:28:41

    gw gak setuju sama statment saina.. gw setuju statment Xuerui...
    emang kalo misal pemain china dikurangi terus pemain negara lain bisa langsung jadi juara,,, tetap saja harus lawan china juga...

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Jumat, 29 Agustus 2014 16:33:54

    #timxuerui

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : ngakak
    Jumat, 29 Agustus 2014 16:37:55

    ternyata abis pertandingan Saina sama Li Xuerui salaman. tp salamannya Saina kyk setengah hati gitu. salamannya cuma asal nempel tangan doang, keliatan banget tadi huhuhu

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : KimSeeHyun
    Jumat, 29 Agustus 2014 17:40:28

    #TeamXuerui

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : a1skhaq
    Jumat, 29 Agustus 2014 17:48:30

    ngga kebalik tuh MD yg bisa tembus??
    sektor MD bukan bisa tembus kaleee.
    tpi CHN aje yg beruntung ada Fu/Cai. dri dulu mah INDONESIA & KOREA yg nguasai MD cuma kecolongan aje pas ada Fu/Cai

    XD&MS jg ngga mendominasi msih gampang di tembus, mereka cuma mendominasi WD&WS saja.

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : onepiece
    Sabtu, 30 Agustus 2014 00:51:41

    IMSO kalo minta dibatasi di event SSP kebawah kurang setuju tuh,, bukannya hal ini dapat memacu para atlet yg laen khususnya junior agar mereka dpt merasakan & mempelajari lawan yg lebih superior. Nah klo yg beginian urusan dapur PBSI negaranya masing2 gimana buat nyetak atlet yg tokcer. Sebagai negara superior bulutangkis, Tiongkok seharusnya beri peluang dgn cara berbagai macam program dan tentunya hrs ada campur tangan BWF misal mengadakan pertukaran atlet contohnya yg masih anget pertukaran atlet korea-indonesia, memberikan kunjungan bagi negara manapun tuk melihat sistem kepelatihan atlet Tiongkok, mengadakan latbar (ex. sebelum wbc Marin latbar Inthanon di Thailand , taun lalu Marin latbar di Thailand & Indonesia). Mungkin dgn begini bulutangkis makin meriah dan seru karena juaranya bukan itu-itu aja.

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : mustfell
    Sabtu, 30 Agustus 2014 18:23:57

    Ya ampun... kapan Wang Xin dapet bronze medal point? Doi kepeleset di point 1-0 set 2

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : mustfell
    Sabtu, 30 Agustus 2014 18:27:05

    Merasakan lawan yang lebih superior maksudnya? Pas latihan atau tanding? Kalau tanding nyariz ngk mungkin! Pemain TOP ngak bakalan main di level bawah (levelnya pemain Jr) dan Jr (khususnya Indonesia) nggk bisa ikut di kejuaraan level tinggi. Kapan bisa ketemunya? Eksibisi?

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : ina-bisa
    Sabtu, 30 Agustus 2014 19:37:22

    @mustfell : oh iya ma'af ternyata baru set 2. tapi set 1 wang xin menang kan. dan yakin ga bakalan menang kok saina kalo wang xin ga terpeleset

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : mustfell
    Sabtu, 30 Agustus 2014 19:40:16

    Permintaan maaf anda diterima #berasa dihormati deh
    Lagian kalo dah bronze point, pasti mati2an tuh WX

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : becak
    Sabtu, 30 Agustus 2014 20:54:49

    Saya menghargai pendapat Saina kerena dia berhak untuk itu, namun saya kurang setuju dengan pembatasan kuota pemain. Jika pembatasan hanya diberlakukan untuk Tiongkok, ini jelas tidak adil. Dan jika kuota tiap negara dibatasi, Olimpiade dan Kejuaraan Dunia akan kehilangan gengsinya, karena SS dan SSP barangkali tidak akan berbeda dengan kedua turnamen tersebut kerena setiap negara pasti akan mengirmkan pemain terbaiknya yang itu-itu saja. Dan bagi pemain junior yang sedang merintis prestasi dengan peringkat di bawah seniornya mungkin akan kesulitan menembus turnamen SS/SSP. Apa yang diraih Tiongkok selama ini tentu saja karena kerja keras, jadi jika ingin merobohkan dominasinya, ya harus usaha ekstra dan kerja lebih keras dari mereka.

    Yang perlu ditindak lanjuti adalah WO mendadak jika bertemu teman senegara. Saya masih menghargai jika pemain senegara yang banyak disebut sebagai main sabun, tapi tetap bertanding di lapangan hingga selesai. Untuk kasus seperti itu, saya masih bisa berasumsi positif bahwa mereka sering bertemu di latihan jadi junior pun bisa mengalahkan seniornya dengan mudah. Tapi untuk WO mendadak, saya kurang bisa menerimanya.

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : mustfell
    Sabtu, 30 Agustus 2014 21:00:59

    Wah neng becak membohongi hati nurani sendiri

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : becak
    Sabtu, 30 Agustus 2014 21:14:12

    Terserah deh, komentar saya terlalu mahal untuk menanggapi komentar-komentar sampah. Dan sebenarnya saya merasa kasihan dengan mental orang-orang yang hanya bisa menanggapi diskusi dengan nada nyinyir dan tidak berbobot sama sekali. Haha.. Piss!!

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : terutama
    Jumat, 05 September 2014 16:55:53

    kemaren ada tanggapan dari li yongbo. menurut li yongbo..saina masih muda jadi wajar aja klo asal njeplak. katanya lg ga perlulah dibatasi jumlah pemain tiap negara. klo emang suatu negara kaya cina bisa ngelolosin banyak pemain ya kenapa nggak. jangan nyalahin cina klo level latihan negara lain ternyata ga sebagus cina

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : mustfell
    Jumat, 05 September 2014 17:14:29

    tapi buktinya ttp ditanggapi, trnyata komentmu tidak semahal yang neng kira haha (tidak meke) piss

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Jumat, 05 September 2014 19:32:31

    pengertian spor·ti·vi·tas (KBBI) : n sikap adil (jujur) thd lawan; sikap bersedia mengakui keunggulan (kekuatan, kebenaran) lawan atau kekalahan (kelemahan, kesalahan) sendiri; kejujuran; kesportifan.

    pengertian spor·tif(KBBI) :a 1 bersifat kesatria, jujur, dsb: jadilah penonton dan pemain yg -- , jangan emosional; 2 tegap; gagah: sosok mereka pd umumnya --;
    ke·spor·tif·an n perihal sportif; kejujuran.

    pengetian Atlet (sering pula dieja sebagai atlet; dari bahasa Yunani: athlos yang berarti kontes) adalah orang yang ikut serta dalam suatu kompetisi olahraga kompetitif.

    com·pe·ti·tion (kmp-tshn)
    n.
    1. The act of competing, as for profit or a prize; rivalry.
    2. A test of skill or ability; a contest: a skating competition.
    3. Rivalry between two or more businesses striving for the same customer or market.
    4. A competitor: The competition has cornered the market.
    5. Ecology The simultaneous demand by two or more organisms for limited environmental resources, such as nutrients, living space, or light.
    The American Heritage® Dictionary of the English Language, Fourth Edition copyright ©2000 by Houghton Mifflin Company. Updated in 2009. Published by Houghton Mifflin Company. All rights reserved.

    so...

  • Re: Saina Nehwal dan Li Xuerui perang urat syaraf?
    Oleh : Denisyah
    Sabtu, 02 Januari 2016 10:44:25

    Saya sependapat juga sama Saina, dan saya ingin tanyakan ke BWF,mengapa RRC hanya mengakui satu negara saja, dengan kata lain tidak mengakui Hongkong dan Taiwan sebagai negara tetapi pada kejuaraan bulutangkis mengapa bisa mewakili China, Taipei, Hongkong?Apakah itu tidak aneh, atau itu strategi China agar bisa banyak mengirimkan wakilnya di kejuaraan Bulutangkis khususnya tapi untuk urusan politik China tidak mengakui delegasi Taipei atau Hongkong, kalau misal ada negara yang mengakui akan di kecam, Tolong segera jelaskan masalah ini, biala perlu sebelum Olimpiade 2016 atau all england!

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


PB Djarum



@portalbulutangkis

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru