Forum > Pelatih Bulutangkis

Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia

Sabtu, 07 Maret 2015 11:13:48
8542 klik -- 29 respon
Oleh : abe2
Versi cetak

Sekedar kritikan untuk PBSI era sekarang ditengah semakin merosotnya prestaasi WS indonesia...

Jika kita lihat kebelakang ketika Ws kita dilatih oleh liang chiu sia dan verawati, ada sedikit harapan dengan meningkatnya prestasi ws kita, mulai dari Linda juara india GPG 2012, masuk QF all england 2013 mengalahkan Wang Yihan, SF Singapore opern 2013 mengalahkan Saina Nehwal lalu Bella yang merebut emas seagames mengalahkan Busanan, siapa pelatih mereka yang duduk di belakang ketika bertanding????

ya dia adalah liang chiu sia, pelatih yang sama yang melatih Susi Susanti...

ketika diwawancarai nampak sekali kedekatan linda dan bela dengan sosok pelatih ini, dengan tingkat kepercayaan diri Ws kita mulai naik.

lalu awal 2014 di pengumuman degradasi dan promosi 2014 tiba tiba nama pelatih Liang Chiu Sia diganti (entah diganti atau mengundurkan diri, CMIIW) dengan alasan prestasi WS kita belum sesuai harapan dan siapa penggantinya?? penggantinya adalah marleve MAINAKY dan Liang chiu sia sama sekali tidak diberi kepercayaan untuk melatih di sektor lain.

link pelatih 2014:
http://badmintonindonesia.org/app/information/newsDetail.aspx?/2444

Setelah setahun bagaimana prestasi WS kita ditangan marleve MAINAKY?? hmmmhhhhhhhhhh jangankan lebih baik dari era liang chiu sia, justru WS kita semakin terpuruk.

awal 2015 marleve di rotasi ke tunggal putra (whatttt padahal sudah terbukti gagal total ditunggal putri) dan diganti dengan Bambang Suprianto.

link: http://olahraga.metrotvnews.com/read/2014/12/30/338513/ini-daftar-skuat-pelatnas-pbsi-2015

terlalu dini memang menilai kinerja bambang apalgi hasil peninggalan marleve MAINAKY yang bisa dibilang mengecewakan, tapi melihat turnament di awal 2015 ini akan sangat sulit minimal menyamai prestasi yang di buat liang chiu sia....

Respon

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : abe2
    Sabtu, 07 Maret 2015 11:14:46

    lanjuttttttttttttttt

    intinya kritikan buat PBSI saat ini..

    1. PBSI sudah berani mengakui kesalahan mereka ketika memanggil Mayrina dan Debora ke pelatnas (mengesampingkan fitriani) dgn langusng mendegradasi mereka dengan jarak 6 bulan dan satu tahun setelah kontroversi pemanggilan memreka, seharusnya tidak sulit untuk memnggil kembali Liang chiu sia demi MASA DEPAN WS INDONESIA........ AYO akui saja kesalahan memberhentikan liang chiu sia dari pelatnas dan diganti dengan adik kandung binpres kita :)

    2. Sebagus apapun DINASTI tidak akan baik bagi suatu negara/organisasi... i have no idea how many MAINAKY IN PBSI RIGHT NOW........

    itu hanya sedikit kritikan dan unek unek ya.... dan jangan bandingkan PBSI era bpk gita dan bpk rexi jika dibandingkan dengan era sebelumnya.. karena jauh lebih bagussssssssss.... hanya saja tidak ada gading yang tak retak :)

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : abe2
    Sabtu, 07 Maret 2015 11:16:51

    lanjut lagi...

    kadang kita terlalu fokus kritik, hujat, hina ke atlit tanpa melihat aspek lain yang membuat mereka sukses.....

    ketika atlet juara, pemain dan pelatih akan mendapat pujian, bonus, penghargaan. dan ketika gagal tidak ada salahnya kritikan dan masukan ditujukan bukan hanya ke atlet saja, tapi pelatih, pengurus dll...

    terimakasih

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Sabtu, 07 Maret 2015 11:17:51

    coba tanyakan pada rumput yang bergoyang saja :)

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Sabtu, 07 Maret 2015 11:55:12

    potong generasi tggal putri.....eneg lihat pemain klemer2

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : perkutut
    Sabtu, 07 Maret 2015 12:58:14

    harusnya liang chiu sia ngelatih junior nya fitriani CS karena mereka msh muda msh bisa di bentuk klo macam linda itu sudah sussah apa lg si fitriani type permainan mirip susi sapa tau bisa bagus

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : prietess
    Sabtu, 07 Maret 2015 13:09:39

    @abe2: Liang Chiu Sia diganti karena dianggap selalu bela anak didiknya.Misalnya Firda/April kalah di R1 atau R2 Korea GP2013 atau Taipei GPG2013 ya,dibelain karena alasan ini itu.

    Apabila kamu ada baca, waktu itu Rexy ngamuk bilang Firda ga pantas dikirim ikut turnamen (Taipei GPG kalau ga salah waktu itu),dia bilang pengiriman pemain ga lewat persetujuan dia or ga diinformasi kan ke dia.

    kalau kamu teliti membaca artikel paruh akhir tahun 2013, sering Rexy bilang 'yang pasti kita akan evaluasi termasuk pelatih, dan pelatih ga boleh selalu belain (ngeles) anak didiknya', artinya selalu alasan ini itu apabila anak didiknya kalah. (bukan alasan kurang kemampuan or sejenisnya)

    jadi yang dimaksud Rexy itu (saya tebak) ya oma Liang. so ya nasib akhirnya tahun 2014 ga dipanggil lagi ngelatih WS dan dikasih ke Marleve.

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : IcliGowata
    Sabtu, 07 Maret 2015 13:13:06

    Oma Liang sdh gak kuat boalk balik ke Pelatnas.
    Apalagi harus perjalanan jauh mendampingi anakdidiknya ke turnament2 luar macam Eropa.
    Itu juga pertimbangan PBSI.

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : riezal
    Sabtu, 07 Maret 2015 13:28:03

    Verawati fajrin aja,,,kliatannya keibuan tapi tegas, jadi anak didik wsnya biar sangar2 ga letoy kaya bella yg minta dikasih poin lawan...wwkwkk...

    jadikan imam tohari kepala platih tunggal biar bagus tunggal indoneaia smuanya

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : QLAL
    Sabtu, 07 Maret 2015 13:39:48

    Panggil MKY aja deh... setidakny utk ngelatih Hana, Fitri, Jorji. Sedang Endang aja ngelatih WD pelatnas. Ngapa tidak buat MKY?

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : snailee
    Sabtu, 07 Maret 2015 13:53:05

    jangan MKY! ngeliat junior2 jarum sektor putri hasil didikanya miris sekali, semua permainannya seragam rally2 dgn stroke lemah. Sebagai pemain MKY sudah tidak diragukan, tapi kalau melatih, masih tanda tanya...

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : QLAL
    Sabtu, 07 Maret 2015 14:00:59

    @Snaile: oo... gitu.

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : onepiece
    Sabtu, 07 Maret 2015 14:46:48

    saya masih setuju ws dipegang marleve dan bambang.

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : arifzai
    Sabtu, 07 Maret 2015 18:13:43

    Kita boleh mengkritik pengurus, pelatih atau pemain. Tapi sebaiknya dihindari dg disarkan pada dugaan yg sama sekali bukan fakta. Hasil buruk ws skrg padti byk penyebabnya dan tidak bijaksana menyalahkan pengurus dg dugaan tindakan subyektif pd pelatih. Sy percaya rexy puunya alasan obyektif untuk mengganti cu shia dg yg lain. Kemampuan cu shia melatih susi era dulu tdk dpt memastikan bhw dia mampu melatih ws skrg dg sama baiknya. Byk faktor berpengaruh spt type permainan bulutangkis yg berbeda, kondisi pemain, kesehatan cu shia sendiri atau mungkin kemampuan adaptasi cu shia terhadap perubahan teknologi.
    Jika marleve n bambang dianggap gagal jg hrs dilihat pentebabnya. Apakah krn model kepelatihan mrk atau jrn bahan yg ada memang sdh susah diubah? Mgkn saat yunior era fitri masuk senior, model kepelatihan mereka cocok krn pemain yg berbeda.
    Dg tanpa meninggalkan sikap kritis, sy percaya rexy punya alasan obyektif mempertahankan marleve n bambang , bukan krna dinasti. Kecuali ada fakta yg tak bisa dibantah bhwa memang ada alasan tertentu (subyektif).

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : arifzai
    Sabtu, 07 Maret 2015 21:01:10

    Yg saya sarankan ke jajaran pengurus dan pelatih adalah agar perubahan pelatih ke pelatih lain atas seorang pemain dibarengi dg informasi akurat atas pemain ybs. Jgn sampai pelatih menangani pemain dg informasi awal yg minim. Sy berharap meski diganti, pelatih lama tetap merasa berkepentingan atas prestasi pemain, jg pelatih baru dg rendah hati mau menerima informasi awal shg dia dg lbh mudah menentukan program pelatihan yg tepat. Meski pemain jg mesti menyesuaikan program pelatih, pelatih pun seharusnya memperhatikan karakter pemain baik di dlm n di luar latihan dan pertandingan.
    Ini berlaku baik untuk pelatih yg diganti krn prestasi yg tak sesuai harapan atau dr pelatih kategori yunior ke senior. Kalau perlu, sgra dibuat sop (kalau blm ada) dan pelatih menandatangani ketentuan u mengikuti sop ini sebelum kontrak ditanda tangani. Pengurus pun berhak memberikan hukuman/ denda jika pelatih tidak mmengindahkan SOP asal sudah dibuat ketentuan sblmnya.

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : arifzai
    Sabtu, 07 Maret 2015 21:09:39

    Maka semua catatan yg dibuat oleh pelatih/ asisten baik selama pertandingan maupun latihan sebaiknya difile secara rapi shg pelatih pun tak susah ketika mendiskusikannya dg pengurus, pelatih lain atau pemain.
    Bisa jd, mengapa china bgtu cepat mengganti pemain dg emain lain yg sama baiknya atau membuat pemain lain mampu membalad rekannya yg kalah dr nwgara lain . itu karena mereka rajin mencatat u menjadi bhn analisis yg handal dan bisa menjadi dokumen penting saat pemain hrs ditangani pelatih yg berbeda.

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : abe2
    Minggu, 08 Maret 2015 07:20:57

    Jika membandingkan dengan kusuksesan era susi memang susah dikarenakan dari SDM nya saja sudah beda...

    namun satu yang pasti walaupun terlalu membela atlet, atau apapun itu dengan SDM (atlet), kepengurusan, fasilitas yang hampir sama liang chiu sia bisa melakukan hal lebih baik dari marleve.

    jika alasanya sudah tidak kuat dan pada saat itu mengundurkan diri masuk akal, namun faktanya ibu liang chiu sia tidak dipanggil kembali yang kesanya gagal padahal disaat WS indonesia sedang mulai berkembang

    jika linda dan bela sudah dianggap mentok mungkin ide melatih junior bisa dicoba, nampaknya perjalanan ke eropa tidak terlalu banyak untuk pemain junior.

    itupun jika ibu liang chiu sia dan pbsi nya mau :)

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : arifzai
    Minggu, 08 Maret 2015 09:27:12

    @abe2, setuju.

    Hanya saja, kita tidak tahu persis apa yg terjadi. Sy sendiri lbh suka menunggu progess yuniornya seandainya sdh dilatih pelatih senior. Jika memang hasil nya sama,keberadaan pelatih sebaiknta ditinjau ulang. Apakah selanjutnya kembali menggunakan pelatih sebelumnya atau kemudian dg pelatih baru, selama berdasarkan pertimbangan obyektif ya ga masalah. Ukurannya ya knaikan prestasi baik prestasi individu maupun beregu

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Minggu, 08 Maret 2015 17:21:56

    Setahu saya ws mulai rangking belasan jaman verawati trus diganti liang....

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Minggu, 08 Maret 2015 17:22:47

    Pas akhir jaman kepeminpinan joko

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Minggu, 08 Maret 2015 17:26:13

    Kayaknya efek kepelatihan verawati deh bisa rangking belasan... bahkan bisa dikatakan rangkin 10 karena saat itu tina baun dah gantung raket saat masih di 10 besar

  • DICARI: WS Indonesia Level SS/SSP
    Oleh : oki94
    Minggu, 08 Maret 2015 23:02:06

    Siapapun formasi pelatihnya, sangat dicari beberapa pemain WS dengan karakter all-out, tidak mudah menyerah, tidak takut berlatih fisik secara berkesinambungan dan melelahkan, tidak bosan mengasah pikirannya untuk meningkatkan intelektualitas, dan tidak kuatir kehabisan waktu senggangnya untuk keluarga dan pribadi.

    Berat?? Sangat berat tentunya...namun untuk mencetak WS sekualitas WS-WS saat ini, memang hal tersebut yang dibutuhkan. Pada intinya, keteguhan hati untuk menjadi berprestasi dan juara. Lihat kasus Carolina Marin. Sebelum ada sosok Carolina Marin, siapa kira-kira mantan pemain/ahli bulutangkis Spanyol yang dapat mencetak pemain sekaliber Marin pada akhirnya, jika bukan karena kekuatan dan kesungguhan hati dari pemain itu sendiri. Masalahnya bukan karena pelatih, namun justru Indonesia memiliki pelatih yang lebih berpengalaman dan bonafide ketimbang, katakanlah Spanyol.

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : semoxxxx
    Senin, 09 Maret 2015 05:31:06

    Marin udah juara Kejuaraan Eropa, AE, dan Kejuaraan Dunia aja nih,, haha... OG, SSF, dan European Games bakal jadi target selanjutnya nih... :D

    dengan juaranya Marin di AE,, merupakan gelar juara SS/SSP pertamanya dan juara AE pertamanya.. congrats... :D

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : terutama
    Senin, 09 Maret 2015 08:32:11

    liang chiu shia melatih sejak era susi susanti,sarwendah, yuni kartika, yuliani sentosa..dan memang sukses besar dia adalah melahirkan pemain legendaris susi susanti yg belum tergantikan sampe sekarang. tapi utk pemain lain bisa dibilang dia gagal. gw ga gitu ngerti badminton..tapi yg gw baca dari komen2 pelatih lain..oma liang terlalu ngarahin semua pemain ikut gaya susi, padahal tiap pemain punya karakter beda. misalnya mia audina waktu itu malah menolak dilatih oma liang..karena ngerasa karakter permainan dia ga cocok dgn latihannya oma liang. mia milih dilatih retno kustiyah. jadi sptnya utk bisa naikin tunggal putri indo gak bisa pukul rata..mesti pelatih yg bisa ngeliat kelebihan masing2 pemain..dan yg penting fisik tunggal putri mesti tahan banting. klo perlu latihannya ama pemain cowo biar powernya kebentuk.

    di era terbaru yg sukses naikin tunggal putri pelatih hendrawan..krn hendrawan pas jadi pemain juga perhatian sama yg namanya latihan fisik. cuma ya gitu kalo emang pemainnya sendiri kurang gizi..ya rawan cedera. spt maria kristin..begitu dapet perunggu langsung cedera lutut parah..mungkin latihannya terlalu keras

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : fildan
    Senin, 09 Maret 2015 13:29:56

    Kalo dari refersni yang saya baca, banyak dari pemain top dulu berasal dari keluarga kurang mapan, artinya, secara motivasi dan fisik sudah terbentuk secara alami, sekrang meski tidak bs di pukul rata, banayk pemain yang kehilanagn fokus karena sibuk dengan fasilitas yg telah dimiliki sebvelumnya...

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : terutama
    Rabu, 11 Maret 2015 15:59:14

    mending cari pelatih dari china..kebanyakan negara yg bisa ngejar china spt denmark, thailand, jepang semua cari pelatih dari china. carolina marin pelatihnya juga dari china. cuma emang kadang pbsi suka gengsi ..masa negara yg top di bulutangkis mesti cari pelatih dari negara laen..tapi buktinya udah di latih sama mantan pemain indonesia malah makin tenggelam

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Rabu, 11 Maret 2015 16:19:44

    Huftt marin yang beberapa hari di cipaung aja bisa menggambil ilmunya nah entu udah bertahun tahun di pelatnas,ibaratnya kalau udah nikah udah bakal punya anak kelas 3 SD,juara turnamen besar aja belum

    Disitu kadang saya merasa terenyuh.

  • Liang Chiu Shia bawa Yulia Yosephin ke QF Singapore Open
    Sabtu, 21 Juli 2018 10:20:59

    Harapan Indonesia untuk meraih medali di nomar tunggal putri putus sudah. Setelah satu-satunya pemain Indonesia Yulia Yosephin Susanto langkahnya terhenti di kejuaraan Singapore Open 2018 HSBC BWF World Tour Super 500. Yulia kalah di babak perempat final oleh Han Yue (Tongkok) pada pertandingan yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium, Jumat (20/7).

    Yulia kalah dalam duel rubber game dalam durasi permainan 61 menit. Meski di game satu, Yulia takluk 11-21. Namun di game dua ia berhasil meraihnya dengan skor tipis 21-19. Sayang di game tiga, Yulia sudah memimpin 14-7. Justru malah kalah dengan skor 14-21.

    “Tidak tahu kenapa, game tiga sudah unggul 14-7 tiba-tiba hilang aja. Seperti susah dapat poin satu aja. Tipikal mainnya lawan dari game pertama itu sama. Hanya ga bisa fokus diakhir-akhir, tahu-tahu tidak bisa main. Lawan itu ulet mainnya, tapi di game tiga dia mainnya lebih fokus. Game dua tadi, saya ga mau kalah aja tadi, tapi di game tiga malah ga bisa main.” Kata Yulia.

    Melihat anak didiknya, bermain kurang optimal di game tiga. Liang Chiu Shia selaku pelatih Yulia berkomentar bahwa mungkin ini baru pertama kali Yulia bermain rubber game dari babak pertama hingga babak perempat final ini.

    Sumber:
    https://badmintonindonesia.org/app/information/newsDetail.aspx?/7233

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : Johantjun
    Sabtu, 21 Juli 2018 12:20:11

    Ini tread sudah tertimbun bertahun-tahun muncul lg

    Oma Liang pelatih bagus.. tapi pada jamannya.
    Seiring waktu dan bertambahnya usia, tentu kemampuan melatihnya akan berkurang digilas perubahan jaman.
    Tapi tetep salut dgn totalitasnya dengan dunia bulutangkis di saat rekan-rekannya sudah minggir, beliau masih setia menjadi pelatih di usia senja.

    Seharusnya Susi Susanti yg saat ini menjadi kepala sekolah PBSI punya kepedulian dgn beliau. dari tangan dingin Oma Liang Chiu Sia lah Susi bisa jadi legenda.
    Kasihan di usia senja masih melatih, mending angkut beliau sbg penasihat atau apalah untuk menghormatinya

  • Re: Liang Chiu Sia Pelatin Ws Indonesia
    Oleh : dennu98
    Sabtu, 21 Juli 2018 12:20:36

    Ga ada istimewanya sama sekali si yulia

    Sangatjauh berbeda dgn ws utama sekarang
    Tinggal nunggu mereka pecah telor dan pede lawan ws top
    Perlu tambahan pelatih dan pelatih fisik
    Serta motivator ulung
    Kalau sudah.ada tuh.motivator mending ganti
    Karena ga bisa buat medioker naik kelas

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru