Forum > Psikologi

Mendesak, Kebutuhan Psikolog dan Penerapan Sport Science di Cipayung

Sabtu, 05 Maret 2016 11:28:00
3123 klik -- 6 respon
Versi cetak

Jakarta - Dibanding China, Indonesia tertinggal dalam saran dan prasarana penunjang pembinaan atlet bulutangkis. Yang dirasa lebih mendesak untuk dibenahi di Indonesia kini adalah soal penerapan sport science dan kebutuhan psikolog.

Prestasi bulutangkis China terus dibanding-bandingkan dengan Indonesia negara karena tersebut tak pernah putus menelurkan atlet berbakat di cabang tepok bulu. Indonesia yang lebih dari satu dekade lalu adalah seteru utama China kini lebih banyak bergelut dengan kegagalan.

Kepala Bindang Pembinaan Prestasi PP PBSI, Rexy Mainaky, menyebut saat ini tidak perlu membandingkan Indonesia dengan negara lain. Daripada membandingkan dengan China, Indonesia diminta fokus memenuhi beragam kebutuhan atlet yang dirasa masih sangat kurang. Apalagi tak sampai setahun lagi Olimpiade 2016 sudah digelar.

Saya belum pernah melihat secara keseluruhan di China seperti apa. Tapi di provinsi mereka yang kotanya kecil saja punya fasilitas gedung bulutangkis itu melebih Istora. Kita punya Istora di Jakarta. Tapi china sudah ada di Istora di kabupaten yang hall-nya sangat bagus. Jadi dari situ saja kita sudah kalah. Makanya kembali lagi saya harus berkomunikasi dengan pak Djoko Pekik (pemerintah), kata Rexy.

Meski terbatas di sana-sini, Indonesia disebutnya masih berlimpah dalam hal talenta yang dimiliki. Sayangnya, talenta saja tidaklah cukup. Dukungan dari pemerintah dalam hal sarana dan prasarana, psikolog, serta sport science menjadi poin penting yang perlu juga diperhatikan oleh pemerintah.

China memang masih mengandalkan yang itu-itu saja. Ya kita sekarang bagaimana? Indonesia itu punya talenta yang besar. Mestinya harus memaksimalkan sport science. Kami sudah bicara dengan Basri untuk bisa memaksimalkan itu, lanjut dia saat ditemui di sela-sela acara detikSport Forum, di Menara Bank Mega, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Respon

  • Re: Mendesak, Kebutuhan Psikolog dan Penerapan Sport Science di Cipayung
    Sabtu, 05 Maret 2016 11:28:41

    Untuk bulutangkis, sport science diakui Rexy masih tertatih-tatih. Belum lagi dihadapkan pada kenyataan psikolog yang terbatas. Padahal idealnya dibutuhkan psikolog untuk masing-masing nomor.

    Belum lagi soal tuntutan medali emas. Untuk menuju target itu kan butuh dengan mental dan situasi sekarang yang bisa memabut mereka nyaman. Nyaman ini bukan berarti apa, tapi nyaman dengan apa yang mereka mau menunjuang potensi mereka. Dan ini bukan hanya bulutangkis saja, tapi semua cabang, tambahnya kemudian.

    Itupun kita perlu beberapa hal yang mendukung untuk membuat mereka nyaman. Pertama biaya, lalu sport science. Kami saja saat ini sport science sangat tertatih-taih. Psikolog untuk Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan saja sangat susah. Dengan kapasitas pelatnas 66 pemain, tetapi kami hanya punya psikolog satu orang saja. Padahal idealnya semua nomor harus punya psikolog, ungkap Rexy.

  • Re: Mendesak, Kebutuhan Psikolog dan Penerapan Sport Science di Cipayung
    Sabtu, 05 Maret 2016 11:28:57

    Seperti Linda Wenifanetri ini perlu. Saya yakin dia perlu bekerja keras untuk mendapatkan hasil di World Champion kemarin. Karena ini menunjang persiapan dari segi fisik, otot mereka. Dan, kita tidak usah bandingkan dengan negara lain. Kita saja dengan sendiri dulu, karena kita saja sudah banyak kekurangannya, tuntasnya.

    Sumber: http://sport.detik.com/read/2015/08/19/183120/2995923/79/mendesak-kebutuhan-psikolog-dan-penerapan-sport-science-di-cipayung

  • Re: Mendesak, Kebutuhan Psikolog dan Penerapan Sport Science di Cipayung
    Sabtu, 05 Maret 2016 11:46:42

    @Kemenpora_RI : Bagaimana pak tentang dukungan kementerian terhadap situasi mendesak di PBSI ini?

  • Re: Mendesak, Kebutuhan Psikolog dan Penerapan Sport Science di Cipayung
    Minggu, 06 Maret 2016 03:19:22

    Ayo Psikolog dong

  • Re: Mendesak, Kebutuhan Psikolog dan Penerapan Sport Science di Cipayung
    Oleh : ipang_bam
    Senin, 07 Maret 2016 11:51:40

    Sangat setuju dgn kebutuhan sportscience dan psikolog saat ini. Karena dunia teknologi olahraga kian berkembang. Contoh saja beberapa brand merk olahraga menciptakan produknya berdasarkan atas data dari sportscience sehingga bisa laris dipasaran. Begitu juga penerapan sportscience di bulutangkis dpt menganalisa players error, false, effective point, weakness dan physicaly condition. Untuk psikologis memang hrs dicari yg tepat, karena blm tentu psikolog gemar atau mahir bermain bulutangkis utk menghasilkan efek yg baik bagi si pemain. Atau sebaiknya para pelatih mendalami psikologi spy lbh tepat sasaran..terima kasih..

  • Mendesak, Kebutuhan Psikolog dan Penerapan Sport Science di Cipayung
    Kamis, 24 Maret 2016 13:38:01

    Untuk mencetak juara dan prestasi, sport science termasuk psikolog menjadi unsur yang tidak terpisahkan untuk diterapkan.

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


PB Djarum



@portalbulutangkis

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru