Forum > Atlet Bulutangkis

Antara atlet, sosmed dan prestasi

Minggu, 04 Juni 2017 21:43:37
2902 klik -- 50 respon
Versi cetak

Pengaruh perkembangan tekhnologi yang semakin cepat dan dinamis sudah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia. Tidak terkecuali dalam perkembangan olahraga bulutangkis. Dahulu sebelum adanya kemajuan tekhnologi, seringkali terjadi konflik antara atlet dan wasit perihal keputusan masuk atau keluarnya shuttlecock dilapangan. Namun sekarang, setidaknya dengan adanya tekhnologi instants review permasalahan tersebut bukan menjadi suatu momok yang menakutkan. Begitu juga dengan perkembangan sport science yang dapat membantu performa atlet agar selalu dapat menjaga kondisi terbaik dari sisi internal dan menganalisa permainan dan kelemahan lawan secara eksternal.

Perkembangan bulutangkis menjadi sebuah industri olahraga yang populer juga semakin gencar dilakukan BWF dan seluruh induk organisasi bulutangkis masing-masing negara, hal ini dapat dilihat dengan semakin banyak negara yang mengemas turnament yang mereka selenggarakan menjadi sebuah sportainment yang menghibur dan memiliki nilai jual.

Pengaruh media juga sedikit membantu perkembangan bulutangkis, jika dulu kita hanya bisa mengetahui rupa wajah, suara dan bentuk permainan atlet-atlet kesayangan kita lewat televisi atau siaran langsung di radio, kini kita bisa dengan mudah mengatahui wajah, suara, video pertandingan bahkan kehidupan pribadi sang atlet lewat internet melalui media sosial, baik youtube, facebook, instagram dsb.

Dengan kemudahanan akses informasi tersebut, tak pelak menjadi sesuatu yang menarik bagi para pecinta bulutangkis untuk dapat semakin mengenal atlet kesayangan mereka. Namun terkadang ekspektasi tinggi yang digantungkan para penggemar kepada sang atlet tidak dapat diimbangi sang atlet dengan jawaban prestasi.

Respon

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Minggu, 04 Juni 2017 21:44:00

    Tidak sedikit atlet yang justru terjerembab dengan star syndrome dan terus menerus merasa nyaman dengan ketenaran yang diperoleh dari sosial media, bukan dari prestasi mereka yang selalu menjadi juara atau minimal naik podium diposisi kedua.

    Mengingat apa yang pernah disampaikan legenda hidup bulutangkis Indonesia, Susi Susanti yang mengatakan pesan dari ayahandanya, bahwa sejatinya sang juara itu hanya satu, dan sang juaralah yang akan diingat masyarakat, namun mungkin hal tersebut tidak berlaku bagi para atlet yang minim prestasi tetapi sudah terjerembab kedalam gelimang fans bak selebritis.

    Mungkin PBSI perlu mengkaji hal ini, minimal memberikan masukan kepada sang atlet agar dapat bijak menggunakan media sosial, karena media seosial jika digunakan dengan baik, dapat menjadi tempat bagi sang atlet untuk membangun image yang baik dan juga menggaet sponsor yang jauh lebih banyak. Bukan hanya dijadikan sebagai ajang pamer, anti kritik, dan bahkan memarahi fans yang sudah jelas bahwa fans juga adalah pemain pendukung atlet diluar lapangan.

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Minggu, 04 Juni 2017 21:44:10


    Contohlah Lee Cong Wei yang menjadi atlet bulutangkis dengan penghasilan dari sponsor terbesar, bagaimana Greysia Polii sangat arif dalam membangun karakterknya melalui instagram, atau Liliyana Natsir yang baru beberapa tahun belakangan ini setelah seluruh prestasi mayor individu berhasil ia dapatkan. Atau bagaimana Saina Nehwal sangat bijak dalam menshare kehidupan pribadinya diinstagram.

    Tentu hal tersebut juga dapat berdampak terhadap mental sang atlet itu sendiri. Bagiamana seorang atlet dapat mengendalikan emosi dan permainan dilapangan dalam kondisi tertekan oleh lawan, jika ternyata ettitude sang atlet diluar lapangan sangatlah tidak baik?

    Semoga seluruh atlet dapat bijak dalam menggunakan sosial media, bukan berarti anda tidak berhak menggunakan sosial media, tetapi yang perlu diingat sang atlet, bahwa ada nama negara didalam setiap nama kalian, sebuah kewajaran jika masyarakat menuntut sang atlet berprestasi. Jadi bijaklah dalam menggunakan sosial media, karena prestasi jauh lebih diidamkan seluruh rakyat Indonesia daripada keeksisan kalian di dunia maya.

    Salam

    Willy Sanjaya
    @peramalmuda

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : kopipanas
    Minggu, 04 Juni 2017 22:07:20

    eksis
    kata kunci

    jd ingat
    bapak siapa gitu

    kalo menang semua senang
    kalo kalah
    gembookkk
    wkwk

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : makratu
    Senin, 05 Juni 2017 04:23:22

    jd inget SC kemaren, ada pemain tampan yg sefie d gold coast macam film baywatch. giliran maen d lapangan mlempem dibabat srikant wkwkwkwkwk

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : exsaBM31
    Senin, 05 Juni 2017 04:47:45

    Suka ??? Respon manja 😂
    Ga suka ? Block ... gembok 😂😂. Siapa kamu coba berasa juara olimpik kali ya ckck

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Senin, 05 Juni 2017 04:53:02

    Diketawain aja ahhh..hahahahhahah
    Ada yg tahu kata2 siapa itu?😂😂😂

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : terutama
    Senin, 05 Juni 2017 08:13:07

    pemain china bukannya pada main sosmed jg , mgkin pemain indo sering update krn latihan jg jarang hehe...coba tuh pemain china update sosmed seperlunya soalnya waktu abis buat latian

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : Chemile
    Senin, 05 Juni 2017 08:20:17

    Bener juga apa kata @terutama pemain kita mungkin rajin update socmed karena banyak waktu luang yang akhirnya mereka gunakan untuk maenin gadget mereka.

    PBSI berani gak ya buat aturan untuk hape pribadi dikumpul dan disimpan pas di asrama, kalau di Cipayung semua harus pakai hape atau telepon punya PBSI. Kalau keluarga nya mau hubungi harus ke Cipayung.

    Terus ada jam malam, jam latihan ditambah. Menurut saya kalau yang gak setuju ya harus out dari pelatnas. Mereka masuk pelatnas kan juga bukannya tanpa fasilitas dan pelayanan yang seadanya. Jadi harus ada konsekuensi juga yang diberikan. Nanti kalau menang di satu kejuaraan baru diberikan reward misalnya jam tertentu bisa update status lewat hape mereka, bisa makan makanan favorit, dsb, dst

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Senin, 05 Juni 2017 09:33:14

    Terserah sih mau main sosmed apapun bentuknya..

    Asal jangan kalau kalah langsung akun di gembok atau kolom komentar di non aktifkan

    Kalau menang akun ig dibuka lebar lebar kemudian sanjungan demi sanjungan di balas satu persatu.

    Giliran kalah kemudian mendapat kritik langsung di block

    Ini tidak mengada ada. Ada lho yg kaya gini. Ada lho pmain Ws dan ms yg raja nya beginian.

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Senin, 05 Juni 2017 09:42:41

    Sulit lah kalau keluarga mau menghubungi harus ke cipayung krena yg di cipayung bukan cuma pemain asal depok atau jabodetabek. Tapi luar jawa .dan tidak semua keluarga pemain pelatnas keluarga berada

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : abc123
    Senin, 05 Juni 2017 09:50:28

    kl gue ya jadi KETUA PBSI (cita-cita yg gagal):

    1. Atlet Pelatnas gue kasi HP gratis. Pulsa gratis.
    2. HPnya HP Nokia yg bisa sms dan telpon aja.
    3. Pulsa 200 ribu deh sebulan .
    4. HP hanya bisa dipakai di saat jam istirahat.
    5. Kalau ada atlet manja dan menantang aturan, TENGGELAMKAN.

    Kalau si Ihsan bilang, Marin aja pake sosmed, yakali Marin udah dapet OG. dan sekarang Marin turun kan prestasinya...

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : IcliGowata
    Senin, 05 Juni 2017 09:59:46

    Liat waktu dan ingat waktu..

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Senin, 05 Juni 2017 10:38:55

    Sudah saatnya lah PBSI mengambil tindakan, tapi agak susah sepertinya, persoalan rangkap pemain aja masih gitu2 aja, gimana mau ngurusin sosmed pemain....
    Atau bila perlu ada bagian khusus di humas pbsi yang pegang akun atlet,,, jadi ada kontrol... (ini sih udah lebay) tapi mau gimana lagi, atlet udah kebentuk pada manja semua

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : dennu98
    Senin, 05 Juni 2017 10:52:57

    Lebih ke pbsi nya yang harus pny aturan ketat

    Harus
    Dan atlet harus patuh.
    Ga boleh engga
    Ngeyel kelaut aja.

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : moemoe
    Senin, 05 Juni 2017 10:53:05

    Social Media adalah sebuah keniscayaan kekinian. Bagi profesional, keberadaannya bisa menjadi media bagi pembangunan reputasi maupun untuk tujuan finansial dengan catatan jika dikelola dengan benar. Untuk personal branding, penggunaan social media bahkan harus diperhitungkan dengan benar termasuk menyiapkan antisipasinya.

    Tak salah juga jika memanfaatkan social media untuk sekadar fun dan membangun sosialisasi di dunia maya. Generasi sekarang, Y dan Z, memang sudah ditasbihkan sebagai generasi digital. Bahkan, kelak bakal menjadi Generasi Internet of Things ketika semua perangkat dari gadget hingga kulkas maupun mobil bisa terkoneksi dengan internet. Perilaku generasi ini sudah pasti akan berubah dan sudah pasti berbeda dengan perilaku generasi sebelumnya. Begitu pun dengan perilaku atlet sekarang jika dibanding atlet zaman pra-digital.

    Berbicara tentang Atlet Bulutangkis Indonesia dan penggunaan social media, rasanya perlu dipastikan lagi apakah sudah dalam taraf mengganggu prestasi atau tidak berkorelasi sama sekali. Jika mereka tetap berlatih dengan keras, memiliki mental yang tangguh, fisik yang prima, dan cerdas dalam membangun strategi di lapangan, saya kira mereka tetap akan berjaya terlepas mereka aktif socmed-an atau tidak. Namun, jika faktor kecil seperti baperan dan kebawa sampai lapangan (ketika mendapatkan cercaan di social media) sampai menyebabkan kekalahan, nah itulah yang harus ditangani. Artinya, atlet belum memiliki mental yang baik.

    Bagi fans, tentulah ini hal yang menyenangkan, bisa mengikuti perkembangan terkini atlet di dalam maupun luar lapangan. Bahkan, sesuatu yang dulu personal dan hampir mustahil untuk diperoleh dari atlet idola kini bisa diketahui oleh fans. Bagi atlet, gunakan social mediamu seefektif mungkin dengan mengindahkan kesopanan (terutama dalam memberikan respon) dan etika bersosial media lainnya agar akun-akun tersebut mampu memberikan manfaat yang optimal.

    Terus berprestasi!

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Senin, 05 Juni 2017 11:11:48

    Waduh, negara kita ne demokrasi cuy..
    Kalo di China ya semuanya serba diatur negara..
    atlet pelatnas itu rata2 sudah diatas 17 tahun..
    Entar dibilang melanggar HAM lagi..
    Saya lihat kesimpulan dari para beel adalah pemain kelas menengah kebawah (jarang juara) tidak boleh pakai sosmed..

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Senin, 05 Juni 2017 11:28:40

    lagi..
    untuk pemain menengah kebawah (jarang juara), kalo mau pake sosmed, harus tahan mental..
    kalo gak tahan, gak usah pake..
    atau di lock aja terus..
    kevin yg juara aja masih di bully apalagi yg gak juara..

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : pradebb
    Senin, 05 Juni 2017 13:21:39

    Iyasih setuju
    Harusnya PBSI punya aturan ketat

    Minimal selama latihan atlet dilarang bawa hp deh

    Heran aja
    Lagi latihan, tapi ada atlet yang bisa bikin story di ig
    Ya kalau latihan ya fokus latihan ajalah
    Ngk penting juga diupdate di ig
    Main hp atau sosmed kan bisa belakangan, selese latihan
    Latihan yang bener, biar prestasi juga bagus
    Huhu

    Dan kalau mau jadi atlet ya memang harus siap mental
    Bukan hal yang baru kalau menang dipuji kalah dikritik atau dihujat bahkan
    Tapi sayangnya atlet indonesia terutama yg masih muda ini mentalnya masih labil, siap nerima pujian tapi kritikkan ngk,
    Padahal Owi Ahsan Kevin dan atlet2 yang sudah ada prestasinya saja masih sering dikritik
    Apalagi kalian..
    Yang juara di level gp/g aja belum
    Udah sok antikritik
    Huhu

    Ya semoga segera berbenah deh
    Manfaatin waktu sebaik mungkin
    Jangan karena masih muda dijadikan alasan
    Karena faktanya sekarang banyak pemain muda negara lain yg sudah bisa bersaing di papan atas

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : dennu98
    Senin, 05 Juni 2017 13:32:40

    Jadi pengen tau peraturan pbsi buat pemain pelatnas..

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : kopipanas
    Senin, 05 Juni 2017 13:53:56

    ada kata2 bijak apa ya
    hari ini dr atlet2 ibu susi
    wkwk

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : abc123
    Senin, 05 Juni 2017 14:03:09

    duh gue udah nonton final apriani/greys ampe 3x...
    apri kalau main XD wuih cetarrrr deh...

    coba deh Praven/Apri.....untuk OG 2020...

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : abc123
    Senin, 05 Juni 2017 14:04:11

    Apri cegat bola depan net monster banget...
    paling 1-2x yg nyangkut..

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : mamadmlg
    Senin, 05 Juni 2017 14:51:47

    tipe apri kalo saya liat agak mirip kevin. suka ngambil jatah pasangan yg kadang2 bikin eror. bagaimana mnrt yg lain

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : dennu98
    Senin, 05 Juni 2017 16:08:54

    Disaat yg lain mentokers
    Apri membawa semangat yang asli atlet sejati

    Semoga ttp membumi dan kerja keras
    Krn kerja keras tdk menghianati hasil..

    Yg kerja keras eksis di sosmed..hasil juga tdk menghianati kan?

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : nippon
    Senin, 05 Juni 2017 16:37:54

    Bususi mulai nunjukin tajinye.

    Minggu depan merupakan turnamen yg terbaik untuk membungkam kalian para beel yg mengkerdilkan nya.

    Belum seagames dimulai kita sudah dibuat ternganga dgn langkah cepat bususi

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : senaraket
    Senin, 05 Juni 2017 18:16:55

    WBC:

    MS: Tommy, Ginting
    WS: -
    MD: Kegid, Angrick, Fajri
    WD: -
    XD: Tolyn, Pradeb

    PBSI Tidak Mengirim Nomor Tunggal dan Ganda Putri ke Kejuaraan Dunia http://detik.id/VpIuoZ

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : senaraket
    Senin, 05 Juni 2017 18:18:53

    Apri, Yulfira, Ardianto ini aset banget untuk rangkap. Okelah Kevin fokus di MD.

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : pradebb
    Senin, 05 Juni 2017 18:34:36

    Yuhu sesuai keinginan, walaupun berharapnya Fajar/Rian dan Ginting juga ke SG
    Tapi ngk masalah lah

    Semangat untuk semua wakil Indonesia di WBC dan SG nantinya
    Semoga meraih hasil maksimal

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : mas_enzi
    Senin, 05 Juni 2017 19:00:03

    Kapan ya kira kira skuad sea games di umumkan penasaran siapa saja yang akan di turunkan baik di perseorangan ataupun di beregu
    Kalau tunggal putra sepertinya tidak jauh dari nama jonatan dan ihsan sedangkan tunggal putri fitri dan gregoria

    mungkin yang agak susah di ganda putri, hampir semua pasangan memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda.

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Senin, 05 Juni 2017 19:21:11

    eh fajri kok ikut ya?
    padahal lagi kurang oke..
    sayang berhar rankingnya tidak mencukupi..
    wah, greysia turun kasta nih..

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : senaraket
    Senin, 05 Juni 2017 19:37:49

    yg paling susah xd jika nggak ada bantuan sektor lain dan tampaknya mustahil misal Tiara, Yulfira, Apri ke XD

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : pradebb
    Senin, 05 Juni 2017 20:14:21

    Indonesia Open tayang dimana ya? Kompas atau Trasn7?

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : kopipanas
    Senin, 05 Juni 2017 20:49:05

    gloria ma melati
    sepertinya zona aman ke sg
    jembatan menuju og 2020
    sukses ya

    #feelingaja
    #ikutpola

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : senaraket
    Senin, 05 Juni 2017 20:57:06

    BL udah muak banget Pak.

    Tuntutan Menpora kepada PBSI: Berbenah! http://detik.id/VzF9xu

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : senaraket
    Senin, 05 Juni 2017 20:57:45

    Trans7 mulai R2/Kamis

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : pradebb
    Senin, 05 Juni 2017 22:24:39

    terimakasih senaraket

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : Natunaku
    Senin, 05 Juni 2017 22:45:36

    Ketuanya ngga ikut dipanggil yah?
    Enak beud.. Ngurusin kaga, kalo gagal Ibu Susy deui...

    Kemain ketuanya ngasih komentar setelah evaluasi aja ngaco.. hadehh

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : beko
    Selasa, 06 Juni 2017 02:36:26

    Baru baca berita detik.com dari bu susi yang katanya mau rangkapin pemain. Positifnya Apri bakal diangkut ke Sea Games dan dicarikan pemain terbaik, mantap, semoga turun 2 nomor.

    Yang disayangkan itu tim XD masih edi/glo, alfian/annisa, ronald/melati. Haduh persaingan XD di ASEAN udah ga seempuk dulu bu. Sekarang pesaing dari thailand, singapore, malaysia, semuanya udah jago jago.

    Mungkin pelatih XD lebih fokus ke kejuaraan dunia karena hasilnya lebih menguntungkan terutama dari segi bonus, you know lah lumbung bonus ke WBC semua

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : Yassjunior
    Selasa, 06 Juni 2017 03:14:58

    Seneng dengarnya kalo memang mau dirangkapin ditunggu realisasinya....

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : dennu98
    Selasa, 06 Juni 2017 04:36:06

    Pdhal lumbung bonus bisa didapat lebih.banyak
    Jika lebih banyak pemain yg jadi juara
    Sayangnya susah terealisasi krn sptnya
    dari klub raksasa yg tdk mau pemainnya dipasang
    Dgn pemain lain..
    Berjuang untuk negara kok pikirannya sempit gtu..

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : abc123
    Selasa, 06 Juni 2017 07:38:52

    ginting wjarlah ikut WBC....

    fajri juga ikut WBC ajah...daripada ikut SEA GAMES kalah nyesek nanti...
    bagusan fajri kalah di WBC aja lebih ikhlas wwkwkwkwkwkwkw....

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : senaraket
    Selasa, 06 Juni 2017 13:34:25

    untuk sementara, Apriani belum masuk jadi skuad Sea Games.

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : Yassjunior
    Selasa, 06 Juni 2017 13:41:22

    Dilema banget emang ngirim atlet ke sea games ato wbc pengen ke wbc tapi ngak terima liat thailand ato malaysia berjaya di sea games kan kita dah langganan juara umum, tapi kalo kirim ke wbc mang bisa bersaing ... persaingan paling cuman si kevin gideon sama angrick, buat
    tolyn heheh makasih sebenarnya tapi kecepatan amat sangat menurun ketemu PM lincah gawat heheh,
    pradeb kalo performa kaya di SC bisa bersaing banget tapi kalo kayak yang biasa yah ngak lah ( susah ) menurut kesotoyan saya sih yah praven mainyya kan mood moodan ketularan dah tuh si debby instingnya jadi agak tumpul
    Fajri, masih susah ini mah sekedar menyulitkan #pengalaman
    Tommy, ngak usah dipertanyakan asli papan tengah dia mah semoga bisa tampil lebih
    Anthony, si rising star, tapi kan baru sekali doang itupun posisinya pertim ditambah indonesia kejepit posisinya mungkin jadi semngat, intinnya masih bersaing tapi untuk papan atas.... kemungkinan ada tapi tidak begitu besar

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : Yassjunior
    Selasa, 06 Juni 2017 13:43:34

    Tapi skuad yang segitu dah paling oke setuju ngak usah ngirim WS ama WD, sea games aja susah apalagi wbc

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : abc123
    Selasa, 06 Juni 2017 14:01:52

    @senaraket: info dari mana apri gak ikut SEA GAMES?

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : senaraket
    Selasa, 06 Juni 2017 14:10:31

    Antara, semoga masih bisa berubah ya. XD nyerah deh jika mereka yg dikirim

    http://m.antaranews.com/berita/633392/pbsi-terus-rotasi-pasangan-ganda#.WTYx8Phg9R8.twitter

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : Yassjunior
    Selasa, 06 Juni 2017 14:22:31

    Sorry ini yang bego saya kali yak ?? Beritanya bilang akan menurunkan pasangan rotasi tapi yang disebut pasangan yang telah ada sejak dahulu kala ---- XD

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Selasa, 06 Juni 2017 20:07:40

    Sepakat sama diatas. Ngomongnya pasangan rotasi kok malah nongol pasangan mentoh menahun. Apa Bu Susi lupa siapa aja pasangan XD Pelatnas ?. #Oppsssss

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : ikram_rd
    Selasa, 06 Juni 2017 23:02:12

    Ini info dari mana lagi??
    memangnya iya itu intervensi klub raksasa??
    ato cma dugaan saja?
    -----
    Oleh : dennu98
    Selasa, 06 Juni 2017 04:36:06
    Pdhal lumbung bonus bisa didapat lebih.banyak
    Jika lebih banyak pemain yg jadi juara
    Sayangnya susah terealisasi krn sptnya
    dari klub raksasa yg tdk mau pemainnya dipasang
    Dgn pemain lain..
    Berjuang untuk negara kok pikirannya sempit gtu..

    - See more at: http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=diskusi&op=viewdisk&did=15734#sthash.eeexaZQn.dpuf

  • Re: Antara atlet, sosmed dan prestasi
    Oleh : exsaBM31
    Kamis, 08 Juni 2017 02:28:01

    Benul sekali... baru ngeh rotasi nya pemaini yang udah lama mentas. Mana rotasi nya bu ? #dramaibususy 😂😂. Anyway, buka detik yaa disitu glow dibikin artikel ttg target. ANEHNYA lagi2 dia bilang ga dipasang target khusus di BIOPSS 2017. Wajarkah? Atlet yang seharusnya udah berprestasi diusiannya malah ngomong ga dikasih target. Gimana mau jadi penerus xd Indonesia coba ? Target aja ga ada #miris

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Audisi Umum Bulutangkis




BWF World Junior Championships 2017

Seeded Entries
Players
Draws
Matches
Visual LiveScore
Website

DANISA Denmark Open 2017

Seeded Entries
Players
Draws
Matches
Visual LiveScore
Website

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru