Forum > Atlet Bulutangkis

Masa Depan Talenta Junior

Sabtu, 07 Oktober 2017 07:21:17
1902 klik -- 17 respon
Oleh : petebakar
Versi cetak

Pecinta bulutangkis Indonesia sempat dihebohkan oleh postingan Ratchanok Intanon di media social Instagram. Dalam postingan tersebut, Intanon menampilan sisi sebelah kanan podium Junior World Championship yang menampakkan dirinya, Carolina Marin dan Nozomi Okuhara tanpa ada Elyzabeth Purwaningtyas, finalis dari Indonesia. Dalam captionnya, kurang lebih Intanon mengatakan bahwa mereka adalah podium juara junior yang bertransformasi menjadi juara dunia senior.
(bersambung ke kolom comment)

Cerita tentang Elyzabeth jamak terjadi, bukan hanya di Indonesia. Di Malaysia ada nama Zulfadli Zulkilfi yang bahkan sempat menjadi juara dunia junior dengan mengalahkan juara bertahan saat itu yang juga juara senior saat ini, Viktor Axelsen.Sistem pembinaan sempat menjadi bulan-bulanan pecinta bulutangkis sebagai biang keladi dari ketidakmunculan Elyzabeth di level senior.

Bukan hanya di dunia bulutangkis, di cabang olahraga lainpun mengalami hal serupa dan mendapatkan pertanyaan yang sama. Dalam berbagai penelitian untuk olahraga tenis, belum didapatkan hubungan antara talenta di masa usia junior dengan superioritas di level senior. Kesimpulan umum yang dirangkum adalah bahwa talenta di usia junior hanyalah indikasi kesuksesan, bukan kesuksesan pertama yang akan belanjut secara berkesinambungan sampai level senior.

Respon

  • Re: Masa Depan Talenta Junior
    Oleh : petebakar
    Sabtu, 07 Oktober 2017 07:21:31

    lanjutan artikel

    Penelitian di cabang sepakbola yang dilakukan oleh Øystein Røynesdal dari Norwegian School of Sport Sciences menyebutkan bahwa selain memiliki talenta, ada 6 faktor lain sehingga talenta junior bisa sukses di level senior yakni kemampuan beradaptasi, kesadaran berlatih, tingkat ketahanan untuk survive, kecapakan komunikasi yang peka terhadap kebutuhan tim tempat berlatih serta dipengaruhi juga oleh bagaimana hubungan antara club masa junior dengan tim di masa seniornya.

    Apabila dihubungkan antara 6 faktor tersebut dengan dengan apa yang dialami Elyzabeth, tentu saja 5 faktor pertama hanya Elyzabeth dan pelatih serta pengurus yang mengetahuinya. Sedang untuk Zulfadli setidaknya factor terakhir sama-sama kita ketahui bersama bahwa Zulfadli tidak memilih untuk bergabung dengan tim nasional dan memilih mandiri untuk memulai karir seniornya.

  • Re: Masa Depan Talenta Junior
    Oleh : senaraket
    Sabtu, 07 Oktober 2017 11:40:04

    yg ganda harus ada rangkap dan bimbingan senior.

    zhang nan di china ssp main sama anak ajc 2017.

    shin seung chan sama lee yu rim
    chae sama baek ha na.

  • Re: Masa Depan Talenta Junior
    Oleh : ANK
    Sabtu, 07 Oktober 2017 14:13:50

    Emg mnarik lhat persaingan k depan antara chanok, sindhu, okuhara, tai tzu, akane dan marin dan mungkin juga bingjiao ato yufei semua masih muda. Marin boleh paling tua tp sebagai pemain eropa blum tentu juga marin yg paling dulu pensiun d antara pemain2 tsb

  • Re: Masa Depan Talenta Junior
    Sabtu, 07 Oktober 2017 14:44:55

    Persaingan WS banyak diisi anak ajaib susahlah buat WS Indonesia untuk bersaing dengan stock ws yg sekarang. China aja terseok2, padahal China terkenal dengan gudang WS handal yg permainannya kayak Robot, smash keras dan pergerakannya cepat.

    Kalau di Bulutangkis, kebanyakan pemain2 yg sukses di level senior sekarang pas juniornya emang udah bagus. Di WS sekarang ranking sepuluh besarnya minimal udah juara AJC. MS juga si Axelsen peringkat satu dunia sekarang ,juara WJC. MD si Kevin runner up WJC, Tiang sutet juara WJC. Cuma di WD yg suka ada kejutan dari pemain Jepang, yg tiba2 bagus aja. Inget banget pernah nonton fukuman/Kurumi di Super Liga, dulu permainannya biasa banget kayak pemain kelas sirnas sekarang udah bisa bersaing, Koharu/Yonemoto juga dulu permainannya medioker sekarang udah peringkat 8 besar dunia aja.

  • Re: Masa Depan Talenta Junior
    Oleh : ANK
    Sabtu, 07 Oktober 2017 20:04:05

    Liu Xuanxuan pasangan baru zhang nan di XD

  • Re: Masa Depan Talenta Junior
    Oleh : supet
    Sabtu, 07 Oktober 2017 21:09:00

    Gila gila chen bakal fokus main wd aja mulai dari china ssp kesananya
    Di macau gpg zheng siwei/huang yaqiong , lu kai/tang jinhua , huang dongping /jia yifanAda kombinasi maut junior CHN jg di China SSP: Zhang Nan/Liu Xuanxuan, Lu Kai/Tan Qiang
    Juga ada Dechapol/Puttita

  • Re: Masa Depan Talenta Junior
    Oleh : ANK
    Sabtu, 07 Oktober 2017 21:24:08

    Kasian zhang nan

  • Re: Masa Depan Talenta Junior
    Oleh : Adeandre
    Sabtu, 07 Oktober 2017 22:19:11

    Sapaire masih cedera yah padahal sapaire sangat lincah tuh kalu Puttita yah agak mirip Gloria emanuela

  • Re: Masa Depan Talenta Junior
    Oleh : nippon
    Minggu, 08 Oktober 2017 09:57:40

    Itu kata siape siwei sama yaqiong mau dipatenkan dan Chen juga kan fokus di WD????

    Kalau China kan emg udah biasa pemain nya di rolling

  • Re: Masa Depan Talenta Junior
    Oleh : chico_aura
    Minggu, 08 Oktober 2017 12:37:49

    Setelah ngga dikirm di Indonesia IC, bayu jg ngga ada di list pemain di Macau GP. Padahal firman, panji, krisna pada dikirim....

    Apa ini tanda2 bayu bakal out ya taun depan dari pelatnas?

  • Re: Masa Depan Talenta Junior
    Oleh : chemile
    Minggu, 08 Oktober 2017 16:33:05

    Chicco Aura juga gak dikirim, padahal Silver WJC. Prestasinya memang juga gak tlalu mengkilap selepas WJC, meski dah di pelatnas. Apa Chicco harus diakselerasi ke Hendry ya? Soalnya kalau postur sih mumpuni. Sayang, jangan sampe nasib nya bakal sama dgn Ocoy

  • Re: Masa Depan Talenta Junior
    Oleh : chico_aura
    Minggu, 08 Oktober 2017 16:37:52

    @chemile Jangan kan chico, panji n firman yang diatasnya aja ngga ditanganin coach hendri

  • Re: Masa Depan Talenta Junior
    Oleh : chemile
    Minggu, 08 Oktober 2017 21:20:43

    Kalau gitu berarti pelatih tunggal kurang ya... Solusinya ada dua, tambah pelatih atau mengeluarkan sebagian pemain yang ada di pelatnas saat ini sehingga pas, jadi hanya mereka yang bener2 siap jadi jawara aja yang bisa di pelatnas. Kalau yang masih setengah mateng di bina di klub aja. Gak berarti kalau di klub jelek kan, buktinya Jepang banyak yang bagus karena klub nya juga bagus.

  • Re: Masa Depan Talenta Junior
    Oleh : senaraket
    Minggu, 08 Oktober 2017 22:31:14

    Bayu setelah kakaknya berkomentar pedas tentang masalah SEA Games, emang agak nggak enak jadinya.

    Chico termasuk lambat mungkin belum prioritas. Kebalap jauh sama Lee Zii Jia yg benar-benar dipersiapkan sebagai MS terdepan MAS setelah seniornya di bawah LCW belum memuaskan.

  • Re: Masa Depan Talenta Junior
    Senin, 09 Oktober 2017 08:32:19

    selamat pagi teman2 semua & salam olahraga!. semoga teman2 disini selalu dalam keadan sehat wal afiat.

    melihat adanya bongkar pasang di tubuh tim bulutangkis Cina bukanlah hal yg baru & mengejutkan. metode seperti ini, menurut saya, akan bagus bagi tumbuh kembang para pemain, terutama bagi pemain2 muda. kita patut waspada karena bagaimana pun mereka dibongkar pasang atau diputar2 sedemikian rupa, pada dasarnya mereka tetaplah pemain yg tangguh yg sudah dilatih & ditempa.

    jika kita mencoba mengira2 apa alasan yg ada dibalik tim bulutangkis Cina berani membongkar pasang pemain, terutama 3 pemain terbaik XDnya, saya memiliki satu hal yg tiba2 muncul di pikiran saya. Zheng Siwei/Chen Qingchen, Lu Kai/Huang Yaqiong, Zhang Nan/Li Yunhui memang masih menghuni 10 besar & selalu bergantian masuk ke babak semifinal atau final sebuah kejuaraan tetapi ada suasana berbeda yg terjadi terutama di waktu2 terakhir ini. mereka mulai sering dikalahkan lawan, terutama Zheng Siwei/Chen Qingchen yang 2x dipecundangi oleh Owi/Liliyana di final 2 event penting.

  • Re: Masa Depan Talenta Junior
    Senin, 09 Oktober 2017 08:33:03

    melihat hasil ini, tentu mereka mulai merasa ketar ketir dengan kekuatan mereka. seperti yg kita tau bahwa Cina terkenal dengan tembok besarnya yg merupakan simbol dari kekuatan & kerja keras mereka. meski seorang Li Yongbo sudah tak lagi hadir di pelatnas mereka, atmosfir di dalamnya masih tetap sama yaitu menginginkan kekuatan yg tangguh & merata di setiap sisinya. terlepas dari ada atau tidaknya tujuan untuk mematenkan mereka yg baru dipasangkan, sebenarnya mereka sedang mencari opsi tambahan sebagai peluru cadangan jika seandainya suatu hari nanti terjadi sesuatu yg tidak diinginkan atau kondisi darurat bagi tim bulutangkis mereka.

    sebenarnya tidak ada salahnya jika Indonesia sesekali mencoba metode seperti ini. mereka (Cina) yg secara kemampuan saja tidak malu untuk mencobanya, kita yg sering berada di bawah mereka saja kenapa terlalu malu untuk mencoba?. katakanlah secara skill atau bakat alam kita memang berada di urutan teratas, tapi apa gunanya jika hal itu tidak cukup untuk membuat seorang pemain bermental & berkemampuan layaknya seorang juara?.

  • Re: Masa Depan Talenta Junior
    Senin, 09 Oktober 2017 08:33:19

    seperti yang dituliskan oleh @petebakar (tulisan & kutipan artikel yg bagus sekali) ...bahwa selain memiliki talenta, ada 6 faktor lain sehingga talenta junior bisa sukses di level senior yakni kemampuan beradaptasi, kesadaran berlatih, tingkat ketahanan untuk survive, kecakapan komunikasi yang peka terhadap kebutuhan tim tempat berlatih serta dipengaruhi juga oleh bagaimana hubungan antara club masa junior dengan tim di masa seniornya..... kita bisa lihat bahwa kemampuan adaptasi, tingkat ketahanan & kecakapan komunikasi menjadi salah satu faktor kesuksesan seorang pemain. meski hal2 seperti ini bisa ditempuh dgn cara lain, namun menurut saya salah satu cara yg paling ampuh & langsung terlihat efeknya adalah dgn metode bongkar pasang ini.

    metode bongkar pasang ini sangat membantu meningkatkan fleksibilitas pemain dari segala sisi, baik itu dalam permainan, komunikasi, taktik, psikologis maupun kondisi fisik tubuh pemain itu sendiri. seperti seorang desainer yg harus mengikuti trend yg sedang in atau sesuai dgn perkembangan zaman agar bisa tetap eksis & terus bertahan di dunia fashion. begitu juga dgn para pemain. mereka harus bisa mengikuti & menyesuaikan diri dgn segala kondisi, baik itu di dalam & luar lapangan serta dgn siapapun & apapun lawan yg dihadapi untuk mereka bisa terus & tetap sukses.

    tetap semangat wahai para pejuang tepok bulu Indonesia. kami sang pencinta bulutangkis masih & akan tetap selalu mendukung kalian yang berusaha & bekerja keras membawa harum nama negara. Fighting!!!.

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Audisi Umum Bulutangkis




Tahoe China Open 2017

Seeded Entries
Players
Draws
Matches
Visual LiveScore

Malaysia International Challenge 2017

Seeded Entries
Players
Draws
Matches
Visual LiveScore
Website

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru