Forum / Populer

Pengaturan hasil pertandingan dalam olahraga bulutangkis

Rabu, 29 Juni 2011 13:39:02
1609 klik -- 6 respon
Oleh : shiwen
Versi cetak

Dalam olahraga bulutangkis tidak lepas juga dari pengaturan hasil pertandingan apabila 2 pemain/pasangan dari satu negara saling berhadapan, atau pura-pura kalah WO dengan alasan sakit utk menaikkan peringkat rekannya, atau mengalah di set kedua apabila set pertama sudah kalah dari rekan senegaranya (supaya rekannya lebih bugar melawan pemain luar negaranya). Negara yang paling sering melakukannya tentu saja China, lewat kepala pelatihnya, Li Yongbo. Apa pendapat kalian mengenai pengaturan hasil pertandingan ? Pertandingan mana saja yang hasilnya sudah diatur ? Berikut beberapa contohnya, kalau ada yang lain mohon ditambah :
1. Di semifinal Olimpiade Sydney 2000, Ye Zhaoying disuruh mengalah dari Gong Zhichao, karena di final akan berhadapan dengan Camilla Martin. Dari H2H, Gong lebih banyak menang dari Camilla. Seperti yang kita tahu, Gong meraih emas.

2. Di semifinal Olimpiade Athena 2004, Zhou Mi disuruh mengalah dari Zhang Ning di set kedua setelah Zhang unggul set pertama dari Zhou Mi, supaya Zhang Ning tidak terkuras tenaganya dan lebih bugar ketika melawan Mia Audina di final, dan Zhang Ning berhasil raih emas.

3. Yang paling ketahuan banget yaitu WD fenomenal Ge Fei/Gu Jun disuruh mengalah di penyisihan grup World Grand Prix Finals 1997 pada WD juniornya, Qian Hong/Liu Lu supaya Qian/Liu bisa lolos ke semifinal, dan akhirnya Qian/Liu lolos ke semifinal dan yang jadi korbannya WD INA, Deyana Lomban/Indarti Issolina. Bayangkan Ge/Gu yang jarang sekali kalah tiba2 kalah dari WD lapis 2 China.

Indonesia juga pernah melakukannya di jamannya Rudi Hartono dkk

Respon

  • Re: Pengaturan hasil pertandingan dalam olahraga bulutangkis
    Oleh : shiwen
    Rabu, 29 Juni 2011 14:02:01

    4. WD China, Yang Wei/Zhang Jiewen, mengalah dari Gao Ling/Huang Sui di set kedua dengan skor 5-15 pada perempat final Kejuaraan Dunia 2003, setelah set pertama kalah 11-15 dalam waktu 45 menit. Set kedua hanya berlangsung 11 menit.
    5. Yang terbaru tentu saja Lin Dan yang kalah WO dari Chen Jin di final Singapura Super Series 2011 dengan alasan sakit supaya Chen Jin dapat banyak poin menuju Olimpiade 2012

  • Re: Pengaturan hasil pertandingan dalam olahraga bulutangkis
    Oleh : fansmu
    Rabu, 29 Juni 2011 14:04:11

    kalo ga salah liem swie king pernah disuruh mengalah saat final all england 1976 lawan rudi hartono, supaya rudi hartono bisa menjadi juara AE untuk ke 8x nya...

  • Re: Pengaturan hasil pertandingan dalam olahraga bulutangkis
    Oleh : kinciray
    Rabu, 29 Juni 2011 16:42:55

    'mengalah' bisa mencederai sportifitas dalam olahraga,biarkan saja yang kuat yang menang gak peduli di babak berikutnya dia lawan siapa kek...

    Saya bisa ngebayangin gimana perasaan si atlit yang berambisi untuk merebut emas,eh malah disuruh mengalah..padahal khan siapa tahu atlet yang disuruh mengalah itu bisa menang dan belum tentu juga atlet yang dimenangkan bisa mulus di babak berikutnya.

  • Re: Pengaturan hasil pertandingan dalam olahraga bulutangkis
    Rabu, 29 Juni 2011 16:46:27

    Memang tindakan seperti ini sangat mencederai sportifitas yg dibangun oleh seluruh insan olahraga. namun, agaknya tindakan yg dilakukan china yg kebetulan memiliki kemampuan utk melakukan hal tsb, rasanya terlihat lebih kearah strategi bukan bermaksud tidak sportif.

    Isu mengenai pengaturan hasil skor kemungkinan lebih cocok diarahkan kepada pertandingan yg dilakukan oleh beda club atau beda negara sehingga menciptakan konspirasi atau tindakan main mata. seperti yg biasa dilakukan di olahraga sepakbola ketika suatu pertandingan dilakukan di hari dan jam yg sama untuk menghindari pengaturan skor/hasil. di bulutangkis juga sdh ada kok peraturan sprti ini khususnya di kejuaraan2 antar negara sprti Thomas/Uber atau sudirman cup.

    Misal nya saat Thomas cup 2008 yg ada kesan Korea bermain safe dan memilih menjadi runner up grup utk menghindari China di partai SF dan lebih memilih indonesia sbagi lawan nya. krna tindakn itu, BWF mengubah aturan main di kejuaraan tsb.

    Mungkin contoh diatas lah yg bisa kita sebut sbagai pengaturan score pertandingan. bukan yg antara sesama pemain china. klo yg antara sesama china sih kayak lebih kearah strategi. meskipun kebaca nya jd strategi gak sportif...hehe

  • Re: Pengaturan hasil pertandingan dalam olahraga bulutangkis
    Oleh : Oemboe
    Rabu, 29 Juni 2011 18:34:13

    PBSI sendiri juga pernah melakukan bulutangkis gajah dlm perebutan piala thomas & uber(lupa tahunnya) agar terhindar dr pertemuan dg china di semifinal. Pada pertandingan akhir group susunan pemain dibolak balik gak karuan, pemain ganda dipasang d tunggal dan pemain tunggal dimainkan di ganda.... hasilnya? sudah pasti tim indonesia kalah telak 5-0.

  • Re: Pengaturan hasil pertandingan dalam olahraga bulutangkis
    Oleh : nonong
    Kamis, 30 Juni 2011 13:42:12

    Strategi atau taktik dalam dunia olahraga menurut saya sah² saja selama tidak melanggar aturan² yang telah ditentukan dan disepakati bersama. Mengalah ataupun kalah disengaja jika merupakan bagian dari strategi, tidak ada larangan yang mengatur hal ini meskipun tindakan tersebut terkesan kurang 'elegan', tetapi bagi pihak yang lemah strategi atau taktik bisa menjadi jalan keluar untuk mencapai babak selanjutnya.

    Contoh riil turnamen antar RT dikampungku, selama ini RTku(rt-04) belum pernah menang jika ketemu RT-01 karena kemampuan mereka merata sementara RTku masih gendong²an untuk partai gandanya. Kemudian dibuat strategi pada partai ganda kedua dipasang 'martir' sementara mereka(rt-01) ganda kedua adalah pasangan terkuat. Untungnya mereka tidak tahu strategi yg kami terapkan dan tetap pada formasi yg sudah². Akhirnya kami menang 3-2 atas RT-01 dan akan maju final pada tgl 10 Juli nanti ketemu RT-08.
    Seandainya kami tidak melakukan apa yg dinamakan 'strategi', mustahil kami maju ke final.

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


PB Djarum


Djarum Sirnas 2014

FZ FORZA


Candra Wijaya

We care!

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru