Forum > Psikologi

I lost my badminton passion

Kamis, 12 April 2012 11:04:42
3925 klik -- 18 respon
Oleh : yeogi89
Versi cetak

Hai guys, mw minta saran nih. Tapi sebelumnya mw ngasih gambaran dlu...
Skrg kan lgi aktif maen badminton nih, partner nya bagus-bagus (imbang dan merata lah). Sampe2 klo kita latihan tuh kyak yg lagi kompetisi aja. Nah awal2 sih ckup seneng lah dgn kondisi ini soalnya bisa meningkatkan kemampuan.

Sampe akhirnya suatu hari aku mulai ngerasa jenuh, bosan, dan ngerasa aku tuh dah g bsa lagi ngimbangin mereka2 dlam arti lain permainan aku stuck/stagnan/g berkembang. Dan sering jga aku menyalahkan mreka karena permainan mreka nggak setipe dgn aku (aku g mrasa cocok dgn permainan mereka tpi mreka selalu memaksakan pola mreka sama aku). Yang akhirnya, permainan aku kacau, g fokus, g semangat, dan ujung-ujungnya kalah.

Nah mnurut teman-teman, apa sih yg hrus aku lakukan? Apa ini gejala aku i lost my passion dlam bermain badminton? Saran dan kritik nya temans, sangat dibutuhkan

Respon

  • Re: I lost my badminton passion
    Oleh : sdkwannabe
    Senin, 01 Januari 2001 22:57:15

    ?

  • Re: I lost my badminton passion
    Oleh : nonong
    Kamis, 12 April 2012 11:35:41

    Main ganda memang tidak semudah main tunggal, karena ada konsensus yg harus dipahami bersama. Kalau salah satu partner ada yg lemah biasanya disuruh jaga depan net saja, tetapi kadang hal ini membuat partner merasa diremehkan.
    Ada lagi karakter yg suka mendomonasi, bola kemana saja dikejar seolah main sendiri tanpa partner. Hal ini juga membuat partner merasa tidak nyaman karena pasti akan banyak terjadi kesalahpahaman, bahkan raket sampai benturan.

    Kalau anda merasa sebagai pihak yg diremehkan, mungkin karena kekurangtahuan anda tentang bagaimana konsensus bermain ganda. Bagaimana rotasi/reposisi harus dilakukan, menempatkan posisi saat menyerang/bertahan, dll. Atau jika anda sebagai pihak yg mendominasi, sadarilah bahwa ada teman main yg tidak hanya sebagai penonton ditengah lapangan, tetapi harus dijadikan partner dan berbagi tugas dalam mengalahkan lawan.

    Apapun posisi anda sekarang, sebaiknya lebih banyak belajar teknik/cara/strategi bermain ganda. Untuk itu bertanyalah kepada orang yg anda anggap lebih 'advance' dari anda.
    Salam bulutangkis.

  • Re: I lost my badminton passion
    Oleh : kilman
    Kamis, 12 April 2012 11:39:03

    Ganti temen mainnya aja Bro, kalau lawan dan teman main yang sama melulu kan jadi jenuh juga karena sdh ketahuan kemampuan temen-temen kita. Saya juga ngrasain begitu, tapi dengan gonta ganti temen main (nebeng klub sana sini) kita jadi gak jenuh lagi. Coba aja bro.

  • Re: I lost my badminton passion
    Kamis, 12 April 2012 11:59:02

    wah kalo aku malah seneng jika kemampuan lawanku seimbang ato malah lebih hebat.

    aku sih memang dulunya sering suruh di jaga depan saat maen ama bapak2. karna mungkin aku yg lebih kecil dan dulu juga masih ecek-ecek maenya.
    tapi semua ujung2nya berbuah berkah kok. karna aku sekarang lebih jago net2 silang.
    dan karna sering di jadikan sasaran smass, akhirnya aku jd pemain yang memiliki pertahanan oke.

    @yogie : so jangan jadi anak manja dong. semua ada tantangannya. nikmatin dan jadkan pelecut lebih baik.

  • Re: I lost my badminton passion
    Oleh : yeogi89
    Kamis, 12 April 2012 12:50:41

    Wah, jdulnya diganti ya? Thanks ya kyaknya itu judul yg tepat :D

    @nonong : dlu aku sering maen di depan jdi pemain dpan, kata temen2 serobotan/intercept aku ckup bagus. Nah tpi kan mulai terbaca tuh permainanku jadi mulai mencoba maen di belakang. Selain itu jga, aku lgi belajar buat jdi all around player (di semua posisi ttep bisa gtu, g cma d dpan aja :D) Ttg rotasi/reposisi, so far sih aku ckup paham. Cma kdang suka kesel sama pemain yg agak mendominasi. Dya lincah emg ke sana ke mari ngejar bola. Tpi justru itu yg membuat aku bingung buat nentuin posisi aku misal hrusnya itu bola aku, tpi diambil akhirnya aku out of position dan mati di aku. Dan partnerku itu malah kayak nyuruh2 eh harusnya kamu ke sini pas aku gini dsb.... Aku pikir, lho bukannya dya yg malah posisinya tuh bikin nggak jelas. Dri situ kdang suka nggak semangat lgi maennya. Gmana ya solusinya?

    @kilman : patut dicoba tuh usulannya, thanks ya ^_^

    @rumput_liar : aku jga seneng kok temen2 aku imbang ato di atas aku. Aku jga pemain dpan cma net silangnya g terlalu oke hehehe.... Aku sih nggak manja, cma pengen denger aja gmana cara/solusi menghilangkan sikap aku yg merasa g cocok sma partner biar bisa maen pro :D

    Oya, all gmana jga caranya utk menyampaikan ke partner ttg perasaan kita pas maen misal dlam situasi sperti ini, poin lwan sering dihasilkan krena kesalahan kita tpi kesalahan itu krena berasal dri pengembalian partner yg tanggung dan dya malah kyak marah atau nyalahin kita karena kalah? Advices please,,,,

  • Re: I lost my badminton passion
    Oleh : aldotambun
    Kamis, 12 April 2012 13:02:42

    kalo aku sih lihat tipe permainan lawannya,..kalo lawan suka bermain net dan bola-bola silang di depan biasanya salah satu nunggu di depan satu tukang gebuk di belakang.Tapi kalo lawannya bermain bola tinggi langsung smash atau main lob ke belakang,biasanya gunakan strategi setengah lapangan.Jadi itu biasanya melihat situasi spesialis patner kita main dan tipe lawan kita bermain.Kalo lawan kita masih baru pertama kali bertemu,kita ikuti aja dulu 1 set atau mungkin 1/2 set baru kita diskusikan strategi dgn patner ganda kita mengantisipasinya.Semoga sukses...

  • Re: I lost my badminton passion
    Oleh : admin
    Kamis, 12 April 2012 13:15:41

    @yeogi89
    Maaf ya, kalau judulnya diganti. Judul awal terlalu umum, lalu kita coba ganti sesuai dengan isi threadnya, ternyata ada kalimat demikian. Ya, semoga gak kecewa ya, biar diskusinya tambah menarik dan teman-teman lain bisa share pengalaman bulutangkisnya. tq :))

  • Re: I lost my badminton passion
    Oleh : draw
    Kamis, 12 April 2012 13:48:21

    Kalau saya mah yang namanya main ganda harus ada koordinasi,saling isi,dan kudu menyesuaikan dengan pasangan kita, jadi jangan sampai memaksakan kehendak masing2. Kalo pilih main cara kompetisi, ya harus yg benar benar klop (kayak Rexy/Ricky misalnya). Nah, kalo pasangan kita kurang bagus ato sebaliknya saat kompetisi, anggap aja bukan kompetisi tapi sekedar stretching or fun or get fresh or happy happy yg penting sehat or utk tambah pengalaman saja.
    Nah kalo my type, bisa kompetisi bisa juga enjoy karena kalo main dikantor biasanya semakin larut malem semakin banyak pocari-annya, tentunya dengan pasangan yg seimbang dan seirama.Sy setujuh dengan @aldotambun

  • Re: I lost my badminton passion
    Oleh : safinxin
    Kamis, 12 April 2012 14:13:45

    dalam sebuah permainan ganda biasa terjadi yang namnya miss komunikasi karena bermain dalam satu lapangan dnegan dua isi kepala yang berbeda2 artinya dalam permainan ganda pengertian dalam pola bermain itu sangat penting artinya sebagai pasangan ganda kita harus tahu bagaiman menempatkan bola kapan bola harus di smash, lob, netting, dropshoot artinya setiap bola yang kita pukul ketika mampu dikembalikan oleh lawan partner kita juga udah siap menerima bola dari lawan tersebut sebagai contoh...posisi sedang asik mnyerang yang mana teman kita berfikir kita akan mnyerang terus eh tiba2 dropshoot n ternyata bola mampu dikembaklikan lawan dan partner kita tidak siap karena dia berfikir bola serang ternyta drop artinya posisinya sdah salah.

    kemudian pengaruh emosional ketika teman kita bermain dengan emosional kita harus lebih tenang supaya permainan tetap on th track..

    dan yang paling penting adalah komuniksi strategi apa yang diperlukan untuk mngalahkan setiap lawan yang sedang kita hadapi...

  • Re: I lost my badminton passion
    Oleh : yeogi89
    Kamis, 12 April 2012 14:17:25

    @admin : gpp, judulnya malah lebih tepat yang baru,,,, Makasih ya min :D

    @aldotambun dan draw : setuju sama draw, klo bkan kompetisi ya buat pemanasan atau latihan atau fun aja. Tpi kdang partner kita tuh suka sedikit ambisi utk selalu menang. Akhirnya boleh dibilang apapun caranya yg penting menang. Nah klo prinsip aku kan maen tuh g penting menang atau kalah yg penting tuh permainan kita berkembang dan kita enjoy palagi aku bru belajar posisi. Itu gmana sebaiknya diomongin ke partner nya?

  • Re: I lost my badminton passion
    Oleh : draw
    Kamis, 12 April 2012 17:15:04

    Yaaah...memang agak sungkan juga omongya kalo skill partner kurang mendukung tapi hasil akhir maunya menang.
    Untuk @yeogi89 mungkin ini bisa membantu dengan cara yg biasa sy lakukan.Sy biasa pertajam dan kontrol sendiri teknik,gaya/cara bermain,power saya saat terima bola dari lawan dan mengembalikan bola sesuai apa yg sy inginkan (intuisi dan pikiran berperan disini). Kalo pas pengembalian bolanya apalagi membuat lawan mati langkah, itu artinya teknik,gerakan,power dan pikiran sy telah terlatih dan bukan partner kita yg terlatih.
    Sesekali sy mengarahkan partner sy, tapi tdk mendikte.
    Kalah menang soal biasa, tapi kalo mainnya ada hadiah uang tunai yg GUEDEEEE, jawabannya HARUS MENAAANGGGG. Lumayan buat nambah belanja RT...hehehe....

    All the best

  • Re: I lost my badminton passion
    Oleh : jhontutok
    Jumat, 13 April 2012 22:46:10

    Gabung maen ama kita aja bro........

  • Re: I lost my badminton passion
    Oleh : yeogi89
    Senin, 16 April 2012 07:17:43

    @jhontutok : wah, maen dimana tuh? jangan2 pda master semua.... :)

  • Re: I lost my badminton passion
    Oleh : jamaldisa
    Senin, 06 Agustus 2012 09:50:54

    w jga pernah ngalamin hal serupa broo...partner maen gandanya suka bergerak semau sendiri ataupun salah taktik...yah intinya mah harus sering maen bareng partner
    dan harus sabar jika bermain rally jika ada peluang baru serang bertubi2 hehe

  • Re: I lost my badminton passion
    Sabtu, 19 Desember 2015 12:42:05

    Klo ane sih biasanya, ngikutin permainan partner..
    Jadi penyeimbang partner gan..
    Klo partner ane aktif enak ga cape hehe..
    Klo ganda rotasi dan saling menutup antar patner jd klo pubya temen yg nganggap kaya main single ga masalah kita cukup menyesuaikan aja klo ane..

  • Re: I lost my badminton passion
    Oleh : teguh85
    Sabtu, 19 Desember 2015 13:39:24

    First of all, you are not alone :), bahkan aku pernah share di forum ini bahwa aku pengen masuk PB supaya bisa mengasah kemampuan.

    Yang saya rasa saat saya bermain dengan lawan yang skill nya jauh dari saya dan partner saya, saya dan partner saya itu dibuat *tertekan* sehingga sering ngasih bola lob ke lawan atau sering off-position, pokoknya lawan bisa dapet poin dengan 2 atau 3 kali pukulan.

    Yang paling asyik adalah kalau kita punya temen main yang mempunyai skill di atas temen2 yang lain.

    Contohnya gini, ada 6 orang ,yaitu saya dan si A yang kemampuannya biasa aja, lalu ada si B, C, D yang kemamampuannya di atas saya dan si A, lalu ada si E yang kemampuannya di atas B,C,D.

    Nah, saat saya kalah terus lawan B,C,D maka saya sangat senang saat si E menawarkan bantuan untuk ber-partner dengan saya, karena saya pernah partneran dengan E dan bisa menang lawan B/C, B/D, C/D.

    Lalu saat bermain dengan E itu, posisi paling favorit adalah depan net dan mid-court lalu lawan ngasih bola enak di depan net, jadi tinggal di smash atau serobot. Kondisi yang kurang saya sukai adalah ditarik ke belakang karena suka off-position dan pukulannya tidak berbahaya bagi lawan sehingga malah lawan ngasih pengembalian bola yang susah.

    At last, tetep semangat badminton (berolahraga) ya bro :)


    Oleh : yeogi89
    Kamis, 12 April 2012 14:17:25

    @admin : gpp, judulnya malah lebih tepat yang baru,,,, Makasih ya min :D

    @aldotambun dan draw : setuju sama draw, klo bkan kompetisi ya buat pemanasan atau latihan atau fun aja. Tpi kdang partner kita tuh suka sedikit ambisi utk selalu menang. Akhirnya boleh dibilang apapun caranya yg penting menang. Nah klo prinsip aku kan maen tuh g penting menang atau kalah yg penting tuh permainan kita berkembang dan kita enjoy palagi aku bru belajar posisi. Itu gmana sebaiknya diomongin ke partner nya?
    - See more at: http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=diskusi&op=viewdisk&did=9427#sthash.KHsM7ORv.dpuf

  • Re: I lost my badminton passion
    Minggu, 20 Desember 2015 00:02:23

    Klo ane sih biasanya, ngikutin permainan partner..
    Jadi penyeimbang partner gan..
    Klo partner ane aktif enak ga cape hehe..
    Klo ganda rotasi dan saling menutup antar patner jd klo pubya temen yg nganggap kaya main single ga masalah kita cukup menyesuaikan aja klo ane..

  • Re: I lost my badminton passion
    Minggu, 20 Desember 2015 00:03:17

    Klo ane sih biasanya, ngikutin permainan partner..
    Jadi penyeimbang partner gan..
    Klo partner ane aktif enak ga cape hehe..
    Klo ganda rotasi dan saling menutup antar patner jd klo pubya temen yg nganggap kaya main single ga masalah kita cukup menyesuaikan aja klo ane..

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


PB Djarum



@portalbulutangkis

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru