Forum / Kejuaraan Internasional

Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012

Kamis, 02 Agustus 2012 12:25:09
2259 klik -- 20 respon
Versi cetak

Sekedar pendapat pribadi, tetapi saya ingin diskusikan dengan teman-teman di sini.

Diantara keempat pasangan yang didiskualifikasikan itu, menurut saya ada satu pasangan sebetulnya tidak perlu didiskualifikasi, yaitu pasangan Korea di Group A, Jung/Kim. Mengapa?

Karena Jung/Kim hanya terbawa permainan Wang/Yu yang banyak melakukan kesalahan sengaja. Saya melihat pertandingan, full-match di youtube, Jung/Kim terlihat bingung di lapangan dan akhirnya ikut-ikutan bermain tidak serius.

Secara naluri, seorang atlit selalu ingin memberikan perlawanan terhadap lawannya. Jika Wang/Yu berusaha kalah, wajar jika Si Jung/Kim ini melawan untuk tidak memberikan kekalahan itu secara mudah. Wajar juga jika mereka menjadi penasaran karena bola mereka yang tanggung kok gak di-smash dan dimatikan oleh Wang/Yu, wajar pula apabila mereka terdorong untuk memberikan bola yang lebih tanggung lagi untuk melihat apa yang akan dilakukan oleh Wang/Yu.... begitu seterusnya.

Dlihat dari perspektif NIAT, juga tidak ada alasan bagi Jung/Kim untuk mengalah, sementara ketiga pasangan lain punya alasan itu.

Wang/Yu mengalah demi untuk menghindari ketemu pasangan sesama China, Tian/Zhao, sebelum final.
Semetara Grey/Mel dan Ha/Kim mengalah demi menghindari Wang/Yu di QF.

Lalu apa alasan Jung/Kim untuk mengalah?

Saya pribadi kasihan terhadap Jung/Kim ini.
Mereka masih muda, bingung, terbawa arus, dan akhirnya jadi korban.

Respon

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Oleh : ngakak
    Kamis, 02 Agustus 2012 12:31:37

    SEHARUSNYA mizuki fujii/reika kakiiwa yg gantiin eun jung kyung/ha na kim. mungkin emang udah rejekinya mizuki/kakiiwa dpt medali di OG london 2012, wakakakaka...

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Oleh : koradd
    Kamis, 02 Agustus 2012 12:34:55

    Lalu apa alasan Jung/Kim untuk mengalah?

    Tentu saja ada.
    dengan mereka mengalah, Jung Kyung Eun/Kim Ha Na akan terhindar dari Pool yang ada DUA WD China jika mereka kalah.

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Oleh : cosmolize
    Kamis, 02 Agustus 2012 12:43:37

    setuju sama @roy , kalo diliat emang mereka ga ada kesalahan apa2, bahkan waktu dilapangan sj mereka kebingungan liat lawannya yg berkelakuan aneh,, bener2 cina bikin jengkel, bukan krn indonesia jg kena tp lebih karena jung/kim yang kena imbas tanpa sebab,,,
    kalo grey/mel sm ha/kim mah wajar karena mereka cemen semua,,,

    tapi tetep thanks to grey/mel n ha/kim,, kedok cina jadi kebongkar :)

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Kamis, 02 Agustus 2012 12:45:12

    @Koradd: coba anda lihat lagi drawing pertandingan.

    Simulasikan jika diskualifikasi ini tidak ada (sebab saat Jung/Kim main mereka toh tidak tahu bakal ada kejadian ini).

    Andai Jung/Kim menang lawan Wang/Yu, maka mereka akan bertemu runner-up Group C, (pasangan yang kalah dari match between Ha/Kim vs Grey/Mei). Secara statistik, Ha/Kim lebih berpeluang untuk juara, so, Jung/Kim justru berkepentingan untuk menang melawan Wang/Yu untuk menghindari pertemuan dengan Ha/Kim di QF.

    Anda masih melihat alasan Jung/Kim untuk kalah?

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Oleh : riz_a3
    Kamis, 02 Agustus 2012 12:58:48

    intinya bwf memang jauh labih bodoh dan teman2 buldoc jauh lebih pintar dari bwf yang udas bisa meprediksikan skandal ini.. BWF seharusnya perlu dituntut juga atas kebodohannya yang telah memberikan peluang atas kejadian ini semua dengan sistem kompetisi bodohnya yang tidak belajar dari pengalaman.. merekalah yang mewadahi ini semua..
    toh, bwf cuma minta maaf sudah selesai.. seharusnya para pemain juga minta maaf aja, perkara udah selesai juga...
    saya setuju dengan lin dan,, bwf udah tahu china picik, tapi masih aja diwadahi.. dasar bwf TOLOL.

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Oleh : casper
    Kamis, 02 Agustus 2012 13:28:32

    Jung/KimHaNa mengalah agar di SF bebas dari WD China. krn akan beda pool dgn Tian/Yunle dan Wang/Yuyang(juara grup A)

    kalau Jung/Kim menang lawan Wang/Yuyang, di qf bakalan lawan (greymel atau Ha/Kim), klo menang QF maka di SF lawan TianQing/Yunlei (ini yg dihindari oleh Wang/Yuyang dan Jung/Kim makanya sama2 ingin kalah)

    Kalau Jung/Kim kalah lawan Wang/Yuyang di qf bakalan lawan (greymel atau Ha/Kim), di SF berarti bebas CHina. krn Wang/Yuyang dan TianQing/Yunlei udah di pool yg sama.

    berarti, pemenang grup A bakalan bertemu Tian/Yunlei di SF. kalau Jung/KimHaNA runner up grup A, tentu Wang/Yuyang jadi juara grup A dan bertemu Tian/Yunlei di SF.

    jadi, Alasan KimHana mengalah agar bebas dari WD China di SF. tp pertanyaannya, bisakah mereka melewati GreyMel dan Ha/Kim di QF. yg paling diharapkan oleh KimHaNa tuh dia menjadi RunnerUp, trus GreyMel menang lawan Ha/Kim.

    BETUL GAK????

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Oleh : casper
    Kamis, 02 Agustus 2012 13:51:02

    pasangan yg satu grup (misalnya Jung/KIM dan Wang Xioli) hanya bisa bertemu kembali di Final.
    Pemenang grup A akan bertemu Tian/Yunle di SF jika bisa mengalahkan GreymEL atau Ha/Kim di QF).
    Runner up grup A, kalau menang lawan GreymEL atau Ha/Kim di QF, di SF bertemu Denmark/Jepang.

    Jadi jalan yg lebih enak memang menjadi runner-up grup A, Makanya KimHana jg pengen kalah sebenarnya.

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Oleh : windaFR
    Kamis, 02 Agustus 2012 13:52:21

    yang kurang jeli ya BWF harusnya waktu pertandingan Wang/Yu sdh didiskualifikasi sehga tdk merembet ke pertandingan yang lain.berarti yg bdoh memang BWF gak bisa lhat akal2an dari China sejak awal.korbannya jdi korea dan Indonesia

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Kamis, 02 Agustus 2012 14:21:49

    Setuju dengan WindaFr,kalau pengen disebut bersikap tegas.Seharusnya sejak awal pertandingan Yu Yang, sudah didiskualifikasi.Apabila Yu Yang didiskualif,digantikan rank 3 digrupnya(Korea rank 1), maka digrup C akan berlomba-lomba untuk menjadi juara grup. Itu pun akan diikuti oleh grup-grup lain...Dasar Kau(???) telah mengubur mimpi-mimpi kami, yang telah kami perjuangkan.
    Walaupun membawa luka,saya yakin ini akan membawa ketengangan di event-event penting beberapa negara...,seperti korea.

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Oleh : ngakak
    Kamis, 02 Agustus 2012 14:28:24

    maksudnya siapa nih 'Dasar Kau(???) telah mengubur mimpi-mimpi kami, yang telah kami perjuangkan' hahahahha

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Oleh : windaFR
    Kamis, 02 Agustus 2012 14:31:35

    @shinici_kido yup betul,brarti memang org2 yg di BWF gak berkompeten sama skali mengamati pertandingan,ujung2nya pemain lain jadi korban dri permainan licik China.saran saya Indonesia dan korea boikot aja kalau ada pertandingan yg diadakan di China,karena memang China biang keroknya.saya rasa semua pemain dunia sdh tahu kebusukan China hanya saja yg dilakukan waktu olimpiade ini sangat parah banget,percuma China menjadi negara terkuat bulutangkis tapi dg cara2 licik.

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Oleh : melvindo
    Kamis, 02 Agustus 2012 14:39:34

    Coba saat pertandingan Wang/Yu vs Jung/Kim lansgung keduanya didiskualifikasi dan digantikan pasangan Rusia dan Canada,

    Pasti Greymel dan Ha/Kim berebut jadi juara grup,karena kalo jadi runner-up berpeluang bertemu Tian/Zhao di SF

    Kata Gail Emms,sebenernya waktu Tian/Zhao kalah dari Denmark,para manajer tim udah khawatir dan bilang ke BWF,tapi gak ada tanggapan..

    BWF gimana ini?
    Masa sama sekali gak ada pertimbangan bakal kejadian kayak gini?

    Boleh aja sih formatnya grup gini,
    tapi lebih baik kalau lolos ke QF diundi ulang,kayak Thomas Uber Cup kan...
    Masa BWF ga belajar dari Thomas 2008? Udah kebobolan,diperbaiki,eh kebobolan lagi di lobang yang berbeda...

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Oleh : riz_a3
    Kamis, 02 Agustus 2012 14:49:24

    @melvindo: stuju,, berarti bodohnya bwf emang udah kelewatan,, udah diperingatkan ga digubris... waktu pertandingan wang/yu vs kim/jung juga seharusnya bwf sudah tegas.. ini malah gak ada reaksi yang jelas. dasar bwf lelet... siapa2 ja sih penghuninya? perlu direformasi kayaknya bwf...

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Oleh : melvindo
    Kamis, 02 Agustus 2012 14:54:22

    Berarti bukan cuma PBSI ya yang harus direvolusi,tapi BWFnya aja harus direvolusi...ckckck...

    Apa bener katanya Bulutangkis jadi terancam ga ditandingin di 2016 gara kejadian ini???
    Kalo bener,luar biasa banget pengaruh kekalahan Tian/Zhao dari Christinna/Kamilla...


  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Oleh : ngakak
    Kamis, 02 Agustus 2012 15:03:36

    bukan di OG 2016. klo OG 2016 bulutangkis msh aman, tp nanti setelah OG 2016 IOC akan mempertimbangkan cabang bulutangkis utk di pertandingkan di OG 2020. nah OG 2020 tuh yg harap2 cemas bulutangkis msh di pertandingkan atau gak ?

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Oleh : Oemboe
    Kamis, 02 Agustus 2012 15:04:40

    Bayangkan saja selama mengikuti turnamen2 dlm rangka perburuan point olimpiade dr 99 partai yg mempertemukan sesama pemain china, 20 partai diwarnai pengunduran diri dg alasan cedera.... ckckck... tapi BWF tidak ada reaksi apa2.....
    baru setelah di olimpiade krn takut mendapt sorotan IOC baru BWF bereaksi....

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Oleh : eunice
    Kamis, 02 Agustus 2012 15:21:01

    China nyogok BWF kali, padahal tanpa drama WO yg sering terjadi saat China ketemu China jg gue yakin China masih bisa juara malah lebih rame kan kalo lawan di finalnya non-China, selain dpt gelar jg menghibur penonton

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Oleh : Ina_Junior
    Kamis, 02 Agustus 2012 15:51:48

    ternyata BWF = PELATNAs



    wkwkwk

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Oleh : Meydee
    Kamis, 02 Agustus 2012 18:21:15

    @Casper

    Saudara Casper gak lihat video nya ya antara WXL/YY vs Jung/Kim

    Jung/Kim itu sebenarnya mau main normal, tp karna Cina mainnya gitu ya mereka jadi bingung.
    Lht aja pelatih KOREA yg sdikit protes sama wasit knpa China mainnya gitu.

    Keterangan yg lebih jelas silahkan baca di judul n isi threadnya

  • Re: Skandal Bulutangkis Olimpiade 2012
    Oleh : moemoe
    Kamis, 02 Agustus 2012 20:47:20

    Tidak sportif dalam pertandingan olah raga jelas menjadi luka yang parah karena nyata menciderai sportivitas yang menjadi jiwa dalam setiap pertandingan olahraga.

    Terlepas dari China yang telah menjadi inspirator, namun semua pihak yang pada akhirnya mengamini budaya tidak terpuji harus bertanggungjawab. Siapapun dan dari negara manapun yang melalukan - termasuk jika itu benar dilakukan oleh INDONESIA, harus dengan besar hati meminta maaf secara terbuka dan pihak-pihak yang terlibat harus bertanggungjawab. Ini adalah kejadian yang memalukan yang tidak kalah rendah derajadnya dengan skandal doping dan kecurangan-kecurangan lainnya. Yang melakukan tidak sekedar menyatakan kesedihan namun juga harus menyatakan penyesalan. Jika ini adalah hasil sebuah instruksi,maka sebagus apapun para instruktur tersebut sebaiknya silam saja dari dunia sportivitas. :(

Respon Anda?

To write a response, you have to login first


PB Djarum

Candra Wijaya

BrondongTua Community

We care!

World Championships 2014


Seeded Entries
Players
Draws
Matches

Coca-Cola Astec Indonesia International Challenge 2014

Seeded Entries
Players
Draws
Matches

Forum Diskusi

Top Klik - Top Respon

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru