Bulutangkis.comBerita > Berita
Sementara 6 Wakil di Babak Dua
Oleh : admin Rabu, 17 Juli 2019 00:40:00
Hadir di Istora Senayan, duduk di antara eforia penonton membuat saya merasa seakan-akan kembali ke beberapa tahun yang lalu ketika berpartisipasi meliput dan menulis tentang Malaysia Open, semasa saya kuliah di Kuala Lumpur. Tadi di media center saya bertemu sahabat dari media lainnya, juga ''Si Kocak'' Edwin Leung dan beberapa fotografer lain yang sempat aku kenal saat di Kuala Lumpur.
Sukses pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/ Marcus Fernaldi Gideon meraih kemenangan untuk sementara Indonesia mengantongi 6 tiket babak dua Blibli Indonesia Open 2019. Hari kedua (Rabu, 17/7) arena Istora Senayan, Jakarta, masih melanjutkan laga babak pertama.

Selain Kevin/Marcus, lima tiket babak dua lainnya dikantongi oleh Tiara Rosalia Nuraidah/ Nadya Melati, Greysia Polii/ Apriyani Rahayu, Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Gregoria Mariska Tunjung.

Tak berhasil menonton ajang bergengsi seri HSBC BWF World Tour Super 1000 berhadiah total USD 1,250,000, sedari pagi di Istora. Namun, suguhan menarik jagoan Indonesia di ganda putra, Kevin/Marcus, masih dapat saya tonton.

Hadir di Istora Senayan, duduk di antara eforia penonton membuat saya merasa seakan-akan kembali ke beberapa tahun yang lalu ketika berpartisipasi meliput dan menulis tentang Malaysia Open, semasa saya kuliah di Kuala Lumpur. Tadi di media center saya bertemu sahabat dari media lainnya, juga ''Si Kocak'' Edwin Leung dan beberapa fotografer lain yang sempat aku kenal saat di Kuala Lumpur.

Teriakan penonton semakin ramai manakala the most wanted match diumumkan segera digelar. Laga ''The minions'' Kevin/Markus berhadapan dengan ganda Jepang, Takuto Inoue/ Yuki Kaneko. Ini laga ketujuh buat kedua pasangan. Kevin/Marcus tak sekalipun menuai kekalahan. Terakhir bertemu di Malaysia Open 2019, Kevin/Marcus menang dua game langsung 21-8 dan 21-19.

Game pertama kedua psangan memainkan pola permainan yang cepat dimana mereka saling berbalas balasan drive dan sesekali melakukan penempatan bola yang menyulitkan lawan. Saling kejar mengejar angka terjadi di set pertama ini dan membuat jantung para penonton berdegup kencang, sekencang suara terikan seluruh Istora.

Ketatnya perolehan angka sampai sampai pada posisi 19-19 terjadi suatu duel epic dimana bola bergulir di net masuk ke area pasangan Indonesia, dan dengan kelihaian seorang Kevin, ia masih mampu mengembalikan bola yang bergulir itu dengan netting yang mulus dan menggulirkan bola itu ke area lapangan lawan. Sontak seluruh penonton berdecak kagum pada kemampuan tersebut. Namun ternyata di game pertama pasangan Indonesia harusengakui keunggulan duet Takuto/Yuki dengan skor 20-22.

Memasuki game kedua, pasangan Indonesia sudah terlihat panas dan mampu mengendalikan permainan. Masih degan pola yang sama, namun The minions meningkatkian intensitas kecepatan meraka dan cegatan-cegatan Kevin sangat akurat mematikan bola lawan. Taktik ini berhasil membawa mereka unggul 11-7 di awal game kedua. Keadaan ini terus bertahan sampai selesainya babak kedua dengan skor kemenangan The minions 21-16, dan akhirnya pertandingan menjadi milik pasangan Indonesia 21-14.

Di game pamungkas, kejar mengejar angka terjadi dengan sangat ketat, rally-rally singkat masih terus berlanjut. Pasangan Indonesia mendominasi perolehan angka dengan lebih banyak menekan dan variasi pukulan yang membuat pasangan Jepang kewalahan dan akhirnya membuat kesalahan sendiri.

Sempat mengunci lawan di poin 8 pada saat jeda di game ketiga, pasangan nomor satu dunia ini hanya memberikan 6 angka tambahan kepada lawan untuk menutup game ketiga dengan 21-14.

Sukses merebut tiket babak, selanjutnya Kevin/Marcus akan menghadapi pasangan India Satwiksairaj Rankireddy/ Chirag Shetty. Lima kemenangan tanpa sekalipun kalah dari Rankireddy/Shetty setidaknya menjadi modal percaya diri bagi The Minions merebut tiket perempat final. (Tomi Arifin)
Bulutangkis.com : http://bulutangkis.com
Versi online: http://bulutangkis.com /mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=107041