Bulutangkis.comBerita > Berita
Fajar/Rian Singkirkan Ganda China
Oleh : admin Rabu, 17 Juli 2019 16:15:32
Tiket babak dua Blibli Indonesia Open 2019 berhasil diamankan pasangan ganda putra Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto hari ini (Rabu, 17/7) di Istora Senayan, Jakarta.
Tiket babak dua Blibli Indonesia Open 2019 berhasil diamankan pasangan ganda putra Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto hari ini (Rabu, 17/7) di Istora Senayan, Jakarta.

Sukses Fajar/Rian diraih atas ganda China racikan baru, Liu Cheng/Huang Kaixiang. Langkah tak mudah, peraih medali perak Asian Games 2018 ini harus bertarung tiga game untuk menaklukkan Liu/Huang dengan skor 18-21, 21-16 dan 21-14 dalam waktu 1 jam 6 menit.

Kemenangan ini membawa Fajar/Rian menuju babak kedua menyusul tiga pasangan Indonesia lainnya. Kemarin (Selasa, 16/7) pasangan The Minions Kevin Sanjaya Sukamuljo/ Marcus Fernaldi Gideon telah memastikan tiket babak dua berada dalam genggaman.

Menyusul Kevin/Marcus di laga lebih awal hari ini, Angga Pratama/ Ricky Karanda Suwardi dan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/ Ade Yusuf Santoso, juga sukses mengantongi tiket babak dua. Duet Angga/Ricky mengalahkan ganda Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin dengan skor 21-19, 14-21 dan 21-14. Sedangkan Wahyu/Ade menyingkirkan wakil Malaysia, Chooi Kah Ming/ Low Juan Shen, usai laga dua game langsung 21-15 dan 21-18.

Sementara duet Fajar/Rian sempat membuat khawatir para pendukungnya setelah menuai kekalahan di game pertama 18-21. Disebutkan Rian usai laga tadi di Istora bahwa mereka terbawa irama permainan lawan yang cepat dan banyak adu drive. Namun, pasangan unggulan keenam ini akhirnya mengubah permainan dan bisa merebut game kedua dan ketiga.

"Kami bersyukur bisa melewati babak pertama. Di awal kami sempat terbawa irama permainan lawan yang banyak no lob panjang. Pukulan mereka kencang dan nggak gampang mati sendiri, kami kurang sabar. Di game kedua, kami coba mengontrol karena kalau paksa main no lob, mereka suka," jelas.

Ajang seri HSBC BWF World Tour Super 1000 berhadiah total USD 1,250,000, sungguh berarti bagi Fajar/Rian untuk mengumpulkan poin ke Olimpiade Tokyo 2020. Pada beberapa turnamen belakangan Fajar/Rian penampilan mereka tengah menurun. Mereka harus terhenti di babak-babak awal di beberapa turnamen belakangan.

"Akhir-akhir ini kami kalah di babak pertma, kedua. Kami sudah ngobrol, apalagi ini di Indonesia Open, maunya bisa come back, nggak boleh lengah. Di Kejuaraan Asia, New Zealand Open, kami kurang maksimal. Kami usahakan benar-benar fokus dan ingin perbaiki kegagalan sebelumnya," beber Fajar.

"Dari servis dan power memang menurun. Kalau yang non-teknis tidak ada. Ini sudah masuk pengumpulan poin ke olimpiade, mau nggak mau harus maksimal," tambahnya.

Hasil lain hari ini di sektor tunggal putra, Yehezkiel Frietz Mainaky dan Tommy Sugiarto, tak berhasil meraih tiket babak dua menyusul langkah Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie yang kemarin telah memastikan diri menapak babak dua.

Yehezkiel ditumbangkan wakil Hong Kong, Lee Cheuk Yiu dengan skor 12-21 dan 15-21. Sedangkan Tommy dikalahkan andalan China unggulan lima, Chen Long dengan rubber game 20-22, 21-14 dan 17-21. (*)
Bulutangkis.com : http://bulutangkis.com
Versi online: http://bulutangkis.com /mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=107043