Berita > Berita

Laga Perdana, Tontowi/Liliyana Tak Mau Terbebani

Rabu, 13 Desember 2017 06:25:30
836 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Laga puncak seri akhir superseries BWF Dubai World Super Series Finals 2017 akan mulai berlangsung hari ini di Hamdan Sports Complex, Dubai, Uni Emirat Arab. Selain pasangan ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo/ Marcus Fernaldi Gideon, Indonesia diwakili dua pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/ Debby Susanto, pada ajang berhadiah total USD 1,000,000.

Duet Tontowi/Liliyana yang berada di grup B akan bertarung memperebutkan posisi dua teratas di grup menghadapi lawan-lawan yang tak ringan. Tiga pasangan lain yang berada di grup B harus bisa ditaklukkan Tontowi/Liliyana, mereka adalah Wang Yilyu/Huang Dongping (Tiongkok), Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia), Chris Adcock/Gabrielle Adcock (Inggris).

“Saat ini kekuatan tiap negara sudah merata, lawan merupakan delapan pasangan terbaik di super series. Indonesia punya kans juga, satu pasangan berjuang di pool atas, satu lagi di pool bawah. Kalau amin amin tampil bagus, kami bisa bertemu di final,” kata Liliyana, mengutip email jurnalis Badmintonindonesia.org dari Dubai malam tadi.

“Kami pernah menang dan pernah kalah menghadapi pasangan-pasangan di grup kami. Peluang pasti ada, yang penting mindset harus siap capek karena sistemnya round robin, berbeda dengan super series biasanya. Mau menang atau kalah, kami akan tetap main di penyisihan grup,” tambahnya.

Berhasil mengoleksi satu medali emas olimpiade di Rio de Janeiro 2016, dua gelar juara dunia tahun 2013 dan 2017, gelar hattrick di All England pada tahun 2012, 2013 dan 2014, Tontowi/Liliyana belum pernah mencicipi rasanya jadi juara super series finals.

“Kami memang belum pernah juara superseries finals, tetapi kami tak mau terbebani. Menurut saya, beban terberat ada di olimpiade dan sudah berhasil dilewati. Kalau dapat gelar superseries finals sebetulnya untuk melengkapi prestasi kami, bukan target inti seperti olimpiade atau kejuaraan dunia. Tetapi kalau bisa main bagus di sini dan juara, kenapa tidak? Kami akan tetap berusaha semaksimal mungkin,” jelas Liliyana.

“Persiapan kami jelang turnamen ini cukup bagus. Jangan berpikir di sini undangan dan jadi nggak total. Pokoknya seperti turnamen biasa saja, harus fokus dari awal,” ujarnya.

Pertandingan babak penyisihan grup BWF Dubai World Super Series Finals 2017 akan mulai berlangsung hari ini (Rabu, 13/12) pukul 09.00 waktu Dubai. Tontowi/Liliyana bakal menghadapi pasutri asal Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock, di laga perdana. (*)

Berita Berita Lainnya