Berita > Artikel > Jurnal Komunitas

Nunu Nugraha, Berpulang Saat Bulutangkis

Sabtu, 17 Maret 2018 16:39:54
1513 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

  • Nunu Nugraha (hadap kamera)

  • Nunu Nugraha & Christian Hadinata

    (Nunu kedua dari kanan)

  • Nunu Nugraha & Komunitas MBI

  • Nunu Nugraha "Syukuran"

  • Nunu Nugraha "Syukuran"

Rasa dukacita yang mendalam menyelimuti segenap komunitas Masayarakat Bulutangkis Indonesia (MBI), khususnya MBI Bandung. Seorang anggotanya yang cukup aktif, Nunu Nugraha, harus menghembuskan nafas terakhirnya saat bermain bulutangkis dengan teman-teman MBI lainnya.

Rasanya tak ada yang terlihat aneh Rabu (14 Maret) malam lalu di GOR PWI, Jl Wartawan 2 No. 23, Bandung, malam itu. Seperti biasa sebelum pukul 19.00 WIB, beberapa komunitas MBI yang biasa berlatih Rabu dan Jumat malam setiap minggunya telah melakukan pemanasan sebelum turun ke lapangan.

Nunu Nugraha, mantan pegawai PT Gapura Angkasa yang menetap di Bandung terlihat obrol-obrol kecil dengan Oki ''Anak Maung'' di saat pemanasan. Nunu bercerita ke Oki kalau esok pagi dirinya akan cepat berangkat kerja ke Jakarta.

"Sudah, jangan cape-cape hari ini latihannya, jaga kondisi aja,'' balas Oki sahabat dekatnya di MBI Bandung.

Bersama Oki teman bulutangkisnya yang tergabung di MBI Bandung, Nunu dikenal sangat aktif main bulutangkis. Beberapa kegiatan bulutangkis di Bandung seperti Mabar MBI, Mabar PB Djarum, dan mabar lainnya, Nunu tak pernah ketinggalan. Bahkan event mabar diluar Bandung pun selalu diikutinya bersama teman MBI Bandung.

Malam itu Oki berpasangan dengan Leo melawan Nunu yang berpasangan dengan Omar. Permainan yang dimulai sekitar 19.45 WIB berjalan biasa, dan tak menguras tenaga seperti minggu sebelumnya. Oki/Leo memenangkan laga game pertama dengan dengan mudah 15-5.

Usai jeda sejenak, berganti lapangan. Permainan dimulai lagi, dan masih duet Oki/Leo yang memimpin jalannya pertandingan. Oki/Leo masih memimpin 2-0 atas Nunu/Omar.

Di tengah permainan rally, Nunu yang berada di sudut kiri lapangan memberikan smash ke arah Oki. Smash berhasil dikembalikan Oki, balik ke arah kiri Nunu. Nunu mengejar dan berusaha mengembalikan dengan backhand. Namun kok tak terjangkau Nunu. Nunu sejenak terdiam berdiri, seperti terjadi sesuatu. Nunu pun mundur ke arah dinding dan menyandarkan tubuhnya ke dinding.

Oki yang di seberang lapangan melihat Nunu. Oki merasa Nunu ''kolaps'', dan teringat kejadian tiga bulan sebelumnya. Kala itu Nunu pernah juga pingsan di saat main bulutangkis. Kejadian yang sama terulang. Tak lama Nunu roboh ke lantai. Oki dan teman-teman MBI yang ada di GOR pun segera menghampiri Nunu yang roboh ke lantai.

Bantuan teman-teman di GOR sepertinya tak membantu, Oki dan teman-teman segera membawa Nunu ke RS Muhamadiyah Bandung. Upaya bantuan medis pun diberikan. Hasil EKG terlihat tidak memberikan respon, denyut jantung tidak terlihat. Dokter pun menyatakan denyut Nunu sudah tidak ada lagi.

Tak seperti tiga bulan lalu, Nunu juga pernah kolaps saat bulutangkis. Tak sampai dibawa ke rumah sakit, Nunu bisa kembali sadar dan bugar. Keesokan harinya Nunu melakukan medical check up, hasilnya excellent. Sejak kejadian terakhir, Nunu merasa tidak ada apa dengan dirinya, kembali berlatih bulutangkis. Dan Nunu pun membuat hajatan syukuran (tumpengan) di GOR dengan teman-teman MBI Bandung. Syukuran bahwa dirinya telah sehat walafiat.

Tapi, takdir berkata lain. Rabu malam, menjadi latihan terakhir Nunu (49 tahun) bersama-sama teman MBI Bandung.

Komunitas MBI Bandung dan Bulutangkis.com mengucapkan turut berdukacita yang dalam atas berpulangnya Nunu Nugraha. Semoga almarhum mendapat tempat yang layak di sisi-Nya sesuai amal ibadahnya, dan keluarga yang ditinggal tabah menghadapinya. (Oq)

Berita Jurnal Komunitas Lainnya