Berita > Artikel

Catatan Fordis Usai French Open 2018

Rabu, 31 Oktober 2018 11:38:49
572 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



China sedang menuju track yang benar. Sektor ganda putra Indonesia harus mencetak pasangan juara lain, ngeri kalau terus membebani Kevin/Gideon. Sektor lain sedang meningkat kecuali ganda campuran.

Ganda campuran bakal puasa gelar setelah pensiunnya Lilyana. Mencapai babak semifinal saja sulit. Realistis saja, baik pemain putra maupun pemain putri ganda campuran kita tidak ada yang setara dengan TOP XD saat ini, baik itu dari segi teknik dan fisik maupun mental. Kalau sektor ganda campuran tidak berbenah, kita akan semakin tertinggal. Jangan sampai sektor ganda campuran kita sama seperti ganda putra Korea Selatan setelah ditinggal Lee Yong Dae, 2 tahun tanpa gelar superseries. - @Flying

China sudah nemuin racikan buat nagalahin Kevin/Gideon, dan ganda putra junior yang ngalahin. Sekarang giliran ganda campuran Indonesia harus nemu racikan buat ngalahin Siwei/Yaqiong.

Apapun hasilnya harus dimaknai dengan positif, Kevin/Gideon harus terus berlatih lebih keras karena masih ada kelemahan yang dapat dieksplorasi lawan, malah jadi pembelajaran sebelum Olimpiade Tokyo 2020. - @Oryzaa

Kalah lagi, mainnya bagus sih memang Han Chengkai/ Zhou Haodong. Entah kenapa pas kevin/Gideon unggul jauh set kedua, ada ngerasa bakal kejadian kayak China Open, dan beneran kejadian. Ampun dah. Blunder tadi pas sudah game point set 1 sih, itu Kevin berapa kali bikin kesalahan melulu.

Set ke 3 menurut aku terlalu maksa main no lob, padahal sudah dijagain tengahnya sama pasangan China ini, kurang berani main defense dulu terus cari momen serang balik. Ya sudahlah ya, biasanya kalah di final justru bikin Kevin/Gideon makin menggila. Latihan lebih keras lagi. - @rudal

Padahal tadi Oma Gill ngomong, set 2 bisa unggul jauh karena Kevin mainnya sabar, nungguin bola tidak buru-buru. Mainnya sabar satu satu. Memang sih Kevin kalau main kadang terlalu cepat di depan net yang terkadang bumerang karena nabrak bola. Jadi sering nanggung atau nyangkut. Kejadian di set 1.

Tadi di set 3 error Gideon juga berawal dari bola Kevin yang nanggung. Setelah itu Gideon gak siap terus dan dicecar terus. Satu lagi Gideon terlalu reaktif sikapnya di lapangan. Terlalu menunjukkan kalau dia sedang frustasi kalau error, sehingga lawan semakin mengincar dia. Gideon berapa kali tadi lempar raket menunjukkan kalau dia sedang frustasi. Harusnya bisa lebih kalem tidak menunjukkan itu. Biar lawan gak membaca situasinya.

Situasi mental Gideon sama dengan Praven dulu, yang suka garuk-garuk kepala kalau sudah mulai frustasi atau kesal di lapangan. Gideon harus bisa lebih woles. Tadi sebenarnya dia terjebak ama kesal pada diri sendiri karena bikin error dia jadi kepikiran dan alhasil malah membuat dia gak lepas main di bola-bola selanjutnya. Karena kepikiran ama errornya berujung pada error selanjutnya. Steen ngomong kalau Gideon sudah mulai kehilangan percaya diri dan tidak tahu harus mau ngapain lagi saat sudah error beruntun.

Han Chen Kai si hidung mancung memang bola-bolanya bagus. Playmaker yang bagus nih bocah. Berani ladenin Kevin dalam hal kecepatan. Bola-bolanya tadi memang sering gak terduga. Di saat yang sama Gideon lagi off mainnya. Lengkap sudah kenapa bisa kalah. - @ikra4433

Tekanan dari pasangan China, Han Chengkai dan Zhou Haodong sangat keras dan datangnya bertubi-tubi. Dan Kevin maupun Gideon sering terlambat mengantisipasi datangnya bola sehingga bola kembaliannya sering out, jadi error yang dilakukan Kevin dan Gideon adalah akibat datangnya tekanan yang bertubi-tubi dan datangnya arah bola sering tidak terduga terutama bola dari si hidung mancung Han Chengkai. - @alergi

Ada yang bilang Kevin dengan pasangan sapapun bakal top. Tapi rasanya salah yah. Justru partnernya Kevin itulah yang harus punya permainan super safe dan punya daya gedor kuat buat dampingi Kevin karena dengan tipe permainan yang atraktif itu yang rawan erorr dan kurang bisa menutupi permainan team kalau partnernya lagi main jorok.

Beruntung Kevin punya partner Gideon yang bisa menutup erorrnya kalau Gideon lagi dalam performa bagus. Entah sapa partner yang cocok dengan Kevin kalau Gideon gantung raket. - @Johantjun (*)

Berita Artikel Lainnya