Berita > Artikel > Sportainment

Ayo, main bumerang!

Kamis, 27 Desember 2018 12:03:58
509 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Saat ini, mencari alat permainan bagi anggota keluarga yang bisa dilakukan secara bersama-sama saat rekreasi taklah mudah. Rekreasi keluarga yang tadinya diharapkan bisa menjadi ajang kebersamaan keluarga, kerap menjadi ajang bermain sendiri-sendiri.

Hape atau smartphone kini telah menggeser kebersamaan keluarga. Hape benar-benar menyita waktu semua orang. Tak hanya yang muda, begitu juga yang tua. Dan ini membuat kebersaamaan keluarga saat rekreasi menjadi berkurang nikmatnya.

Nah, kini ada sebuah permainan yang bisa menjadi ajang bermain untuk membangun kebersamaan keluarga. Yang muda dan tua, wanita dan laki-laki, bisa main bersama. Apa itu? Bumerang. Ayo, bermain bumerang!

Bumerang? Ya, bumerang. Bukannya bumerang itu berbahaya? Alat berburu khas suku Aborigin di Australia yang terbuat dari kayu, bahkan ada yang dari tulang dan logam? Bumerang yang jika dilemparkan dengan benar, akan kembali lagi kepada si pelemparnya?

Ya, semua hal di atas benar adanya. Namun, kini bumerang telah berevolusi. Bumerang di era modern saat ini telah menjadi sarana permainan keluarga yang menyenangkan. Bahkan telah menjadi alat olahraga yang dipertandingkan. Seperti disebutkan di wikipedia, nomor pertandingan bumerang ada beberapa nomor seperti Accuracy of return, Aussie round, Trick catch, Maximum time aloft, Fast catch, Consecutive catch, Long distance, dan Juggling and endurance.

Selain itu bahannya pun sudah bukan yang membahayakan lagi. Biasanya bahan bumerang yang dipakai untuk sarana olahraga atau permainan terbuat dari plastik, plastik ABS, Polypropylene (PP) dan Polimer Phylon (Eva Sponge/Foam). Untuk kita yang pemula dan buat leluarga, pilih bumerang yang terbuat dari material Polimer Phylon karena bumerang saat dipegang akan terasa lunak, sisi-sisinya tumpul, dan aman digunakan.

Bentuk bumerang juga kini telah berevolusi, tidak hanya seperti sepotong kayu berbentuk elips (atau bentuk V), yang ini biasa disebut bumerang tradisional. Kini ada banyak jenis bumerang sebagai peralatan bermain, seperti Compass, Runner, Flash, Pasopati, Cakra, Kemala, Anjani, Asoka, dan beberapa model lainnya.

Memainkan bumerang, tidak sesulit yang dibayangkan asal dilempar dengan cara yang benar tentunya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melempar bumerang agar bisa kembali lagi, yaitu, arah angin, cara melempar bumerang, posisi memegang bumerang saat dilempar, hingga menangkap bumerang yang balik lagi kepada kita. Gak perlu ragu, jika nanti bumerang telah dibeli, panduan melempar bumerang ada tertera.

Tapi dimana kita mendapatkan bumerang? Tak sulit, bumerang banyak dijual secara online. Googling saja dengan kata kunci ''jual bumerang'', bisa didapat di bukalapak.com, tokopedia.com, blibli.com, shopee.co.id, lazada.co.id, dan toko online lainnya.

Nah, tunggu apa lagi? Silakan pesan, harganya tak menguras kantong. Cuma seharga 3 mangkuk bubur ayam pinggir jalan. Ayo, kita main bumerang. (fk)


Berita Sportainment Lainnya