Berita > Artikel > Sportainment

Hariyanto Arbi, Smash Melawan Korupsi

Minggu, 06 Januari 2019 12:38:56
585 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Sukses sebagai atlet dan pengusaha, sepertinya bagi Hariyanto Arbi belum menemukan kepuasan batin di dalam perjalanan kehidupannya. Ada panggilan lain yang sepertinya yang ingin ia tuntaskan untuk memperbaiki nasib rakyat Indonesia, khususnya para olahragawan yang tidak bernasib sebaik dirinya.

Siapa yang tak mengenal Hariyanto Arbi? Pebulutangkis kelahiran Kudus, Jawa Tengah, yang akan merayakan ulang tahunnya yang ke 47 pada 21 Januari mendatang, pernah menyabet gelar juara All England pada 1993 dan 1994. Bakatnya yang luar biasa ini membuat dirinya mendapat julukan "Reinkernasi Liem Swie King'', pahlawan bulutangkis Indonesia yang pernah merebut All England di tahun 1978, 1979 dan 1981. Gaya ''jumping smash'' Liem Swie King begitu sempurna melekat dilakoni Hariyanto.

Tak hanya merebut dua gelar All England pada kejuaraan bulutangkis paling tua di dunia, pebulutangkis jebolan PB Djarum ini menorehkan sederetan prestasi emas lainnya. Tahun 1995 ia menyabet gelar juara dunia. Empat kali ia menjadi andalan Indonesia untuk merebut Piala Thomas pada tahun 1994, 1996, 1998, dan 2000.

Prestasi Hariyanto yang kinclong ini tak ingin tinggal menjadi kenangan belaka. Di tahun 2006, Hariyanto yang merupakan adik dari pebulutangkis nasional Hastomo Arbi dan Eddy Hartono ini mengeluarkan buku biografinya yang berjudul "Hariyanto Arbi Smash 100 Watt" yang ditulis Broto Happy W. dan disusun bersama Wahyu Agung Setiawan dan Juang Jayadi.

Usai pensiun sebagai atlet bulutangkis, Hariyanto berkiprah di dunia bulutangkis. Bersama temannya ia mendirikan perusahaan peralatan bulutangkis Flypower. Mengawali usaha hanya dengan produk sepatu, kini produk FLypower sudah dikenal masyarakat sebagai salah satu perusahaan peralatan bulutangkis lokal yang kualitasnya tak kalah dari brand luar. Selain sepatu, produk-produk Flypower sudah cukup lengkap, seperti raket, kaus, celana, dan perlengkapan bukutangkis lainnya.

Bagi penggemar bulutangkis di Tanah Air, produk-produk sudah tak asing lagi. Produk Flypower yang berkualitas karena memang didesain trendy. Ini yang juga membuat Flypower mudah diterima di pasar mancanegara Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Malaysia, Korea Selatan, India, Australia, Prancis, Jerman, Swiss, Belanda, hingga Amerika Serikat.

Kesuksesan sebagai atlet hingga pebisnis, rupanya tak membuat hati Hariyanto Arbi merasakan ketenangan hidup. Ada panggilan lain yang dirasakannya ingin dituntaskan untuk melengkapi pengabdiannya di dunia ini.

Panggilan nuraninya membawa dirinya untuk berkiprah di dunia politik sebagai wakil rakyat. Untuk lebih bisa menuntaskan cita-citanya berjuang memajukan olaharaga Indonesia serta membantu memperbaiki nasib para olahragawan yang belum seberuntung dirinya. Hariyanto pun memulai langkah awalnya di panggung politik dengan bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjadi calon legislatif (caleg).

"Sekarang saya ingin melakukan sesuatu untuk mereka yang kurang beruntung, jadi saya gabung agar dapat bersuara untuk mereka," ungkap Hariyanto Arbi kepada Bulutangkis.com saat obrol-obrol pada satu kesempatan akhir tahun lalu.

Bergabung dengan PSI, Hariyanto Arbi terdaftar sebagai caleg daerah pemilihan pilihan Jateng (Jawa Tengah 2 (Kudus, Jepara, dan Demak).

''Kesejahteraan mantan atlet, kesejahteraan masyarakat di dapil saya, lebih memasyarakatkan olahraga dan menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa melalui olahraga kita bisa berbuat sesuatu bagi negara,'' ungkap Hariyanto saat ditanya apa yang ingin diperbaiki bila kelak berhasil menjadi caleg.

Banyaknya para legislatif yang tersandung kasus korupsi menjadi keprihatinan Hariyanto. Tentunya Hariyanto tak ingin ''terpleset'' mengekor jejak keliru para legislatif yang memilih langkah keliru. Bagi Hariyanto Arbi, memasuki gelanggang politik adalah arena pertandingan yang menjadi tantangan baru dalam perjalanan kehidupannya.

''Smash melawan korupsi,'' ujar Hariyanto Arbi mantap. (fk)

Berita Sportainment Lainnya