Berita > Artikel > Sportainment

Minarni Soedarjanto Dalam Google Doodle

Jumat, 10 Mei 2019 23:34:00
973 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Google adalah mesin pencari canggih yang paling akrab kita gunakan. Tak hanya hanya canggih, namun di halaman putihnya yang sederhana, Google selalu menampilkan gambar-ganbar unik di atas kotak pencarinya, yang disebut Google Doodle.

Hari ini (10/5), halaman pencarian Google dihiasi tokoh bergambar pebulutangkis wanita. Awalnya kami sempat berfikir apakah ini sosok pebulutangkis wanita atau petenis wanita. Namun akhirnya kami menemukan jawabannya, bahwa gambar yang ditampilkan adalah gambar pebulutangkis wanita. Goggle Doodle menampilkannya sebagai perayaan hari lahir dan apresiasi kepada pebulutangkis terkenal Indonesia, Minarni Soedarjanto.



Minarni merupakan pembulutangkis wanita pertama Indonesia yang menjuarai ajang All England, turnamen bulutangkis tertua di dunia. Minarni yang lahir di Pasuruan, Jawa Timur pada 10 Mei 2019, merebut gelar juara All England pada tahun 1968 di nomor ganda putri berpasangan dengan Retno Koestijah. Sedangkan di nomor tunggal putri, Minarni mencapai posisi runner up.

Minarni mulai kiprahnya di bulutangkis sejak berusia 13 tahun. Prestasinya yang mencuat, dua tahun kemudian di usia 15 tahun Minarni telah menjadi pemain Pelatnas. Selain juara All England, sederetan prestasi ditorehkan Minarni diantaranya, Malaysia Open, Amerika Serikat Open, Kanada Open, Asian Games, dan Piala Uber.

Pada ajang Asian Games 1962, Minarni mempersembahkan 3 medali emas bagi Indonesia. Dua emas dari nomor perorangan (tunggal putri, ganda putri) dan satu lagi dari nomor beregu.

Pada ajang Piala Uber, Minarni tercatat lima kali menjadi andalan Indonesia yaitu 1960, 1963, 1966, 1969, dan 1975. Dan pada kesertaannya di tahun 1975, Minarni bersama teman-temannya berhasil merebut Piala Uber untuk pertama kalinya. Di laga final Indonesia mengalahkan Jepang 5-2.

Saat pensiun sebagai pemain, Minarni memilih berkarir sebagai pelatih bulutangkis di Pelatnas. Dan dia juga aktif di kepengurusan PB PBSI. Sang Legenda menghembuskan napas terakhirnya pada usia 59 tahun pada 14 Mei 2003 di RSP Pertamina akibat sakit. (*)

Berita Sportainment Lainnya