Berita > Berita

Leo/Daniel Amankan Tiket Perempat Final

Kamis, 15 Agustus 2019 11:41:09
1554 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Pasangan juara Badminton Asia Junior Championships 2019, Leo Rolly Carnando/ Daniel Marthin, berhasil mengantongi tiket perempat final Yonex Akita Masters 2019.

Langkah Leo/Daniel ke babak delapan besar usai mengalahkan wakil tuan rumah Jepang yang merupakan unggulan tiga, Hiroki Okamura/ Masayuki Onodera dengan skor 21-18 dan 21-13, siang hari ini (Kamis, 15/8), pada laga yang berlangsung di CNS Arena Akita, Akita, Jepang.

Sayangnya, pasangan ganda putra Ricky Karanda Suwardi/ Angga Pratama, yang bertanding lebih awal pagi ini di babak dua, sudah harus berakhir langkahnya. Mereka dikalahkan wakil tuan rumah, Shohei Hoshino/ Yujiro Nishikawa, usai laga tiga game 13-21, 21-16 dan 19-21.

Sukses melaju ke perempat final, duet Leo/Daniel diperkirakan akan bertemu ganda Chuna, Huang Kai Xiang/ Liu Cheng. Ganda Negeri Tirai Bambu yang menempati unggulan tujuh ini diperkirakan bisa melewati wakil tuan rumah, Takumi Nomura/ Yoshiki Tsukamoto.

Di tunggal putri, usai kekalahan Lyanny Alessandra Mainaky, tunggal putri Indonesia hanya menyisakan Ruselli Hartawan berlaga di turnamen seri BWF World Tour Super 100.

Langkah Lyanny yang menempati unggulan tujuh dihentikan tunggal putri Thailand, Phittayaporn Chaiwan usai laga tiga game 15-21, 21-18 dan 9-21 pada babak satu kemarin (Rabu, 14/8).

Sedangkan Ruselli berhasil melewati laga pertama dengan mengalahkan wakil tuan rumah Jepang, Yukino Nakai. Dalam pertarungan straight game, Ruselli menang dengan skor 21-19 dan 21-18 dalam waktu 39 menit.

Didampingi Rionny Mainaky sang pelatih, Ruselli dapat menerapkan strategi yang telah ia susun bersama sang pelatih. Sebagai pemain yang bertipe pemain reli balik serang, Ruselli bisa mengeluarkan strateginya tersebut menghadapi Nakai. Ia bisa menjaga pola permainan tersebut dari awal hingga akhir permainan sehingga ia tak terbawa irama permainan lawan.

"Saya bisa menerapkan pola main saya sendiri, tipe reli balik serang. Saya mencoba untuk tidak sering melakukan kesalahan sendiri dan lebih sabar kalau lawannya tidak mudah dimatikan," kata Ruselli, mengutip di laman resmi PBSI.

Sore ini (Kamis, 15/4) di babak dua, Ruselli akan kembali berjumpa dengan pemain asal Jepang. Kali lawannya, Moto Hayashi yang merupakan pemain jebolan kualifikasi. Di atas kertas, Ruselli yang merupakan unggulan lima, lebih berpeluang untuk memenangkan pertandingan. Secara peringkat Ruselli kini berada di peringkat 37 dunia, sementara Hayashi berada jauh di bawahnya di peringkat 208 dunia. Namun Ruselli memahami pemain Jepang terkenal ulet, dan dia siap capek bila terjadi adu reli.

"Kalau ketemu pemain Jepang ya harus siap karena semua pemain Jepang rata-rata mereka ulet. Jadi harus tahan adu relinya dan harus sabar lagi. Kalau target pastinya mau juara di turnamen ini, tapi saya nggak mau melihat terlalu jauh, lewati satu demi satu pertandingan dulu," jelas pemain asal klub Jaya Raya ini.

Jika berhasil melewati laga kedua hari ini, Ruselli kemungkinan besar akan berjumpa dengan An Se Young, rising star asal Korea yang dijagokan di posisi ketiga.

"Kalau melihat undian, sebetulnya semua pemain harus diwaspadai, tapi kalau misalnya lancar ke babak delapan besar, kemungkinan saya akan bertemu dengan An Se Young. Dia penampilannya sedang bagus," ujar Ruselli.

Di tunggal putra, memasuki babak tiga (16 besar) tumpuan yang tersisa hanya pada Firman Abdul Kholik. Tiga tunggal putra Indonesia lainnya, Yehezkiel Fritz Mainaky, Gatjra Piliang Fiqihila Cupu dan Ihsan Maulana Mustofa sudah terhenti lebih awal. Yehezkiel dihentikan wakil Thailand, Pannawit Thongnuam dengan skor 9-21 dan 11-21 di babak dua, Rabu (14/8). Begitu juga langkah Ihsan terhenti di babak dua saat menghadapi wakil China, Bai Yu Peng, lewat laga dua game 18-21 dan 17-21. Sedangkan Gatjra terhenti di babak satu dari wakil tuan rumah, Minoru Koga, usai main tiga game 16-21, 21-19 dan 10-21, (Selasa, 13/8).

Sementara, Firman yang merupakan unggulan lima, menyingkirkan wakil China, Sun Feixiang, dengan skor 9-21, 21-18 dan 21-14, di babak dua kemarin. Melaju ke babak tiga hari ini, Firman akan bertemu Georges Julian Paul pebulutangkis Mauritius berperingkat 155 dunia. (*)

Berita Berita Lainnya