Berita > Berita

Nyaris Tersingkir, Firman ke Semifinal

Jumat, 16 Agustus 2019 23:12:09
1178 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Indonesia berhasil meloloskan dua wakil ke semifinal Yonex Akita Masters 2019. Kedua tiket diamankan Firman Abdul Kholik dari sektor tunggal putra dan Nita Violina Marwah/ Putri Shaikah dari sektor ganda putri.

Tiket pertama diamankan Firman usai mengalahkan andalan Korea Selatan, Kim Donghun, dalam laga tiga game yang sengit 17-21, 22-20 daj 22-20, di CNS Arena Akita, Akita, Jepang, Jumat (16/8).

Kehilangan game pertama, Firman mencoba bangkit di game kedua. Bahkan peluang nyaris pupus saat Firman tertinggal 18-20. Firman masih mampu menahan laju Kim dan balik unggul menjadi 22-20. Lagi-lagi di game ketiga, Firman tertinggal 19-20 dari lawan.

Namun ia bisa bermain lebih tenang dan menguasai keadaan sehingga ia merebut game penentuan.

"Di game kedua tadi saya coba buat kontrol main lawan dulu, coba buat main lebih variasi dengan lob dan chop. Jadi nggak buru-buru smash terus, karena lawan sudah jagain di belakang terus, saya coba buat ngatur dulu," ungkap Firman, mengutip di laman resmi PBSI.

"Di game ketiga juga hampir sama sih, soalnya kan tipe main lawan cepat terus jadi coba buat ngontrol permainan dia," lanjut pemain jebolan klub Mutiara Cardinal Bandung ini.

Sukses mengantongi tiket semifinal, Firman akan bertemu wakil tuan rumah, Yusuke Onodera. Pertemuan besok akan menjadi pertemuan kedua bagi Firman dan Onodera. Pada tahun 2016 di turnamen Vietnam Open Grand Prix, Firman mengalahkan Onodera dengan skor tipis 22-20 dan 23-21.

Di semifinal, Firman dikepung pemain Jepang. Semifinal lainnya menjadi milik wakil tuan rumah antara Yu Igarashi dan Hashiru Shimono.

"Pemain Jepang itu kan kuat-kuat, jadi saya harus pintar-pintar mengatur ritme permainan. Sama yang paling penting jaga fokusnya, jangan sampai hilang," tutur juara Vietnam International Challenge 2019 ini.

Sementara itu, di ganda putri Nita/Putri membuat kejutan dengan menumbangkan unggulan satu dari Jepang, Nami Matsuyama/ Chiharu Shida dengan skor ketat 26-24 dan 23-21. Selanjutnya di semifinal, Nita/Putri akan berhadapan dengan wakil tuan rumah, Japan Mayu Nakamura/ Miku Shigeta.

Tiga wakil Indonesia lainnya yang berlaga di perempat final hari ini tak berhasil melangkah ke babak empat besar. Ruselli Hartawan yang menjadi andalan di tunggal putri dihentikan An Se Young (Korea Selatan), dengan skor 17-21 dab 14-21.

Pasangan ganda campuran Ghifari Anandaffa Prihardika/ Indah Cahya Sari Jamil juga terhenti di perempat final dari Wang Chan/ Jeong Na Eun (Korea Selatan), dengan skor 17-21 dan 16-21.

Dan terakhir, juara Asia Junior 2019, Leo Rolly Carnando/ Daniel Marthin terhenti saat melawan unggulan tujuh dari China, Huang Kaixiang/ Liu Cheng dalam laga tiga game 22-20, 13-21 dan 18-21. (*)

Berita Berita Lainnya