Berita > Berita

Mangelola Fokus Jadi Prioritas Hendry

Sabtu, 17 Agustus 2019 07:56:09
2395 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Tiga tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting dan Tommy Sugiarto, akan menjadi harapan di ajang TOTAL World Championships 2019 yang berlangsung di St. Jakobshalle Basel, Swiss pada 19-25 Agustus, pekan depan.

Saat ini Tommy berada di luar Pelatnas Cipayung sebagai pemain profesional, sedangkan Jonatan dan Anthony di Pelatnas Cipayung di bawah asuhan sang pelatih, Hendry Saputra, yang menangani tunggal putra.

Ketiganya, berdasarkan hasil drawing, berada di pool atas. Sementara itu diungkapkan Hendry kepada Badmintonindonesia.org, bahwa kedua anak asuhnya ditargetkan bisa mencapai babak semifinal. Jonatan kini di peringkat 4 dunia dan Anthony menempati peringkat 8 dunia, diharapkan bisa melewati lawan-lawannya hingga mereka bisa mencapai babak perempat final. Jika skenario ini terjadi, maka satu tiket semifinal pun bisa dikantongi Jonatan atau Anthony.

Tunggal putra Inggris, Rajiv Ouseph, akan menjadi lawan Jonatan di babak satu. Sedangkan Anthony akan bertemu dengan wakil Mauritius, Georges Julien Paul.

“Target kalau lihat dari drawingnya memungkinkan untuk ke semifinal. Jadi saya lebih fokus ke semifinal dulu. Keinginan untuk ke final dan juara tentu ada, saya harus optimis. Tapi saya ingin fokus ke semifinal dulu. Karena kalau mereka lancar, akan bertemu di perempat final,” kata Hendry.

Sebagai pelatih, Hendry mengungkapkan telah membekali Jonatan dan Anthony dengan beberapa program latihan selama dua minggu terakhir sebelum ke terbang ke Swiss.

“Kami sudah bersiap menghadapi kejuaraan ini. Kemarin selama dua minggu mereka sudah dipersiapkan. Sudah oke, cukup bagus persiapannya. Mudah-mudahan apa yang kami harapkan nanti lancar di sana,” ungkap Hendry.

“Persiapan mereka lebih ke teknik dan melatih supaya tidak mudah mati sendiri. Mati sendiri itu kan awalnya mungkin feelingnya yang kurang pas, atau pengambilan keputusan yang kurang pas, hal itu yang perlu dilatih lagi. Sampai penggunaan pengambilan keputusannya lebih baik,” jelas Hendry.

“Selain itu mereka juga harus memahami pentingnya fokus di lapangan. Asalnya fokus itu kan dari pikiran. Bagaimana mereka menanggapi pertandingan atau permainan ini. Kalau mereka sudah pernah juara, seharusnya sudah tahu bagaimana mengelola fokus. Asal mereka semangat dan optimis, saya rasa mereka bisa fokus dengan baik,” tambah Hendry.

Tak hanya itu, persiapan fisik dan stamina juga tak luput dari perhatian Hendry. Ia berharap Jonatan dan Anthony bisa lebih tahan dan ulet dalam menghadapi kesulitan di lapangan.

Sementara, Tommy di babak satu akan berhadapan dengan pebulutangkis Sri Lanka, Niluka Karunaratne. Jika berhasil melewati lawan-lawannya, Tommy akan bertemu Jonatan di babak tiga (16 besar). (*)

Berita Berita Lainnya