Berita > Artikel

Vito Terdongkrak, Fadia/Ribka Melejit

Jumat, 13 September 2019 10:33:22
3807 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Indonesia harus pulang dengan tangan kosong dari ajang Yonex Chinese Taipei Open 2019 yang berakhir pekan lalu (Minggu, 8/9) di Taiwan. Langkah terbaik pebulutangkis Indonesia hanya bisa mencapai babak semifinal.

Ada empat wakil Indonesia yang menjadi harapan untuk membawa pulang gelar juara pada ajang seri HSBC BWF World Tour Super 300 ini. Mereka adalah Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti/ Ribka Sugiarto, dan Shesar Hiren Rhustavito. Sayangnya keempat harapan ini tak berhasil merebut tiket semifinal.

Kekalahan Vito di empat besar dituainya dari andalah tuan rumah Chou Tien Chen yang akhirnya naik ke podium juara setelah di final mengalahkan wakil Korea Selatan, Heo Kwang Hee dengan skor 21-12 dan 21-13. Gelar Chou ini menjadi penyelamat muka tuan rumah merebut satu gelar. Tunggal putri tuan rumah, Tai Tzu Ying, pemilik peringkat 4 dunia ini tak turun meramaikan ajang berhadiah total US$ 500,000.

Walau tersingkir di babak semifinal, hasil ini mendongkrak peringkat Vito yang sebelumnya berada di peringkat 34 dunia. Vito kini bertengger di peringkat 29, naik empat tingkat menyusul Jonatan Christie (7), Anthony Sinisuka Ginting (9) dan Tommy Sugiarto (18).



Sementara di bawah Vito, Firman Abdul Kholik, Ihsan Maulana Mustofa dan Chico Aura Dwi Wardoyo, pekan ini harus turun peringkat. Turun dua tingkat, Firman berada di peringkat 45. Ihsan harus puas di peringkat 54 setelah turun tiga tingkat. Sedangkan Chico yang turun dua tingkat, kini menempati peringkat 57 dunia.

Torehan manis dibuat pasangan Fadia/Ribka, pekan ini mereka menembus 100 besar dunia. Sukses pasangan ganda putri harapan ini menembus semifinal di Taiwan setelah menaklukkan ganda putri Korea Selatan, Lee So Hee/ Shin Seung Chan, pasangan peringkat 6 dunia yang menjadi unggulan dua. Sayangnya, kejutan Fadia/Ribka tak berlanjut. Kembali bertemu wakil Negeri Ginseng lainnya, Kim So Yeong/ Kong Hee Yong, yang merupakan unggulan tiga, Siti Fadia/Ribka kalah dengan skor 20-22 dan 14-21. Namun torehan manis Fadia/Ribka membuat peringkat mereka melejit 54 tingkat ke peringkat 97 dari peringkar 151 dunia. Sementara Greysia/Apriyani masih bertengger di peringkat 5 dunia, seperti pekan sebelumnya.

Sedangkan Hafiz/Gloria pekan ini nyaris tersingkir dari 10 besar. Walau mencapai babak semifinal, Hafiz/Gloria harus turun 1 tingkat ke peringkat 10. Posisi yang ditinggal Hafiz/Gloria kini ditempati pasangan Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet, yang naik ke podium juara di Taiwan. Di atas Hafiz/Gloria, pasangan ganda campuran terbaik Indonesia masih dipegang Praveen Jordan/ Melati Daeva Oktavianti yang menempati peringkat 7 dunia, seperti pekan sebelumnya. (*)

Berita Artikel Lainnya