Berita > Berita > Klub

Modal Semangat Juang, PB Exist Juara Pembangunan Jaya Cup 2019

Minggu, 22 Desember 2019 08:15:26
3973 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Podium juara menjadi milik PB Exist pada ajang perebutan Pembangunan Jaya Cup 2019 yang berakhir hari Sabtu (21/12) di di GOR Jaya Raya, Bintaro, Tangerang Selatan, Banten. Di partai final, skuat PB Exist mengalahkan skuat tuan rumah PB Jaya Raya dengan skor 3-1.

Poin pertama klub yang bermarkas di Cibinong, Jawa Barat ini dari ganda putra lewat pasangan Crisandy Santosa/ Enzo Ramadhan Satriyadi. Crisandy/Enzo mengalahkan pasangan Muhammad Nendi Novatino/ Teges Satriaji Cahyo Hutomo dengan skor 21-19 dan 21-19.

PB Exist mengamankan langkahnya dengan merebut poin kedua dari tunggal putri lewat andalannya Siti Sarah Azzahra. Siti menumbangkan andalan PB Jaya Raya, Maharani Sekar Batari, dengan skor 21-9 dan 21-9.

Laju PB Exist harus tertahan setelah di partai ketiga di nomor tunggal putra menuai kekalahan. Andalan PB Exist Muhammad Akbar Firdaus mengakui keunggulan Muhammad Sultan Nurhabibullah Mayang, dengan skor 15-21 dan 13-21.

Sektor ganda putri akhirnya menjadi penentu kemenangan PB Exist, lewat Jesita Putri Miantoro/ Melani Mamahit. Mereka mengalahkan pasangan PB Jaya Raya, Lanny Tria Mayasari/ Tryola Nadia dengan kemenangan dramatis tiga game dengan skor 17-21, 21-14 dan 21-18. Bahkan Jesita/Melani sempat tertinggal jauh 12-18, Jesita/Melani berhasil mengunci perolehan skor lawan dan balik unggul hingga membawa tim Exist menuju podium juara.

“Kami bersyukur bisa menyumbang angka untuk tim dan keluar sebagai juara. Kemenangan ini kami persembahkan untuk klub kami,” ujar Jesita, mengutip di laman resmi PBSI.

“Waktu ketinggalan tadi, kami berusaha dapat satu demi satu poin. Mainnya nothing to lose, agak nggak percaya juga sih, karena sudah ketinggalan jauh,” lanjut Melani.

“Di game kedua kami banyak menyerang, tapi di game ketiga serangan kami banyak yang tidak tembus, jadi kami main defense dulu. Coba lebih sabar dulu,” tutur Jesita soal permainan.

Torehan prestasi PB Exist sepanjang tahun 2019, layak mendapat acungan jempol. Pada ajang Caffino Superliga Junior 2019, PB Exist menggondol gelar juara di kategori Beregu Putri U-17, Beregu Putri U-19, Beregu Putra U-19 serta runner up di nomor Beregu Putra U-17.

“Sebetulnya tidak ada rahasia khusus terkait prestasi tim Exist di tahun ini. Sehari-hari di klub, kami menanamkan kepada para pemain tentang semangat juang, lakukanlah yang terbaik untuk dirimu, keluargamu dan untuk Indonesia,” ujar Alex Tirta, Ketua Umum PB Exist.

“Saya berharap semoga trend positif ini bisa terus berlanjut dan bahkan meningkat di tahun-tahun selanjutnya. Mudah-mudahan para pemain muda bisa terus mengasah kemampuan mereka, sehingga mereka lebih siap saat nanti menuju level senior, semua ini demi kelanjutan regenerasi bulutangkis Indonesia,” lanjut Alex.

Sementara itu, posisi ketiga di Pembangunan Jaya Cup 2019 diraih oleh PB Djarum Kudus yang pagi ini mengalahkan Team 16 Malaysia dengan skor 3-0. (*)

Hasil lengkap pertandingan final Pembangunan Jaya Cup 2019, PB Exist vs PB Jaya Raya, 3-1 :
Ganda putra :
- Crisandy Santosa/ Enzo Ramadhan Satriyadi vs Muhammad Nendi Novatino/ Teges Satriaji Cahyo Hutomo vs Crisandy Santosa/ Enzo Ramadhan Satriyadi 21-19, 21-19
Tunggal putri :
- Siti Sarah Azzahra vs Maharani Sekar Batari 21-9, 21-9
Tunggal putra :
- Muhammad Akbar Firdaus vs Muhammad Sultan Nurhabibullah Mayang 15-21, 13-21
Ganda putri :
- Jesita Putri Miantoro/ Melani Mamahit vs Lanny Tria Mayasari/ Tryola Nadia 17-21, 21-14, 21-18
Ganda campuran :
- Muhammad Yusuf MaulanaPutri Larasati vs Moh Rezky AlfarezNahla Aufa Dhia Ulhaq - Tidak dipertandingkan

Hasil lengkap pertandingan perebutan posisi ketiga Pembangunan Jaya Cup 2019, PB Djarum Kudus vs Team 16 Malaysia, 3-0 :
Ganda putra :
- Asghar Herfanda/Rian Canna Varo vs Demond Anthony Samin; Fong Kuo Yoong 22-20, 21-16
Tunggal putri :
- Aisyah Sativa Fatetani vs Arena Satu Samin 21-12, 21-11
Tunggal putra :
- Muhammad Aldo Apriyandi vs Shaarveen Muniandy 23-25, 21-11, 21-17
Ganda putri :
- Helena Ayu Puspitasari/ Jovika Vandaria Ester Matiho vs Ho Lo Ee/ Loh Zhi Wei - Tidak dipertandingkan
Ganda campuran :
- Dwiki Rafian Restu/Metya Inayah Cindiani vs Goh Shuen Tong/Quinton Yap Rung En - Tidak dipertandingkan

Berita Klub Lainnya