Berita > Artikel

FISIP UI Open 2024
Wadah Regenerasi Atlet Bulutangkis Indonesia

Sabtu, 22 Juni 2024 06:28:08
314 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

  • Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto

FISIP UI Open 2024 tidak hanya sekedar turnamen bulutangkis, melainkan wujud pengabdian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) dalam memajukan olahraga bulutangkis di Indonesia.

Dengan dukungan dari Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), turnamen ini telah berkembang menjadi sebuah ajang nasional yang mengumpulkan para pelajar dari berbagai jenjang pendidikan—mulai dari SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi se-Indonesia—untuk bersaing dalam arena yang mengedepankan nilai-nilai sportivitas dan persaingan yang sehat. Dengan rentang usia peserta yang sangat beragam, FISIP UI Open 2024 menjadi platform ideal untuk regenerasi atlet bulutangkis.

Keterlibatan atlet muda, yang baru memulai perjalanan mereka, hingga veteran yang membagikan pengalaman mereka, menciptakan ekosistem yang berkelanjutan dan mendidik atlet dari usia dini hingga dewasa. Keterstrukturan ini memungkinkan transfer ilmu dan keterampilan secara berjenjang, sesuai dengan prinsip Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan yang menegaskan pentingnya pelatihan dan kompetisi berjenjang untuk pencapaian prestasi olahragawan.

Dengan variasi umur peserta dalam FISIP UI Open 2024, penyesuaian pembawaan suasana kompetisi juga perlu dipertimbangkan tanpa mengurangi moral value acara dan kompetisi. Pertandingan yang diawali dengan sesi foto bersama dengan pihak dekan sebagai bentuk semangat dan solidaritas antara anggota tim pelaksana FISIP UI Open Badminton Championship dengan pihak jajaran FISIP UI dan PBSI.

Selanjutnya, dalam wawancara dengan Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto, beliau menjelaskan, "Ini kan yang harus kita pelajari lebih jauh dari pemain-pemain kita bukan sekedar menang ya, tapi menang dengan gaya karena penonton juga selain membutuhkan kemenangan, juga membutuhkan permainan yang bagus dan atraksi jadi ada entertain-nya."

Ini menunjukkan pentingnya tidak hanya kompetisi tapi juga cara penyampaian yang menarik dan edukatif yang bisa menghibur dan menginspirasi para peserta dan penonton.

Kesuksesan dan kelancaran acara ini tidak lepas dari dukungan kuat berbagai pihak, termasuk PBSI Pusat, PBSI Depok, Dekan FISIP UI, Rektor UI, serta klub bulu tangkis para peserta. Hal ini terbukti dari rutinitas panitia untuk melakukan evaluasi harian guna meningkatkan mutu acara setiap harinya.

Para jajaran pendukung lainnya juga kerap kali mendatangi Balairung UI dan memberikan apresiasi besar kepada panitia sebagai bentuk dukungan moral mereka atas kelancaran acara. Tentunya, sponsor seperti Bank BNI, PT Krakatau Wajatama Osaka Steel Marketing, Asuransi Jasindo, Setia Jaya Toyota, Samsung Mobile, Danone Aqua, BPJS Ketenagakerjaan, dan Bank Mandiri juga turut berperan besar dalam kesuksesan acara.

Keberadaan media partner seperti Bens Radio, CNN Indonesia, Televisi UI, MetroTV, Media Indonesia, Medcom.id detikcom, Bola.com, dan Bola.net juga meningkatkan visibilitas acara, menarik lebih banyak perhatian publik dan sponsor.

Dengan semangat dan dedikasi yang ditunjukkan oleh semua pihak, FISIP UI Open 2024 diharapkan menjadi milestone penting dalam sejarah olahraga bulutangkis di Indonesia, membuka jalan bagi banyak atlet muda yang akan menjadi bintang olahraga di masa depan. (Nazifa Amanda & Ferre Reza)

Berita Artikel Lainnya