Berita > Berita

Pemerintah Perlu Cari Terobosan Penggalangan Dana Olahraga

Jumat, 14 Oktober 2005 19:07:33
1173 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

JAKARTA - Pemerintah sebaiknya berinisiatif untuk bekerjasama dengan industri-industri besar guna membantu membiayai penyelenggaraan olahraga di tanah air meningkat dana yang disiapkan pemerintah lewat APBN sangat tidak mencukupi.

Pemerhati olahraga, Endro Sumarjo, di Jakarta, Jumat (7/10), mengatakan, penggalangan dana masyarakat untuk olahraga yang menimbulkan polemik seperti kartu pos olahraga (KPO) sebaiknya ditinggalkan dan mencari alternatif solusi lain yang lebih baik dan aman.

Menurut dia, pemerintah bekerjasama dengan industri besar bisa menetapkan harga jual produk-produk dengan menambah nilai jual tidak kena pajak. Misalnya harga normal susu Rp 5.000 per kaleng, namun setelah ada kerjasama bisa dinaikkan sedikit menjadi Rp 5.500 dengan catatan penambahan Rp 500 itu tidak kena pajak.

Cara seperti ini saya kira lebih baik dan transparan. Dimana masyarakat secara langsung bisa membantu dana-dana olahraga, katanya.

Endro yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Gulat Seluruh Indonesia yakin kalau cara ini digunakan bisa membantu dan menjadi solusi pendanaan olahraga yang sampai saat ini terus saat menjadi persoalan.

Kalau cara ini digunakan pemerintah dan industri-industri tidak rugi. Masyarakat juga tidak terlalu dibebani. Dananya bisa disalurkan lewat mekanisme pemerintah yakni melalui Departemen Keuangan dengan catatan harus transparan, tambahnya. (E-7)

Sumber: www.suarapembaruan.com

Berita Berita Lainnya