Berita > Berita

Xia Xuanze Gantung Raket

Jumat, 16 Februari 2007 09:46:42
5808 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

Hari paling menakutkan itu akhirnya tiba juga. Xia Xuanze, akhirnya memutuskan gantung raket. Pemain Cina itu menyatakan pensiun setelah pengunduran dirinya diterima Asosiasi Bulutangkis Cina.

Sebenarnya sudah lama finalis Olimpiade Sydney 2000 itu menyatakan ingin berhenti dari olahraga tepok bulu. Tanda-tanda dia ingin mundur sebenarnya bisa disimak tahun lalu. Dia hanya berlaga di empat turnamen, bahkan sempat main ganda berpasangan dengan Gong Weiji pada Cina Terbuka, Oktober 2006.

Seperti dikutip China Press, setelah menunggu beberapa lama, akhirnya pengunduran diri Juara Dunia 2003 itu resmi diluluskan Asosiasi Bulutangkis Cina, Sabtu (10/2). Berbarengan dengan mundurnya Xia, diterima pula pengajuan pensiun Chen Hong.

Pengurus Asosiasi Bulutangkis Cina pun menyatakan terima kasih atas dedikasi Xia dan Chen selama ini. Kedua pemain ini dinilai ikut mengharumkan nama Cina di blantika bulutangkis dunia.

''Kami menyatakan terima kasih atas jasa mereka bagi perbulutangkisan negara. Kami pun berharap mereka nanti masih mau terlibat memajukan bulutangkis Cina,'' tutur pelatih kepala Cina, Li Yongbo.

Sebagai pemain, Xia termasuk sukses. Pada 2000, dia menjadi juara All England dengan mengatasi kompatriotnya di final, Ji Xingpeng, Maret. Sayang enam bulan kemudian, dia justru tergusur Hendrawan pada semifinal Olimpiade Sydney. Justru Xingpeng-lah yang akhirnya menyabet medali emas.

Sebelum gantung raket, Xia masih mengoleksi mahkota Jepang Terbuka 2003 dan setahun kemudian memenangi Korea, Denmark, dan Jerman Terbuka. Tahun lalu, mantan pemain kelahiran 1 Mei 1978 itu mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi gadis pujaan, Jin Beilei di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, 23 Mei 2006.

Meskipun harus kehilangan Xia dan Chen, Li Yongbo tetap bisa tersenyum. Pasalnya hingga kini dia telah mencetak lebih dari separuh target 100 pemain yang mengukir gelar juara di berbagai pentas dunia. (bhw/bolanews.com)

Berita Berita Lainnya