Berita > Berita

Persiapan SEA Games XXIV/2007 Thailand
Empat Atlet Gagal Tes Kesehatan Pelatnas SEAG

Selasa, 13 Maret 2007 12:51:33
1160 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

JAKARTA, (PR) - Empat atlet yang disiapkan untuk tampil di SEA Games XXIV/2007 di Thailand mendatang, dinyatakan tidak sehat dan gagal masuk pelatnas, usai melakukan tes kesehatan yang diprakarsai oleh satuan tugas (satgas) pelatnas SEA Games.

''Empat atlet tersebut tidak layak untuk masuk tim SEA Games karena dinilai tidak sehat, padahal empat atlet ini yang direkomendasikan oleh induk organisasinya untuk masuk pelatnas,'' ujar Ketua Satgas Achmad Sutjipto di Gedung KONI Pusat Jakarta, Senin (12/3).

Namun, Sutjipto tidak mau menyebutkan siapa nama-nama atlet yang dinyatakan tidak sehat ini, termasuk dari cabor apa. ''Saya berhak untuk tidak menyebutkan identitas dari empat atlet tersebut,'' katanya.

Selain empat atlet tersebut, ada 414 atlet lainnya yang telah melakukan tes kesehatan dan dinyatakan lolos untuk masuk pelatnas karena dalam kondisi yang sehat. Namun 126 atlet masih perlu konsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Ke-418 atlet yang telah melakukan tes kesehatan ini, semuanya berasal dari cabor-cabor yang telah memenuhi syarat yang telah ditentukan satgas untuk masuk pelatnas. Hingga saat ini dikatakan Sutjipto, baru 19 cabor yang telah mendapatkan surat keputusan (SK) untuk melaksanakan pelatnas, sedangkan cabor lainnya masih ditunggu.

''Saya masih menunggu dari beberapa induk organisasi untuk segera memasukkan nama-nama atlet yang akan mengikuti pelatnas. Saya berharap sampai tanggal 15 Maret nanti semua induk organisasi sudah memasukkan nama-nama atletnya. Lebih cepat lebih baik karena para atlet ini nantinya akan di tes kesehatannya, seperti atlet-atlet sebelumnya,'' katanya.

Sutjipto menyebutkan ke-19 cabor yang telah mendapatkan SK untuk melakukan pelatnas yaitu, anggar, berkuda, atletik, angkat besi, balap sepeda, bulutangkis, rowing, canoeing, dragon boat, renang, panahan, takraw, karate, pencak silat, taekwondo, tinju, gulat, wushu, dan layar.

''Mereka sudah bisa melakukan pelatnas dan kami akan membantu apa yang mereka butuhkan. Kalau mereka mau latihan di luar negeri, silahkan, seperti tenis meja mau ke Cina dan renang ke Amerika. Kalau mereka butuh pelatih asing, kami akan carikan. Begitu juga jika mereka butuh tempat untuk latihan, kami akan membantu untuk mendapatkannya,'' ucap Sutjipto yang juga menjabat sebagai Ketua PB PODSI ini. (A-105/pikiran-rakyat.co.id)

Berita Berita Lainnya