Berita > Berita

10 Tim Berebut Tiket ke Final Superliga

Rabu, 28 Maret 2007 23:09:16
1241 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

[JAKARTA] - Sebanyak 10 klub bulutangkis dari berbagai daerah di Indonesia akan mengikuti seleksi nasional atau babak kualifikasi Superliga 2007 yang berlangsung di GOR Sudirman, Surabaya, 3-7 April mendatang.

Ke-10 tim tersebut, adalah PB Kotab-Dishub Bandung, Musica Champion Kudus, BPKD Kutai Kartanegara, Wima Surabaya, Mutiara Bandung, Ratih Banten, Aufa Jakarta, Randik Sumsel, Semen Gresik, dan Bina Bangsa Jakarta.

''Tidak semua tim akan tampil di dua kelompok. Ada tim yang hanya tampil di satu kelompok. Persaingan lebih ketat di bagian putra karena melibatkan semua tim (10), sedangkan di bagian putri hanya tiga tim,'' kata Wakil Direktur Superliga, Ario Satrio, kepada Pembaruan, Rabu (28/3).

Kejuaraan tersebut menggunakan format Piala Thomas (bagian putra) dan Uber (bagian putri), yakni dengan tiga pemain tunggal dan dua ganda. Menurut rencana, undian pertandingan kualifikasi dilakukan di Jakarta, Rabu (28/3) dan dihadiri perwakilan klub peserta.

Kualifikasi di Surabaya akan mengambil tiga klub untuk maju ke babak utama di Jakarta pada 21 Juni hingga 1 Juli, bersama lima klub besar sebagai pendiri liga, yakni Jaya Raya Jakarta, Djarum Kudus, SGS Elektrik Bandung, Tangkas Jakarta, dan Suryanaga Surabaya.

Dari nama-nama pemain yang didaftarkan, terdapat beberapa pebulutangkis asing, diantaranya Lee Tsuen Seng (Malaysia) yang dikontrak PB Musica Champions, dan Nguyen Tien Minh (Vietnam) yang direkrut BPKD Kutai Kartanegara. Para pebulutangkis yang kini bergabung di Pelatnas juga akan ambil bagian memperkuat klubnya masing-masing dalam kejuaraan yang memperebutkan total hadiah Rp 900 juta ini. Salah satu pemain dari Pelatnas itu, adalah Davin Lahardi (Mutiara Bandung).

Lapis Kedua

Sementara itu, turnamen bulutangkis ''Indonesia Challenge'' yang khusus mempertandingkan nomor perorangan dewasa digelar di Surabaya dan diikuti pemain lapis dua dari berbagai negara.

Ketua Bidang Turnamen Pengurus Besar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) Mimi Irawan, di Pangkalpinang, menyatakan, turnamen berhadiah total US$ 15.000 tersebut, akan digelar Pengprov PBSI Jatim pada November 2007.

''Kejuaraan ini merupakan kesempatan bagi pebulutangkis Indonesia untuk meraih gelar juara. Untuk pemain lapis dua Indonesia berpeluang cukup besar menjadi yang terbaik,'' ujar Mimi kepada Antara. [W-11/suarapembaruan.com]

Berita Berita Lainnya