Berita > Berita

Kejuaraan Dunia Bulutangkis
Tunggal Putri Hanya Diwakili Fransisca

Senin, 02 April 2007 17:57:05
1142 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

[JAKARTA] - Pengurus Besar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI), hanya akan mengirim pemain tunggal putri Fransisca Ratnasari ke Kejuaraan Dunia yang akan berlangsung di Madrid, Spanyol, 18-24 September mendatang.

Tahun lalu, PBSI memutuskan tidak mengirim satu pun pemain tunggal putri, meskipun lolos kualifikasi. Selain tunggal putri, ganda putri juga tidak dikirim. Tahun lalu pula, Indonesia merebut gelar juara di tunggal putra, oleh Taufik Hidayat dan ganda campuran Nova Widiyanto/Liliyana Natsir.

''Rencananya ia (Fransisca) akan diberangkatkan karena tahun lalu tunggal putri tidak dikirim. Namun, keputusan terakhir masih belum tahu. Bisa saja terjadi pengurangan seperti tahun lalu,'' kata pelatih tunggal putri, Hendrawan di Jakarta, Rabu (2/8).

Hendrawan yang merupakan juara dunia 2001 mengatakan, semula pihaknya akan mengirim dua pemain, yaitu Fransisca dan Maria Kristin. Dipilihnya Fransisca dan Maria karena dua pemain ini lolos kualifikasi Federasi Bulutangkis Internasional (IBF).

Namun, PBSI tidak menyetujui Maria, karena belakangan pemain dari klub Djarum Kudus ini sakit-sakitan. Indonesia sebenarnya mempunyai satu pemain lagi, yaitu Adrianti Firdasari. Tetapi, Firdasari tidak masuk kualifikasi. Maria menjadi tunggal putri Indonesia yang mendapat nominasi pertama dari IBF berdasarkan peringkat pada 25 Mei lalu. Saat itu, Maria menduduki peringkat 44 dunia. Sedangkan Fransisca saat itu berada di peringkat 61 dunia.

Seperti disiarkan internationalbadminton.org, sektor ganda putri dan ganda campuran juga hanya mengirim satu pasangan. Ganda putri diwakili oleh pasangan Jo Novita/Greysia Polii, sedang ganda campuran mengirim juara bertahan Nova Widianto/Lilyana Natsir.

Prestasi Jo/Greysia belakangan memang cukup menjanjikan. Duet ini telah menghasilkan satu gelar juara di turnamen grand prix, Filipina Terbuka, dua bulan lalu. [W-11/suarapembaruan.com]

Berita Berita Lainnya