Berita > Artikel > Wawancara

Bukan Mustahil Buat Sony

Kamis, 23 Agustus 2007 13:03:07
1979 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

Sekitar sembilan tahun memoles Sony Dwi Kuncoro, pelatih PB Wima Ferry Steward punya kesan mendalam kepada pebulu tangkis masa depan Indonesia tersebut. Berikut petikan wawancara Jawa Pos dengan pelatih berbadan subur itu di sela-sela Kejuaraan Dunia 2007 di Kuala Lumpur:

Sebelum ditarik ke Pelatnas, anda cukup lama menangani Sony. Bagaimana anda melihat perkembangan Sony selama ini?
Performa yang naik turun sebagai seorang atlet merupakan hal yang biasa. Tapi, kalau mampu menampilkan permainan yang konsisten, itu luar biasa. Masalah cedera yang kerap didapat Sony, otomatis menyebabkan penampilannya kurang mendukung dalam beberapa even yang sifatnya beruntun (kompetisi).

Mengapa hal itu bisa terjadi?
Banyak penyebabnya. Bisa karena latihan fisik yang kurang hingga pemain itu sendiri yang terlalu memaksakan diri. Itu kembali pada siapa yang melatih untuk mengetahui luar dan dalamnya Sony. Waktu persiapan menjelang kejuaraan dunia yang panjang setelah Sony mundur dari Filipina Terbuka, bulan lalu, membuat fisiknya lebih prima.

Dengan begitu apakah Sony bisa dibilang spesialis kejuaraan bergengsi?
Karakter setiap pemain tak sama. Ada yang mencapai peak performance (puncak penampilan) di kejuaraan yang dibidik dengan memanfaatkan beberapa even sebelumnya sebagai target antara. Itu dengan catatan tetap menjaga konsistensi permainan dalam kejuaraan yang dibidik untuk mencapai hasil maksimal.

Bagaimana kans Sony ke depan setelah dikalahkan Lin Dan?
Sepanjang mentalnya tak sampai down, Sony bisa membuat perhitungan. Karena setiap bertemu Lin Dan belum pernah menang, motivasi Sony untuk mengalahkan lawan harus lebih meningkat. Di atas kertas, rekor pertemuan boleh tak seimbang. Tapi, dalam olahraga, tak ada yang mustahil.

Apa harapan anda sebagai mantan pelatihnya?
Saya berharap Sony bisa semakin dewasa. Asal tak terburu-buru dalam menyusun strategi, dan menjaga konsentrasi di lapangan, saya yakin dia selalu mampu mengeluarkan permainan terbaiknya.
(sep/indopos.co.id)

Berita Wawancara Lainnya