Login
Nickname :
Password :
  Registrasi?

Badminton Rules
Medali Olimpiade
Info Kompetisi
Sponsorship

Klub Bulutangkis


Solidarity and Badminton

Badminton Shop Online

Berita / Berita
Kejurnas
Jadwal Padat, Kurang Manfaat
By admin
Sabtu, 17-Nopember-2007, 07:51:32 806 klik Send this story to a friend Printable Version
Diharuskannya pemain Pelatnas Cipayung berlaga pada Kejurnas di Solo, 13-17 November, dirasakan kurang bermanfaat. Selain bertemu lawan yang relatif enteng, fisik mereka juga masih terkuras setelah mengikuti rangkaian turnamen di Eropa. Padahal, setelah itu mereka harus mengikuti Cina dan Hong Kong Super Series.
Bulutangkis.com - Oleh: Aning Jati

Diharuskannya pemain Pelatnas Cipayung berlaga pada Kejurnas di Solo, 13-17 November, dirasakan kurang bermanfaat. Selain bertemu lawan yang relatif enteng, fisik mereka juga masih terkuras setelah mengikuti rangkaian turnamen di Eropa. Padahal, setelah itu mereka harus mengikuti Cina dan Hong Kong Super Series.

Maklum, seusai dari Solo, pemain akan langsung terbang ke Cina, Senin (19/11). ''Bisa dibayangkan bagaimana letihnya kami,'' kata Taufik Hidayat. ''Jadwal memang sangat padat dan kami harus bisa menghadapi hal ini,'' timpal Sony Dwi Kuncoro.

Kewajiban tampil di kejurnas, ditanggapi beragam. Namun, kebanyakan dari mereka memang mengeluhkan waktu pelaksanaan yang kurang pas. ''Jadwal cukup padat dan kami diharuskan tetap turun dalam ajang ini. Ya, mau enggak mau kami harus ikut karena PB PBSI memutuskan demikian,'' ujar Taufik.

''Sebenarnya fokus kami lebih pada dua turnamen Super Series. Jadi kalau dibilang malah mengganggu, ya bisa jadi demikan,'' lanjut Lilyana Natsir, yang berpasangan dengan Nova Widianto dan melaju ke babak perempatfinal.

Tak Ada Manfaat

Apa yang dirasakan Lilyana dan beberapa pemain yang akan turun dalam Cina Super Series dan Hong Kong Super Series bisa jadi memang demikian. Dengan lawan yang kualitasnya berada di bawah mereka, secara teknis mereka tak akan mendapat banyak manfaat.

Simon Santoso cs. tak banyak mengeluarkan keringat untuk lolos hingga putaran tiga, Rabu (14/11). Atlet-atlet Cipayung melangkah mulus. Jika ada yang terhenti, itu karena bertemu rekan pelatnas. Di tunggal putri, Febby Angguni ditumbangkan Fransiska Ratnasari, Bellaetrix Manuputty kalah dari Maria Febe Kusumastuti, dan Yuan Kartika Putri menyerah kepada unggulan ketujuh, Sylvinna Kurniawan.

''Saya bukan meremehkan kejurnas ini. Saya juga senang bisa tampil di ajang ini, tapi tentu tidak dalam situasi dengan jadwal yang padat seperti sekarang ini agar semua juga merasa enak,'' jelas Taufik.

Namun, tentu saja sebenarnya kejurnas ini tak hanya dipenuhi nilai negatif bagi atlet pelatnas. Setidaknya ada pelajaran yang bisa dipetik, yakni dari segi mental pemain. Menurut pelatih putri, Marleve Mainaky, para pemain bisa mengasah mental mereka di sini.

''Ajang ini bagus bagi pematangan mental. Jika selama ini kurang mendapat pengalaman dalam hal ‘menekan lawan’ mereka bisa melakukannya di sini,'' tutur Marleve.

Hal ini juga diakui Maria Kristin Yulianti. ''Saya bisa belajar bagaimana menekan lawan. Maklum selama ini kami hampir selalu mendapat lawan yang setingkat atau bahkan di atas kami,'' ujar andalan tunggal putri Indonesia tersebut.

Manfaat lain adalah menjaga ikatan atlet dengan daerah asal. Hal itu diutarakan Kabid Pengembangan Daerah dan Organisasi PB PBSI, Yacob Rusdianto. ''Sepanjang tahun mereka berada di pelatnas. Jadi kesempatan mereka membela daerah hanya pada kejurnas ini,'' kata Yacob.

Lontaran Yacob diamini unggulan pertama kejurnas tahun ini, Sony Dwi Kuncoro. Pemain yang dibesarkan Pengda Jatim itu merasa kejurnas menjadi ajang pembuktian loyalitas pada daerah. Bahkan ia selalu menantikan kesempatan untuk tampil membela daerah asal.

''Saya selalu bangga turun bermain membawa nama Jawa Timur,'' ucapnya. (bolanews.com)
Berita/Artikel Terakhir






www.brondongtua.com

PB Merpati Jaya

SkyCity New Zealand Open 2014
Seeded Entries
Players
Draws
Matches
Visual LiveScore

China Masters GPG 2014
Seeded Entries
Players
Draws
Matches
Visual LiveScore

Forum Diskusi
Posting Terbaru
. Lin Dan masih Super Dan
. Final USM Flypower International Series 2014
. Maen Bareng Daerah Jakarta Selatan?
. Bulutangkis.com versi baru
. Skuad China di AJC 2015 dan WJC 2015
. Vietnam Mundur Sebagai Tuan Rumah Asian Games 2019
. Final Skycity New Zealand Open Gand Prix 2014
. Final BWF World Junior Championships 2014 Part 3
. USM IS & China GPG 2014
. Final BWF World Junior Championships 2014 Part 2
. TOP 10 Destination Dubai Rankings
. Final BWF World Junior Championships 2014
. SF Skycity New Zealand Open Gand Prix 2014
. Arti kata-kata gaul dalam forum dan chat
. SF BWF World Junior Championships 2014 Part 3
. SF BWF World Junior Championships 2014 Part 2
. QF Skycity New Zealand Gand Prix 2014
. Strategi Terbaik Tim Thomas Indonesia
. Petik Pelajaran dari Kisah Viktor Axelsen
.