Berita > Berita

Turnamen Balikpapan Open
Berharap Fauzi Juara

Senin, 25 Februari 2008 20:36:16
1264 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

SURABAYA - Optimisme melanda puslatda bulutangkis Jatim. Mereka yakin bisa meraih gelar juara di nomor tunggal pria dalam turnamen Balikpapan Open yang diadakan mulai kemarin (24/2). Pelatih puslatda bulutangkis Jatim Aji Santoso berharap banyak pada tunggal pertama mereka, Fauzi Adnan.

Menurut Aji, turnamen tersebut adalah ajang pembuktian untuk mantan pebulu tangkis pelatnas itu bahwa dia sangat berpeluang untuk meraih medali emas di PON. Selain itu, menurut Aji, juara turnamen pelajar Asia Eropa di Thailand (2005) tersebut paling siap.

Belakangan, memang pebulutangkis kelahiran Klaten itu ditempa latihan beban oleh pelatih khusus, yaitu Widjanarko Adi Mulya. Bahkan, demi berkonsentrasi untuk meningkatkan power dari ototnya dia rela tidak turun dalam berbagai kejuaraan seperti Ratih Open Minggu lalu. ''Grafik perkembangan latihannya sangat bagus dan terus meningkat. Selain itu, kini bentuk permainannya makin matang,'' terang Aji kemarin.

Aji yang juga pelatih PB Suryanaga itu menjelaskan, selain Fauzi, ada tujuh pemain pusaltda lain yang berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut. Mereka adalah Roni Agustinus, Seto Danu, Setyo Widhiarto, Ade Riyadi, Tike Arielda Ningrum, Yunita Tety, dan Aurien Hudiono. ''Kejuaraan ini memang cukup bergengsi. Karena itu, kami sengaja menurunkan hampir semua pemain puslatda,'' kata pelatih yang pernah merantau ke Jepang tersebut.

Hanya empat pebulutangkis yang tidak bisa turun. Mereka adalah Jeffer Rossobin yang berada di Singapura dan tiga pemain pelatnas, yakni Sony Dwi Kuncoro, Alvent yulianto, dan Aprilia Yuswandari.

Hampir seluruh pebulutangkis yang akan turun di PON Juli mendatang mengikuti kejuaraan di Balikpapan. ''Ardiansyah dan Budi Santoso dari DKI Jakarta akan turun. Bahkan, Kaltim menurunkan semua pebulu tangkisnya,'' lanjut Aji.

Di nomor lain, Aji menargetkan anak-anak asuhnya mampu meraih posisi delapan besar. Menurut dia, target itu sangat realistis karena semua tim adalah tim PON yang dibebani target harus meraih medali di PON.

Ajang uji coba yang sekaligus akan dilanjutkan dengan evaluasi tidak berhenti di ajang Balikpapan Open. Pada Maret mendatang, seluruh pebulutangkis puslatda harus siap diturunkan di Sirkuit Nasional (Sirnas) Batam. Kemudian, pada April nanti, dua kejuaraan berlevel internasional juga telah menunggu mereka.

Wali kota Open di Surabaya dan Jepang Challenge akan menjadi ajang untuk meningkatkan pengalaman pebulutangkis muda. Aji mengatakan, persiapan timnya saat ini telah memasuki masa peningkatan kemampuan taktik dan strategi bermain. ''Semua kami buat berjenjang dan kontinyu. Tujuannya, agar ada grafik peningkatan kemampuan atlet yang signifikan,'' tegasnya. (luq/ko)

(indopos.co.id)

Berita Berita Lainnya