Berita > Berita

Bulutangkis Asia Junior
Sinar Ganda Muda Korea

Selasa, 11 Juli 2006 12:28:00
1061 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

Skuad muda Korea Selatan menunjukkan taringnya dengan menjadi juara beregu Kejuaraan Bulutangkis Asia Junior. Dimotori Lee Yong-dae, Negeri Ginseng unggul 3-2 atas negeri jiran, Malaysia.

Lee Yong-dae adalah pemain ganda muda Korea yang termasuk memiliki kemampuan berlebih. Ia kini sudah berada di peringkat sembilan ganda putra dunia bersama Jung Jae-sung dan di campuran bersama Hwang Yu-mi menempati posisi 28 dunia.

Jelas kepiawaiannya satu tingkat di atas pemain junior lain. Ia pun menyumbang dua poin untuk negerinya dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Bulutangkis, Kuala Lumpur, Malaysia, itu.

Lee/Yoo Hyun-young mengalahkan Woon Khe Wei/Tan Wee Kiong dengan 21-18, 21-12. Lee/Cho Gun-woo menaklukkan Lim Khim Wah/Mak Hee Chun 21-11, 21-15. Satu poin penentu didapat Korea dari ganda putrinya, Yoo Hyun-joong/Sun In-jang, yang menghentikan Woon Khe Wei/Ho Bee Ling, 21-16, 21-16.

Skuad junior Indonesia yang diperkuat oleh pemain lulusan seleksi nasional awal tahun ini hanya berhasil sampai di semifinal. Di kategori perseorangan langkah seluruh pemain muda Indonesia tertahan sebelum partai puncak.

Di tunggal putri, Pia Zebadiah kalah dari Wang Yihan (Cina) di perempatfinal dengan 12-21, 12-21 dan Aprilia Yuswandari juga terhenti di tangan pemain Cina, Cheng Wen, dengan 16-21, 21-19, 10-21 di babak keempat. Di tunggal putra, Bandar Sigit Pamungkas juga kandas di babak ketiga dari Hong Ji-hoon (Korea) dengan 19-21, 21-18, 10-21.

Prestasi yang agak mendingan diraih Pia/Subakti di ganda campuran. Mereka mencapai semifinal dan kalah dari unggulan pertama, Tan Wee Kiong/Woon Khe Wei (Malaysia), dengan 14-21, 21-16, 14-21.

Turnamen Senior

Turnamen berikutnya yang cukup seru adalah MVP Cup II di Manila, Filipina, 14-16 Juli. Karena sifatnya undangan, hanya Taufik Hidayat yang berangkat memenuhi undangan peperangan antara Benua Asia dan Eropa itu.

Sebenarnya penyelenggara juga mengundang Candra Wijaya/Sigit Budiarto. Karena Candra telah mundur, PBSI menawarkan Luluk Hadiyanto/Alvent Yulianto. Namun, panitia menolak karena bila dilihat dari peringkatnya ada yang lebih tinggi dari keduanya, yaitu Choong Tan Fook/Lee Wan Wah (Malaysia).

Untuk rangkaian pertandingan selanjutnya di Macau Terbuka, di Macau, 19-23 Juli, PBSI telah mendaftarkan para pemainnya. Walau bukan tim terkuat, diharapkan ada gelar yang bisa didapat.

Menurut Lius Pongoh, Ketua Sub Bidang Pelatnas, sejauh ini yang telah didaftarkan pada turnamen bintang empat total hadiah 120 ribu dolar AS itu adalah Taufik Hidayat, Sony Dwi Kuncoro (tunggal putra), Fransiska Ratnasari (tunggal putri), Yoga Ukikasah/Yonathan Suryatama (ganda putra), Jo Novita/Greysia Polii (ganda putri), dan Greysia (campuran bersama Mohamad Rizal).(Theresia Lahur)

Sumber:bolanews.com

Berita Berita Lainnya