Berita > Berita

Kejuaraan Bulutangkis Junior Asia
Kenichi Tago Lanjutkan Tradisi

Senin, 17 Juli 2006 08:50:05
1198 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

Jepang untuk pertama kali memiliki juara di Kejuaraan Asia Junior di Kuala Lumpur, Malaysia. Kenichi Tago membuat Negeri Sakura bergirang hati. Keberhasilan Tago juga membuka lembaran lama tentang darah bulutangkis dalam dirinya.

Tago adalah putra Eriko Ueno, pemain ganda putri dunia yang pernah menjadi juara All England pada 1977 bersama Etsuko Taganoo. Bukan itu saja, duet ini juga yang menjadi juara dunia saat pertama kali diadakan pada 1977.

“Rasanya membahagiakan menjadi juara Asia junior. Ibuku memiliki pengaruh besar dalam karierku. Ia tidak melatihku, tapi selalu menemaniku saat berlatih dan ikut turnamen ketika aku masih kecil. Itulah sebabnya aku memiliki ketertarikan pada bulutangkis dan ingin mencapai apa yang telah diraih ibu,” ujar Tago, dikutip dari Badminton Asia, tentang ibu dan ayahnya, Junichi, yang aktif di klub lokal.

“Targetku bukan hanya bisa tampil di Olimpiade, tapi juga berbagai turnamen lain di dunia. Aku akan berusaha menyamai atau bahkan melebihi kesuksesan ibu,” tambah Tago, yang mengidolai Taufik Hidayat.

Dalam final tunggal putra yang berlangsung di Stadion Bulutangkis Kuala Lumpur, Minggu (9/7), ia mengalahkan Han Ki-hoon (Korea) dengan 21-13, 16-21, 26-24 dalam pertarungan selama 80 menit. Ini merupakan pertandingan terlama di turnamen yang diperuntukkan bagi pemain berusia maksimal 18 tahun itu.

Apa yang dicapai Tago jelas bikin iri publik bulutangkis Indonesia, yang memiliki banyak pemain muda berbakat namun tak jelas prestasinya. Maklum, pencapaian terbaik hanya dicatatkan Pia Zebadiah, yang lolos ke perempatfinal sebelum dikalahkan sang juara, Wang Yihan (Cina). Pemain lain sudah bertumbangan lebih awal.

“Kalau melihat hasil, tentu memprihatinkan. Karena itu, di masa depan kami harus bekerja lebih keras dalam membina pemain muda agar tidak makin tertinggal nanti,” ujar Lius Pongoh, Ketua Sub-Bidang Pelatnas PB PBSI. (esi/bhw)

Hasil Final
Tunggal Putra: Kenichi Tago (Jep) vs Han Ki-hoon (Kor) 21-13, 16-21, 26-24
Tunggal Putri: Wang Yihan (Cin) vs Lydia Cheah (Mas) 21-16, 21-18
Ganda Putra: Lee Yong-dae/Cho Gun-woo (Kor) vs Abdul Latif/Mawan Vountus (Mas) 21-12, 21-9
Ganda Putri: Ma Jin/Wang Xiaoli (Cin) vs Yoo Hyun-young/Sun In-jang (Kor) 21-19, 21-11
Ganda Campuran: Lee Yong-dae/Yoo Hyun-young (Kor) vs Tan Wee Kiong/Woon Khe Wei (Mas) 21-15, 21-9

Sumber:bolanews.com

Berita Berita Lainnya