Berita > Berita

Sony Awali Perjuangan Tim Indonesia

Senin, 15 Agustus 2005 08:14:21
1473 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

ANAHEIM, (PR).-
Pemain tunggal putra, Sony Dwi Kuncoro akan mengawali perjuangan tim Indonesia pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2005 yang akan digelar di Arrowhead Pond Anaheim, California, mulai Senin (15/8) WIB.

Kejuaraan pada tunggal putra akan diawali pertandingan antara pemain tuan rumah AS, Kennevic Asuncion menghadapi Andrew Smith, yang dimulai pada pukul 21.00 WIB.

Sony yang juga berada di grup atas, pada babak pertama akan menghadapi Craig Goddard. Pertandingan ini diperkirakan akan berlangsung Selasa (16/8) sekira pukul 6.00 WIB. Jika menang, Sony akan berhadapan dengan pemenang pertandingan antara Niels Christian Kaldau melawan Niluka Karunaratne.

Tunggal putra Indonesia lainnya, Taufik Hidayat, baru akan tampil Rabu (17/8) sekira pukul 6.00 WIB menghadapi Rodrigo Pacheco. Pada babak kedua, peraih medali emas Olimpiade ini akan menghadapi Shai Geffen atau Eric Pang.

Sony dan Taufik akan menghadapi tantangan dari para pemain Cina, yang bertekad melakukan sapu bersih pada kejuaraan kali ini. Cina menempatkan pemainnya sebagai unggulan teratas pada tunggal putra dan putri, serta ganda putri. ”Kami tidak menargetkan pemain kami untuk merebut juara. Kami hanya ingin mereka dapat melakukan yang terbaik,” kata Ketua Kontingen Cina, Liu Feng-yan.

Peluang Sony untuk lolos ke final sangat berat karena dia berada satu grup dengan Lin Dan, yang kini berada di peringkat pertama dunia. Lin yang kini berusia 21 tahun itu sebelumnya gagal di Malaysia Terbuka setelah kalah di tangan Lee Chong Wei.

Tantangan terbesar dari Lin akan datang dari Taufik Hidayat dan pemain Denmark Kenneth Jonassen yang menempati unggulan kedua. Unggulan kelima, Lee dan runner-up Kejuaraan Dunia 2001 Peter Gade (Denmark) juga menjadi pesaing utama.

Tunggal putra diikuti oleh 64 pemain. Secara keseluruhan, kejuaraan ini diikuti oleh 340 pemain dari 50 negara. Juara dunia baru dan pemegang medali emas Olimpiade Zhang Ning ingin mempertahankan gelar juaranya di tunggal putri dari rekan senegaranya yang menjadi unggulan kedua Xie Xing-fang.

Pemegang medali emas Olimpiade Athena, Zhang Jun dan Gao Ling juga akan membawa harapan Cina di pundak mereka di nomor ganda campuran. Mereka kemungkinan akan bertemu dengan pasangan Inggris Nathan Robertson dan Gail Emms yang meraih medali perak Olimpiade dan menjadi unggulan kedua di kejuaraan itu.

Yang akan menjadi favorit penonton tampaknya ialah pemain tuan rumah Howard Bach dan Tony Gunawan yang turun di nomor ganda putra. Juara di AS Terbuka dan Belanda Terbuka pada tahun lalu itu kini berada di peringkat ke-12 dunia.

Malaysia menjadi negara dengan jumlah anggota kontingen terbanyak, yaitu 21 pemain. Harapan mereka untuk meraih medali berada di nomor tunggal putra yaitu di pundak Lee dan juga pemain peringkat delapan dunia Hafiz Hashim.

Hashim tampaknya tidak mudah meraih medali karena ia diperkirakan akan bertemu dengan Lin di babak perempat final. Hashim merupakan salah seorang pemain yang mendapat kesulitan saat mengurus visa masuk ke AS. Permohonan visa Hashim tidak disetujui hingga 6 Agustus, kurang dari satu pekan sebelum ia dijadwalkan terbang ke Anaheim.

Ganda

Pada ganda putra, Candra Wijaya/Sigit Budiarto yang menempati unggulan kedua, mendapat bye pada babak pertama. Mereka baru akan tampil pada babak kedua, Kamis (18/8) menghadapi pasangan India, Rupesh Kumar/Thomas Sanave.

Luluk Hadiyanto/Alven Yulianto, unggulan keempat, juga mendapat bye pada babak pertama dan akan tampil pada Kamis (18/8) pagi menghadapi pemenang antara Jose Antonio Crespo/Nicolas Escartin Ara (Spanyol) melawan Tadashi Ohtsuka/Keita Masuda (Jepang). Flandi Limpele/Eng Hian, unggulan ke-10, pada babak pertama Rabu (17/8) menghadapi pasangan Sri Lanka, Anil Seepaul/Kerwyn Pantin.

Pada ganda campuran, Nova Widianto/Lilyana Natsir, unggulan keempat, mendapat bye pada babak pertama dan baru akan tampil pada babak kedua, Kamis (18/8) menghadapi Marko Kroflic/Mateja Fink.(Rtr/Net/A-57)***
sumber:www.pikiran-rakyat.com

Berita Berita Lainnya