Berita > Berita

Taufik Hidayat Terancam Larangan Bertanding

Minggu, 17 September 2006 15:39:48
1651 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

MADRID--MIOL: Pebulutangkis Taufik Hidayat yang akan mempertahankan gelar juara dunia pekan ini, menghadapi ancaman larangan bertanding yang cukup lama. Menantu Ketua Umum KONI Agum Gumelar itu bisa terkena larangan bertanding tiga hingga enam bulan.

Itu buntut dari insiden, saat atlet yang kerap bertindak emosional itu keluar lapangan dalam perempat final Hong Kong Terbuka bulan lalu. Aksi walk out dilakukan hanya tiga menit setelah pertandingan dimulai.

Ketua Komite pertandingan Federasi Bulutangkis Internasional (IBF) Paisan Rangsikitpho mengatakan, tindakan Taufik itu akan dibawa ke pertemuan pejabat IBF di Madrid sebelum kejuaraan yang dimulai Senin (18/9).

Juara Olimpiade itu marah atas sikap hakim garis dalam pertandingan melawan musuh beratnya Lin Dan. Pemain China itu akhirnya dinyatakan, sampai memenangi gelar itu.

Kedua pemain tersebut bertarung pada final kejuaraan dunia tahun lalu di Anaheim, California, dengan pebulutangkis Indonesia itu keluar sebagai pemenang, straigt set.

Peringkat 31

Kendati memegang gelar juara dunia dan olimpiade, tingkah Taufik dan penampilannya belakangan ini membuatnya terpuruk pada peringkat 31 dunia. Ia bahkan tak diunggulkan untuk mempertahankan mahkota juara dunianya.

Lawannya pada putaran pertama, unggulan 13 Ng Wei dari Hong Kong dalam pertandingan yang digelar di Palacio de Deportes, Madrid, Selasa (19/9).

Empat unggulan teratas putra, Lee Chong Wei dari Malaysia, pemain China Lin Dan dan rekan senegaranya Chen Jin serta Peter Gade dari Denmark. Semuanya mendapat bye langsung ke putaran kedua.

Pemegang gelar tunggal putri Xie Xingfang dari China menghadapi pertandingan putaran pertama dengan pemain Estonia Kati Tolmoff. Tetapi rekan senegaranya yang menjadi unggulan teratas sekaligus juara Olimpiade Zhang Ning mendapat bye.

Pada ganda campuran, peraih medali perak Olimpiade asal Inggris Nathan Robertson/Gail Emms mendapat peluang memperbaiki kekecewaan di Anaheim tahun lalu. Ketika itu Robertson cedera ligamen pergelangan kaki saat berlatih malam menjelang turnamen.

Pasangan tersebut waktu itu difavoritkan meraih medali emas tetapi harus menarik diri dari gelanggang. (Ant/Reuters/OL-02)

Sumber:mediaindo.co.id

Berita Berita Lainnya