Berita > Berita

Rekor Baru Gao/Huang

Rabu, 27 September 2006 13:43:06
1037 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

Gagal, tapi jangan pasrah. Justru sebaliknya harus lebih bekerja keras untuk sukses. Prinsip itu diusung Gao Ling/Huang Sui. Ganda putri Cina itu tahun lalu harus merasakan pil pahit pada Kejuaraan Dunia di Anaheim, California, AS. Mereka kalah di final dari rekannya sendiri.

Kini mereka ganti merasakan manisnya madu keberhasilan. Gelar juara dunia mereka petik di Campaeonato del Mundo de Badminton XV di Palacio de Deportes. Dalam final yang berlangsung Sabtu (23/9), mereka menundukkan juniornya, Zhang Yawen/Wei Yili, dengan 23-21, 21-9.

Sebelumnya, di semifinal, unggulan pertama ini menggusur rekannya, Du Jing/Yu Yang, 18-21, 22-20, dan 21-17. Sementara itu Zhang/Wei mengatasi kompatriotnya, Yang Wei/Zhang Jiewen, 21-14, 21-19.

“Saya sangat senang bisa menjadi juara,” sebut Huang Sui.

Pencapaian bagi Gao/Huang ini sekaligus membayar utang kegagalan di kejuaraan serupa tahun lalu. Kala itu mereka dijegal Yang Wei/Zhang Jiewen. Dengan kemenangan tersebut, Gao/Huang mengukir rekor baru, menjadi pasangan dengan gelar juara terbanyak, yaitu tiga buah.

Gelar sebelumnya direbut dalam Kejuaraan Dunia 2001 di Sevilla, Spanyol dan 2003 di Birmingham.

Legenda ganda putri Cina sebelumnya, Gei Fei/Gu Jun, hanya dua kali juara, tahun 1997 dan 1999. Sebenarnya Lin Ying juga tiga kali juara, tahun 1983, 1987, dan 1989, tapi dengan pasangan yang berbeda.

Tak pelak pertandingan ganda putri itu merupakan pesta Cina. Saling peluk terjadi di kubu mereka. Pelatih ganda, Tian Bingyi, pun diajak ke podium juara. Sementara itu pelatih kepala Li Yongbo tersenyum puas.

Apa yang ditampilkan ganda putri Cina itu menunjukkan dominasi mereka sangat kuat. Mungkin sulit untuk mengalahkan mereka hingga 10 tahun ke depan. Dengan empat pasangan terkuat dunia, sulit bagi negara lain untuk menggusurnya.

Kemenangan Gao/Huang itu menambah panjang kesuksesan yang diukirnya sepanjang tahun ini. Pasangan ini sebelumnya memetik keberhasilan di All England, Cina Masters, dan Makau Terbuka. Pasangan ini juga menjadi finalis di Jerman, Cina Taipei, dan Hong Kong Terbuka, awal September.

Apa resep suksesnya? “Jangan pernah puas. Berlatih dengan disiplin dan bersemangat tinggi,” tutur Gao seperti diterjemahkan wartawan Cina. (Broto Happy W.)

Sumber:bolanews.com

Berita Berita Lainnya