Berita / Berita

Indonesia Target 1 Emas di Olimpiade London

Minggu, 15 Juli 2012 10:48:49
1334 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

Menpora Andi Mallarangeng hari Kamis (12/7) sore menerima Ketua KOI (Komite Olimpiade Indonesia) Rita Subowo, Ketua Satlak PRIMA (Program Indonesia Emas) Aslizar Tanjung dan jajarannya. Mereka melaporkan kesiapan kontingen Indonesia menuju Olimpiade London XXX tahun 2012, yang berlangsung mulai akhir Juli.

Kepada Menpora, Rita Subowo menjelaskan, ada 204 negara yang berlaga di 34 venues di Inggris. Dari Indonesia, jumlah atlet yang ikut 21 orang. Total seluruh atlet dan official yang berangkat ke London sebanyak 52 orang.

Kontingen Indonesia terdiri dari 9 atlet untuk cabor bulutangkis, masing-masing Simon Santoso, Taufik Hidayat, A Firdasari, Bona Septano dan Mohammad Ahsan, Greysia Polii dan Meliana Jauhari, Tantowi Ahmad dan Liliyana. Sementara dari angkat beban ada 6 atlet masing-masing u Jadi Setiadi (56 kg), Eko Yuli Irawan (62 kg), Hasbi (62 kg), Triyatno (69 kg), Deni (69 kg) dan puteri yaitu Citra Febriyanti (53 kg). Untuk atletik dua atlet yaitu Fernando Lumain dan Triyaningsih, panahan Ika Yuliana Rochmawati, anggar Diah Permatasari, menembak Diaz Kusumawardani, dan renang I Gede Siman Sudartawa.

Seluruh penginapan dan keperluan akomodasi juga disiapkan oleh Chef de Mission (CDM) Kontingen Indonesia. Besok, hari Jumat (13/7) sore, dilakukan pengukuhan Kontingen Indonesia di Museum Nasional oleh Ketua KOI.

Menurut Aslizar, melihat prestasi Indonesia pada Asian Beach Games 2012 dan Olimpiade 2008 di Beijing, maka untuk Olimpiade London ini Indonesia memasang target 1 emas dari bulutangkis, 1 perunggu dari bulutangkis dan 3 perunggu dari angkat beban.

Menpora berharap kesiapan kontingen Indonesia betul-betul diperhatikan. ''Semua urusan kita selesaikan. Ciptakan kondisi atlet yang siap dan tinggal berangkat. Persiapkan urusan akomodasi, transportasi. Bagaimana capaian emas sesuai target dan optimis kita raih yang terbaik,'' kata Menpora.

Kepada wartawan usai rapat tersebut, Menpora berharap tradisi emas juga harus dipertahankan. ''Targetnya mempertahankan tradisi emas, 1 emas, tetapi kita berharap akan memperoleh lebih. Sejauh ini semua kesiapan berjalan lancar,'' kata Menpora. Menpora didampingi Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Djoko Pekik Irianto dan Staf Khusus Menpora Ivana Lie. (rma/kemenpora.go.id)

Berita Berita Lainnya