Berita / Berita

Sarwendah Dukung Kebijakan PBSI Rekrut Atlet Muda

Minggu, 22 Juli 2012 02:26:33
1970 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

Sukses yang diraih Aurum Octavia Winata pebulutangkis muda asal PB Sarwendah Badminton Club pada ajang Tangkas Specs Junior Challenge Open Badminton Championships 2012 dua pekan lalu membuat decak kagum penggemar bulutangkis yang menyaksikan langsung di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

Betapa tidak, Aurum yang genap berusia 13 tahun pada 04 Oktober mendatang mampu bersaing dengan pebulutangkis-pebulutangkis di kelompok usia di bawah 19 tahun (taruna). Langkah Aurum, siswi SMP 51 Jakarta ini berhasil menapak babak semifinal sebelum dikalahkan Setyana Mapasa pebulutangkis PB Tangkas Specs kelahiran Manado, 17 Agustus 1995 yang akhirnya keluar sebagai juara setelah di final menaklukkan Hanna Ramadini dari PB Mutiara Bandung.

Pencapaian Aurum saat ini tidak bisa dilepas dari tangan dingin sang pelatihnya Sarwendah Kusumawardhani, mantan pebulutangkis putri Indonesia juara World Champion 1990 dan Runner-up All England 1992. Ketelatenan Sarwendah menempah Aurum yang memiliki tinggi badan 163 cm, mengantarkan sang anak didik terpilih sebagai pebulutangkis putri Indonesia masa depan pada ajang Tangkas Junior Challenge yang baru lalu.

Di tengah redupnya prestasi pebulutangkis putri Indonesia saat ini prestasi Aurum bagaikan munculnya secercah harapan. Dan harapan itu juga diyakini sang pelatih. Sarwendah berharap Aurum kelak bisa menjadi salah satu pebulutangkis putri Indonesia mengulangi kegemilangan pebulutangkis-pebulutangkis putri Indonesia di eranya.

‘’Saya ingat saat tahun 1986, saya kepengen PBSI punya program seperti kami dulu,’’ ungkap Sarwendah membuka cerita pengalamannya masa-masa di Pelatnas.

Sarwendah bercerita semasa tahun 1986 saat PB PBSI dinakodai Try Sutrisno sebagai Ketua Umum dan MF Siregar sebagai Kepala Pembinaan melahirkan program Pratama yang merekrut pemain-pemain putri berusia di bawah usia 17 tahun untuk program Olimpiade Barcelona 1992. Saat itu Sarwendah menjadi salah satu pebulutangkis putri yang terpilih masuk dalam program Pratama. Selain Sarwendah ada Susi Susanti, Minarti Timur, Lilik Sudarwati, Yuni Kartika dan lain-lain. Program ini hanya di pegang satu pelatih yaitu Liang Chiu Shia. Dan hasilnya Susi Susanti meraih gelar juara World Cup 1989, 1990, All England 1990, 1991 dan saya meraih juara World Cup 1990 dan runner-up All England 1991.

‘’Dan puncaknya pada Olimpiade 1992 Barcelona, kita meraih emas,’’ ungkap Sarwendah.

Pada tahun yang sama PBSI juga membuat program untuk pemain-pemian tunggal putra. Saat itu PBSI menyiapkan 6 pemain putra, Joko Supriyanto, Alan Budikusuma, Hermawan Susanto, Ardi B. Wiranata, Richard Mainaky dan Fung Permadi yang dilatih Rudi Hartono dan almarhum Indra Gunawan. Mereka memang dipersiapkan untuk menggantikan senior-seniornya seperti Liem Swie King, Icuk Sugiarto dan lain-lain.

‘’Terbukti juga prestasi mereka bagus, mereka bisa menciptakan All Indonesian Final di Olimpiade Barcelona,’’ tutur Sarwendah.

‘’Saya mendukung sekali bila PBSI ingin membuka program perekrutan atlet-atlet muda,’’ ujar Sarwendah yang akhirnya menikah dengan Hermawan Susanto, peraih medali perunggu Olimpiade Barcelona. Andrew Susanto menjadi satu-satunya buat hati pasangan Sarwendah dan Hermawan Susanto.

‘’Harapannya saat direkrut agar mereka diberikan banyak kesempatan bertanding,’’ Sarwendah memberikan satu kiatnya sebagaimana dia banyak memberikan kesempatan bertanding kepada Aurum anak didiknya. ‘’Aurum selalu kita berikan kesempatan bertanding, dan dia selalu mempersiapkan diri dan mental bila menghadapi suatu pertandingan,’’ ujar Sarwendah.

Bagi Sarwendah Kusumawardhani kecintaan bulutangkis tak hanya sekedar pemanis bibir. Bersama Hermawan Susanto, sang suami tercinta, Sarwendah bertekad memajukan bulutangkis dengan melahirkan pebulutangkis handal melalui klubnya PB Sarwendah Badminton Club (PB SBC). (fk)

Info klub:
PB. Sarwendah Badminton Club (PB. SBC)
Jl. Balai Rakyat III No. 6
Pondok Bambu, Duren Sawit
Jakarta Timur
Telp./Fax: 021-8603231, 021-90228228
Email: pbsbcjkt@yahoo.com, pbsbcjkt@gmail.com

Berita Berita Lainnya



PB Djarum


Djarum Sirnas 2014

FZ FORZA

Candra Wijaya


We care!


Sportainment

Sosok

Pariwara