Berita / Berita

Catatan Bulutangkis Perancis Terbuka Super Series 2012
Kiprah Para Pemain Muda Dunia

Sabtu, 27 Oktober 2012 19:38:50
1901 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

Empat kejutan berhasil dibukukan oleh para pemain muda di sektor tunggal dimana tiga diantaranya terjadi di nomor putra. Viktor Axelsen, Daren Liew dan Jan O Jorgensen (6) mampu mengatasi perlawanan para penantangnya yang secara pengalaman lebih unggul dari ketiganya. Di sektor putri, Minatsu Mitani yang menjadi pahlawan Tim Uber Jepang saat menekuk Indonesia di babak perempatfinal Perancis Terbuka Super Series 2012, membuat kemajuan yang cukup pesat dengan menyingkirkan Tine Baun (3).

Jan O Jorgensen membuka kejutan di sektor tunggal putra dengan mangalahkan kompatriotnya, Peter Gade (3) di babak perempatfinal. Sempat unggul 18-13 di gim pertama, kesalahan beruntun yang dilakukan oleh Jorgensen membuat Gade mampu mengamankan set ini, 21-18. Gade sempat memimpin 15-11 dan 17-15 di paruh akhir gim kedua ketika sebelumnya berjibaku ketat di paruh awal set. Namun Jorgensen mampu tampil konsisten menyerang dan menunjukkan pertahanan yang sempurna. Enam poin beruntun yang dikoleksi Jorgensen menutup gim kedua, 21-17.

Set ketiga menjadi antiklimaks penampilan Peter Gade setelah kedudukan imbang 8-8. Banyaknya kesalahan sendiri yang dilakukan oleh tunggal Denmark berusia 29 tahun ini membuat Jorgensen dengan mudah memastikan kemenangannya, 21-15.

Di babak selanjutnya, Jorgensen akan menantang wakil Malaysia, Daren Liew yang sukses membuat kejutan dengan menundukkan unggulan asal Jepang, Sho Sasaki (2). Dalam laga 37 menit tersebut, Daren yang unggul dari sisi serangan serta minim kesalahan sendiri memetik kemenangan, 21-18, 21-17.

Semifinal lainnya akan mempertemukan pemain muda Denmark, Viktor Axelsen dan wakil Jepang, Kenichi Tago (5). Viktor Axelsen membuat kejutan dengan melibas unggulan ke-8, Wang Zhengming, 21-7, 13-21, 21-15 sedangkan Tago menghempas wakil Hongkong, Wong Wing Ki, 22-20, 21-9.

Sementara itu di sektor putri, kejutan dibukukan oleh Minatsu Mitani atas tunggal Eropa, Tine Baun (3). Mitani yang dibabak sebelumnya menghentikan perlawanan Jiang Yanjiao tampil dominan dan mendikte permainan Tine dengan penempatan bola dan smash-smashnya. Tidak seperti laga tunggal putri biasanya yang memakan waktu lama dengan reli-reli panjang, Mitani menyudahi perlawan Tine, 21-7, 21-18 dalam tempo 31 menit.

Kemenangan ini sekaligus memastikan satu tiket final bagi Jepang karena pemain lainnya, Eriko Hirose juga mencatat kemenangan dan melaju ke babak empat besar. Menghadapi tunggal Hongkong, Chan Tsz Ka, Eriko menuai kemenangannya, 21-15, 21-18. Pertarungan dua srikandi negeri sakura ini akan cukup seru karena keduanya mampu menjadi ‘giant killer’ para pemain papan atas China di sekto tunggal putri.

Sedangkan pada laga semifinal lainnya, ulangan final Denmark Open SS Premier 2012 yang lalu akan kembali tersaji antara Saina Nehwal (1) dan Juliane Schenk (4). Saina melaju usai menaklukkan tunggal Thailand, Ratchanok Inthanon (7) melalui pertarungan ketat dua gim. Inthanon yang tetringgal 14-19 di gim pertama mampu bangkit dan termotivasi setelah smash-smashnya gagal dibendung oleh Saina. Pukulan backhand Inthanon yang gagal dikembalikan oleh Saina membuat kedudukan kedua pemain imbang di angka 20. Dua kesalahan sendiri yang dilakukan Inthanon dari pengembalian yang melebar dan drop shot yang gagal melewati net menutup gim pertama untuk Saina, 22-20.

Saina kembali unggul di poin-poin kritis gim kedua setelah masing-masing pemain berjibaku ketat dan saling memimpin hingga kedudukan 20-18. Penempatan Inthanon di depan net serta drop shot silangnya kembali membuat kedudukan kedua pemain imbang, 20-20. Kesalahan Inthanon yang gagal mengembalikan bola di depan net serta smash keras yang dilancarkan Saina menutup gim kedua, 22-20 untuk tunggal India tersebut.

Konsistensi Juliane Schenk akhirnya tertebus di turnamen ini setelah sukses menghempas dua wakil China, Liu Xin dan Chen Xiao Jia. Dalam pertarungan berdurasi 41 menit tersebut, Schenk mengubur mimpi China untuk meraih gelar sektor tunggal putri dengan menjungkalkan Xiao Jia, 21-10, 21-14. (FEY - Bulutangkismania.wordpress.com)

Berita Berita Lainnya