Berita > Berita

Kepastian Cabang OR ke Asian Games Diputuskan Kamis

Selasa, 31 Oktober 2006 16:05:59
1391 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

Jakarta (Antara News) - Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Adhyaksa Dault menegaskan bahwa kepastian cabang-cabang olahraga yang akan dikirim ke Asian Games Doha 2006 akan diputuskan secara bersama dengan Ketua Umum KONI Pusat, Kamis (2/11).

Meski KONI Pusat sudah menetapkan sebanyak 113 atlet dari 21 cabang olahraga yang mengikuti pemusatan latihan (pelatnas), Menegpora maupun KONI Pusat belum mengumumkan secara pasti cabang-cabang yang akan diberangkatkan ke pesta olahraga terbesar kedua dunia setelah Olimpiade itu.

Kantor Menpora bersama Tim Monitoring Pelatnas Asian Games 2006 dan KONI Pusat akan mengadakan pembicaraan Kamis mendatang untuk memastikan cabang-cabang apa yang saja yang akan diberangkatkan, kata Adhyaksa Dault pada acara Rapat Koordinasi Gubernur Tentang Pembangunan Kepemudaan dan Keolahragaan di Hotel Sahid Jakarta, Senin malam.

Sekarang ini, seluruh biaya pelatnas dan pengiriman kontingen ke Asian Games berasal dari pemerintah, jadi wajar jika pemerintah menuntut prestasi dari setiap cabang yang dipersiapkan. Persiapan setiap cabang harus `training to win`, bukan lagi sekedar untuk berpartisipasi, kata Adhyaksa.

Mengenai keikutsertaan cabang sepakbola yang masih menjadi polemik karena cabang tersebut hampir tidak berpeluang untuk mencapai empat besar seperti yang telah ditargetkan, Adhyaksa menegaskan bahwa masalahnya akan dibicarakan bersama antara Tim Monitoring dan KONI Pusat.

Secara pribadi, saya sebenarnya ingin agar sepakbola tetap berangkat ke Asian Games, tapi hal itu harus dibicara lagi secara bersama-sama setelah melihat berbagai aspek, katanya menambahkan.

Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh KONI Pusat, cabang sepakbola sebenarnya tidak memenuhi satu pun dari empat syarat, yaitu berpeluang meraih medali, berpeluang mencapai empat besar, meraih emas di SEA Games 2005, serta memperlihatkan prestasi luar biasa sepanjang 2006.

Meski disadari bahwa cabang sepakbola hampir pasti tidak berpeluang, tapi timbul desakan dari masyarakat sepakbola agar cabang sepakbola tetap dikirim dengan pertimbangan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Asia 2007. Selain itu, cabang sepakbola melaksanakan pelatnas di Belanda dengan biaya sendiri.

Meski nantinya sepakbola tetap berangkat ke Asian Games, Indonesia harus merangkak dari babak kualifikasi karena tidak pernah lagi berpartisipasi sejak dua puluh tahun lalu.

Di babak kualifikasi, Indonesia harus tampil sebagai juara grup untuk lolos ke babak utama. Di babak kualifikasi, Indonesia berada satu grup dengan Irak, Suriah dan Singapura.

Sementara itu, pengamat olahraga Fritz Simanjuntak mengatakan bahwa ia yakin kontingen Indonesia mampu memenuhi target empat medali emas, yaitu sama dengan perolehan di Asian Games 2002 Busan.

Ada enam cabang yang diharapkan menyumbang medali emas, yaitu bulutangkis, layar, karate, taekwondo, boling dan voli pantai.

Melihat perkembangan terakhir, ada tiga cabang lainnya yang juga mempunyai peluang cukup bagus, yaitu angkat besi, balap sepeda dan catur, kata Fritz yang juga salah satu anggota Tim Monitoring itu.

Sumber:antara.co.id

Berita Berita Lainnya