Forum > Pelatih Bulutangkis

Bagaimana melatih anak kidal dan trauma latihan fisik?

Jumat, 08 Januari 2016 10:35:27
3811 klik -- 8 respon
Oleh : Bayusuta
Versi cetak

Salam kenal buat semua, sy bayu di solo. Saya mau minta saran dari pakar2 badminton di sini.

Saya punya anak usia 7,5 Th tahun lalu anak sy dg kemauan sendiri minta di sekolahan di pelatihan badminton, krn sering lihat saya bermain badminton di kampung, iseng2 sy masukin di tempat pelatihan yang biasa, stlh 4 bulan berjalan pelatih mulai menerapkan petaihan fisik, nggk tahu itu memang program krn sy buta tentang metode pendidikan bdmntn anak. Ank2 di suruh lari keliling lap 30 x 3land. Trs pus-up, sit-up, dll j 30x, skiping 100x. Mungkin krn kecapekan anak saya yang sekolah sampai sore pulang jam 3 lansugn latihan sd jam 7.

Sekarang sdh kapok tdk mau ikut latihan lagi, walaupun masih selalu main bdmintn tapi maunya cmn sma saya atau temen2 saya, mungkin dia trauma kecapekan. Dan karena anak saya kidal, jd agak bingung jg pelatihnya krn pelatihya tdk ad yang kidal. Kl menurut pelatihnya anak sy termasuk lumayan berbakat.

Sya mau tanya, bgmn menghilangkan trauma ana sya, trs kl memang sy yang Hrs melatih apa sj metodenya? Krn kl latihan dg sy paling cmn lop2 sudah bertenaga sdh samapi garis belakang lawan, dan untuk bola2 cepat selama kok overhead dan forhand samping kiri(kidal) pasti bisa kembalikankrn backhand sama sekali blm bisa. Mohon saran. Terimaksh

Respon

  • Re: Bagaimana melatih anak kidal dan trauma latihan fisik?
    Oleh : ipang_bam
    Jumat, 08 Januari 2016 11:15:01

    @Bayusuta : Salam bulutangkis Mas Bayu, saya coba membantu menanggapi permasalahan anda, dan mungkin akan ditambah dgn member yg lain. Usia anak anda memang ideal utk mengikuti pelatihan bulutangkis usia dini. Sebenarnya tdk ada yg berbeda dari segi metode latihan baik tagan kanan dan tangan kiri. Hanya saja latihan langkah (footwork) tentunya diawali dgn kaki kiri (karena left hand).

    Mungkin di klub tsb metode pelatihan fisiknya berbeda, atau menyamakan dgn seluruh usia baik anak2 s/d umur taruna. Sebenarnya ada perbedaan tingkat peningkatan latihan fisiknya dgn tdk terlalu berat. Dan juga hrs diperhatikan jadwal sekolah dan jam dimulai latihan paling tdk ada jeda sebelumnya 2-3 jam, agar ada waktu istirahat dan makan nutrisi sebelum latihan.

    Mungkin anda bisa mencari klub yg jam latihannya berbeda, dan untuk bekal sambil melatih sendiri anda tentunya bisa melihat di bagian menu bulutangkis.com ini pada Tutorial Bulutangkis, atau mungkin sumber lain yg jg dilengkapi videonya. Karena saya jg seorang pelatih, dan saya percaya dan jg sering berbagi dgn para orangtua murid, apabila raket kita 'pergi' dipakai olehnya baik latihan dgn pergi sendiri atau dia bermain bersama teman-temannya maka sebenarnya dia punya keinginan besar, dan kita tinggal memoles, memberikan dia kesempatan utk memilih dan berkembang serta memberikan dia fasilitas semampu kita. Tapi kalau kita dgn keras menyuruh dia (keinginan kita) spy dia berlatih maka kita akan menghadapi kesulitan khusunya kemampuan, kemajuan serta kegigihan dia dalam berlatih bulutangkis.

    Semoga kiranya sedikit tips dari saya dpt membantu Mas Bayu, dan senang berkenalan dgn anda, salam utk keluarga..semoga berhasil..

  • Re: Bagaimana melatih anak kidal dan trauma latihan fisik?
    Oleh : Bayusuta
    Jumat, 08 Januari 2016 16:23:34

    Trimakasih mas ipang, atas saran yang sangat2 bagus dan membantu, kl anaknya semangatnya luar biasa mas, kl pas sy di rumah pasti ngajak ke gedung bdmnton, kl malam pasti ikut kadang sampai ketiduran di lap kadang malah sy yang ngelarang dia ikut. Kl di lap, sering di ajak temen2 pemanasan, maunya jg pakai sepatu bdmnton. Sekali lg trmksh atas saranya mas ipang.

  • Re: Bagaimana melatih anak kidal dan trauma latihan fisik?
    Oleh : ipang_bam
    Jumat, 08 Januari 2016 17:10:15

    @Bayusuta : sama-sama Mas Bayu, ini e-mail saya : ipang.bambino@gmail.com nanti saya akan infokan no hp dan Pin saya, mungkin Mas Bayu mau share lbh lanjut. Salam juga utk puteranya..

  • Re: Bagaimana melatih anak kidal dan trauma latihan fisik?
    Oleh : ipang_bam
    Jumat, 08 Januari 2016 17:25:13

    @Bayusuta : Maaf Mas Bayu ada yg kelupaan, mungkin faktor usia jg ini..hehehehe, utk latihan backhand sebaiknya diperhatikan cara memegang raketnya dgn posisi genggaman backhand dimana jari jempo seperti memegang panci (backhand grip/pan grip), lalu utk melatih kemahirannya sebaiknya dgn latihan memukul cock bekas kearah dinding berulang kali (wall practice).

    Mungkin ada kesulitan pd awalnya, karena cock akan kembali dgn cepat, tp bisa atur dgn cara posisi berdiri jgn terlalu dekat dgn dinding. Dengan sedikit awal kesabaran melalui metode jumlah pukulan 20, 50, dst..atau dengan durasi waktu jg boleh 5 menit, 10 menit dst..

    Setelah lumayan mahir, bisa dipraktekan di lapangan. Kita mengarahkan cock ke arah backhand putera anda, lalu dia memukul dgn posisi backhand. Disini yg perlu diperhatikan adalah posisi kaki kirinya (karena kidal), setiap akan melakukan pukulan backhand diawali dgn gerakan kaki kirinya. Bahkan bisa agar lebih mudah dgn bermain net dulu agar jaraknya dekat, dan perlahan ditambah jarak pukulan semampunya. Memang butuh waktu dan sabar ekstra, karena kita sendiri yg melatihnya. Tapi hasilnya akan lebih detail utk mengetahui perkembangannya. Begitu juga saya dulu jg dilatih oleh Bapak saya diluar klub utk mengetahui perkembangan saya.

    Semoga berhasil Mas Bayu..Salam utk puteranya..l

  • Re: Bagaimana melatih anak kidal dan trauma latihan fisik?
    Oleh : kopipanas
    Jumat, 08 Januari 2016 17:31:26

    inspiratif..

  • Re: Bagaimana melatih anak kidal dan trauma latihan fisik?
    Oleh : ipang_bam
    Jumat, 08 Januari 2016 17:38:32

    @Bayusuta : Masalah trauma utk latihan fisik mungkin dari segi orangtua butuh pendekatan dengan cara menanyakan, apakah latihannya berat menurut dia, cepat merasa letih dsb..hingga anda dpt menyimpulkan sendiri. Memang tdk ada manusia yg sempurna, apalagi pelatih, dia jg mungkin mengalami kesulitan tersendiri apabila tdk diiringi dgn teknologi dan perkembangan dunia bulutangkis. Apalagi sampai anak didik sampai muntah pd saat latihan fisik, saya termasuk org yg menentang pola didik ini, karena efek dikemudian hari tdklah sebanding dgn penghargaan dan prestasi yg mungkin didapat.

    Apabila putera anda mahir berenang maka lbh bagus lagi utk meningkatkan kapasitas oksigen di paru-parunya, karena tes standar di beberapa klub besar tanah air sdh memberlakukan tes VO max dgn standar baku tertentu. Dan jg byk manfaat yg didapat apabila mengkombinasikan latihan fisik darat dan air, seperti meminimalisir dan mengobati cedera, melatih elastisitas badan, dsb..Memang tdklah mudah mengobati trauma tersebut, karena berkaitan dgn kenyamanan, kepercayaan dan psikologis perasaan putera anda. Mungkin dengan metode latihan fisik yg tepat, tdk terlalu strength dan diselingi dengan lomba dan humor akan membuat anak usia dini nyaman berlatih.

    Maaf panjang lebar saya menjelaskan di forum ini, dan maaf jg utk pelatih-pelatih lain mungkin share saya kurang berkenan sekali lagi saya mohon maaf atas kekhilafan ataupun kekurangan dalam penyampaian dikarenakan keterbatasan yg kita miliki.

    Salam hormat..

  • Re: Bagaimana melatih anak kidal dan trauma latihan fisik?
    Oleh : Bayusuta
    Jumat, 08 Januari 2016 22:22:41

    Wow maturnuwun sanget ( trmksh skali) banyak ilmu yang sy dpt yang sebelumnya tdk terfikirkan sm skali, memang untuk backhand susah skali pak, bisa kena aj sdh bagus, Cba besok sy akan praktekan metode backhandnya. Memng dulu sempat di ganti pelatihnya, pelatih yang dulu metode fisiknya kaya bermain, bahkan anak2 jk klh sprin atau kalah cepat dlm memindah2 cock dihukumpun masih giat dan riang, tapi setelah pelatihnya diganti jd agak kaku, kesanya jd kayak sdh atlit sungguhan, sekali lg trimkasih atas saran2 dr bpk2 pelatih, krn memang sy sngt awam untuk tekhnik bermain bdmntn, apalagi metode pelatihan krn sy tdk pernah ikut sekolh bdmntn. Trmksh

  • Re: Bagaimana melatih anak kidal dan trauma latihan fisik?
    Oleh : ipang_bam
    Sabtu, 09 Januari 2016 00:26:58

    @Bayusuta : Sama-sama Mas Bayu, semoga bermanfaat. Mungkin kiranya para senior lain dapat menambahkan share nya..Terima kasih..

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Shuttle Science - The Film

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru

Facebook Fanpage