Berita > Berita

Catatan Rionny Mainaky Usai Hylo Open 2022

Selasa, 08 November 2022 12:43:11
587 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



"Yang pasti kami senang dan bersyukur dengan keberhasilan para pemain meraih dua gelar juara dari turnamen Hylo Open 2022. Apa yang didoakan, diharapkan, dan diperjuangkan dari pelatih, atlet, dan tim pendukung bisa tercapai untuk memberikan yang terbaik buat PBSI dan masyarakat Indonesia," ungkap Rionny Mainaky, Kabid Binpres PP PBSI usai Hylo Open 2022.

Berikut catatan Rionny untuk pasangan
ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/ Lisa Ayu Kusumawati dan Anthony Sinisuka Ginting yang sukses meraih dua gelar juara.

Performa Rehan/Lisa dinilai Rionny sangat baik dan bisa menerapkan instruksi coach dengan tenang. Mereka berdua bermain sangat kompak, baik saat menyerang maupun bertahan. Selain itu mereka juga konsisten dengan percaya diri tinggi sampai poin-poin akhir, sehingga bisa menyelesaikan pertandingan dengan sempurna.

Untuk para pemain ganda campuran lain, evaluasinya adalah mereka harus ditambah semangat dan daya juangnya. Mereka harus melihat video rekaman pertandingan dan mengevaluasi apa kekurangan dan kelebihan mereka dan lawannya.

Selain itu, yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemain ganda campuran adalah masih kurang dari segi mental, daya juang, dan kekompakan. Mereka juga harus lebih fokus dalam menjalani instruksi dan  strategi dari pelatih.

Penampilan Ginting yang begitu gemilang di Hylo Open 2022 juga mendapat apresiasi dari Rionny.

"Pada game pertama terlihat dia masih ragu. Baru di game kedua dan ketiga, Ginting sangat baik dalam merancang strategi dengan pola permainannya. Pada saat yang tepat dia bisa melakukan serangan yang akurat untuk mematikan lawan," Rionny menilai penampilan Ginting.

Yang harus diperhatikan pada poin-poin akhir saat unggul dan memimpin, Ginting harus lebih sabar, fokus, dan tenang untuk bisa menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan.

Sementara evaluasi untuk pemain tunggal yang lain, seperti Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Chico Aura Dwi Wardoyo, saya nilai cukup baik daya juangnya. Mereka juga harus melihat rekaman video pertandingan untuk mengevaluasi kekurangan dan kelebihan diri sendiri dan lawannya

"Saya tentu akan berdiskusi dengan coach Irwansyah, menyangkut langkah apa dan progam apa yang bakal diterapkan untuk meningkatkan performa para pemain tunggal, termasuk Ginting, baik dari segi teknik, strategi, mental, dan stamina," ungkap Rionny.

Dari keberhasilan merebut titel juara di Hylo Open 2022, harapannya Ginting makin siap menuju BWF World Tour Final. Kemenangan itu pasti akan membuat rasa percaya dirinya bertambah. Ini tentu bisa menjadi modal bagus untuk menghadapi kejuaraan penutup akhir tahun tersebut. (*)

Berita Berita Lainnya